Home » Tips Android » Laptop di Charge Terus Menerus, Apakah Aman ?

Laptop di Charge Terus Menerus, Apakah Aman ?

Laptop di Charge Terus Menerus, Apakah Aman ? – Hal ini mungkin sering menjadi pertanyaan pengguna laptop. Laptop di charge terus menerus bahkan sudah penuh apakah aman ?

Di bawah ini akan kita bahas mengenai hal tersebut. Artikel Laptop di Charge Terus Menerus, Apakah Aman ? ini ditulis berdasarkan pengalaman dan juga ditambah dari membaca berbagai artikel.

Baca juga : Cara Merawat LCD Laptop yang Baik dan Benar

Dahulu pun saya sendiri penasaran tentang pertanyaan Laptop di Charge Terus Menerus, Apakah Aman ? Karena mendapati laptop teman yang belum laptop tapi baterai sudah soak, atau sebaliknya, laptop lama tapi baterai awet.

Laptop di Charge Terus Menerus, Apakah Aman ?


Suhu Atau Temperatur

Pernahkan sobat ketika melakukan pengisian baterai HP mengalami panas ? Hal itu juga berlaku di laptop. Ketika mengechas laptop maka suhu dilaptop akan naik.

Karena baterai laptop dan beterai menempel maka panasnya pun merambat. Hal itulah yang bisa menyebabkan baterai laptop cepat soak. Jika memungkinan ketika pengisian suhu tetap stabil dan apabila diruangan panas gunakan cooling pad atau kipas pendingin. Hal ini bertujuan agar mainboard laptop tidak overheating atau kepanasan yang terlalu.

Siklus Baterai

Baterai laptop yang menggunakan jenis baterai Lithium akan berkurang kekuatan dayanya seiring dengan berjalannya waktu.

Apabila sudah menggunakan baterai ini dalam waktu yang cukup lama maka tidak salah apabila baterai sudah soak.

Jika di Maca OS maka ada fitur Cycle Count yang mana bisa mengecek siklus baterai. Perhitungannya Cycle Count adalah ketika baterai terisi 100 % dan benar-benar habis sampai 0% semakin sering maka akan dapat mempercepat umur baterai. Maka dari itulah jangan sampai baterai sobat low baterai.

Baca juga : Cara Merawat CPU Yang Baik dan Benar

Saya pribadi dahulu tidak pernah menggunakan laptop sampai habis. 30% sudah saya isi kembali. Dan alhamdulillah awet sampai bertahun-tahun. Namun sekarang baterainya soak karena keseringan kehabisan baterai.

Kesimpulan dari Laptop di Charge Terus Menerus, Apakah Aman ? Adalah tidak masalah jika mengecas terus menerus dalam artian suhu laptop tetap stabil (tidak panas) Namun sebaiknya hindari mengecas berlebihan, kalau sudah penuh ya dicabut dan sebelum baterai 30% segera isi sampai penuh. Bagi yang laptopnya sudah ada fitur “auto cut off power” maka hal laptop mengeceas pun tidak masalah. Karena dengan adanya fitur “auto cut off power” akan memutus aliran listrik yang masuk ke dalam baterai.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *