Home - Blog - Langkah Mudah Mengamankan Website Dari Serangan Hacker

Langkah Mudah Mengamankan Website Dari Serangan Hacker

Langkah Mudah Mengamankan Website Dari Serangan Hacker – Perkembangan teknologi website saat ini tergolong bagus. Karena semakin hari semakin banyak orang, perusahaan atau organisasi memiliki website. Dengan adanya website ini akan ada banyak manfaat yang diterima perusahaan, organisasi atau perseorangan.

Pembuatan website untuk saat ini cukup mudah atau jika merasa kesulitan dengan modal kurang lebih 500 ribu kita sudah memiliki website. Karena banyak penyedia jasa pembuatan website yang mematok harga pembuatan website dengan harga kurang lebih 500 ribu.

Baca juga :  Beberapa Optimasi Di Postingan Blog

Dalam pembuatan atau penggunaan sebuah website yang perlu diperhatikan salah satunya adalah masalah keamanan. Internet merupakan tempat yang luas. Seseorang bisa saja tidak suka dengan hadirnya website sobat. Karena itulah perlu adanya keamanan sebuah website. Keamanan sebuah website bukanlah satpam. Namun lebih ke keamanan sebuah sistem website itu sendiri.

Hacker merupakan istilah yang ditujukan kepada meraka yang suka membobol atau membuka website orang lain tanpa izin. Masuk ke dalam sistem website dan merubah isinya tanpa izin merupakan hal yang tidak baik. Tentu saja melanggar hukum.

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana caranya agar website yang kita buat aman dari serangan hacker maka kita akan bahas terlebih dahulu beberapa kategori serangan untuk melumpuhkan website.

Cara Hacker Melumpuhkan Website

 

DoS – Denial of Service

Serang ini merupakan serangan yang cukup mematikan sebuah server website. Denial of Service atau DoS ini merupakan serangan yang ke hosting yang mana tujuannya untuk meningkatkan service sehingga server down.

Malware

Bagi yang menggunakan wordpress sebaiknya hati-hati apabila menggunakan sebuah plugin diluar dari sistem plugin online atau instal manual dari offline. Hal ini berbahayar apabila sobat menginstal plugin yang mengandung malware.

Man In The Middle – Cross-Site Scripting (XXS)

Man In The Middle dan Cross-Site Scripting (XXS) sebenarnya hal yang berbeda namun mirip. Serangan jenis ini biasanya dari user yang berupa username, password atau data lainnya. Cara ini tergolong rumit karena hacker harus bisa memasukkan / suntik script tertentu yang mana mengincar data dari user.

 

Baca juga : Faktor Yang Mempengaruhi Blog Muncul di Halaman Pertama

Langkah Mudah Mengamankan Website Dari Serangan Hacker

Langkah Mudah Mengamankan Website Dari Serangan Hacker

Di atas merupakan beberapa jenis atau cara menyerang sebuah website. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan maka perlu adanya antisipasi. Di bawah ini ada beberapa trik yang dapat digunakan agar website aman dari serangan hacker.

 

Gunakan Firewall

Bagi yang sudah menggunakan VPS rasanya penting sekali menggunakan firewall ini. Karena dengan adanya firewall ini maka serangan yang sekiranya merugikan server maka otomatis akan diblokir. Firewall ini juga bergunakan sebagai penyaring spam atau bot yang berbahaya untuk website karena firewall ini mampu memblokir IP address yang mencurigakan. Namun bagi sobat yang menggunakan shared hosting tidak perlu melakukkannnya. Karena biasanya penyedia jasa hosting sudah memasang firewall untuk keamanan server.

 

Gunakan SSL (Secure Socket Layer)

Secure Socket Layer atau SSL ini sangatlah bergunakan. SSL adalah “gembok hijau” yang biasanya muncul di address bar. Hal ini merupakan tanda website yang kita kunjungi adalah aman dan kita bisa melakukan transaksi yang sifatnya sensitif seperti transfer uang dan sebagainya. SSL gunakan tidak hanya itu, SSL mampu memblokir aktifitas dari dalam atau luar website yang sekiranya mencurigakan.

 

Backup Data

Agar data aman atau tidak terhapus ketika ada orang “iseng” masuk website maka perlu adanya backup. Tujuan dari backup ini adalah untuk antisipasi ketika data terhapus maka kita punya backup dan kita bisa dengan mudah untuk upload dan update data website kita. Sobat juga bisa memanfaatkan penyimpanan online seperti Google Drive untuk menyimpan data back up website sobat.

Update Sistem

Jika sobat menggunakan CMS atau Content Management System tidak ada salahnya jika sobat melakukan update sistem. Update sistem ini biasanya akan memperbaiki bug atau cela dari sistem agar lebih aman.

Baca juga :  Tips Memilih dan Membuat Jenis Website

Nah begitu beberapa tips bagaimana cara mengamankan sebuah website dari serangan hacker. Sekian dulu dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *