Home - Tips Windows - Keuntungan dan Kerugian Overclocking Komputer

Keuntungan dan Kerugian Overclocking Komputer

Keuntungan dan Kerugian Overclocking Komputer – Pada saat ini komputer dapat kita dapatkan dengan harga yang relatif murah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Hal ini karena semakin banyak produsen komputer maupun laptop yang menyediakan barang yang murah dan siap bersaing di pasaran.

Dahulu orang sering menggunakan komputer agar dapat berjalan lebih cepat di atas kemampuan normal, atau istilahnya melakukan overclocking. Hal ini dilakukan karena jika menggunakan komputer yang kemampuannya tinggi maka harganya pun lumayan mahal. Untuk mengakali itu maka banyak orang melakukan overclocking komputer.

Baca juga : HP Android Yang Kamera Depannya Cocok Untuk Selfie


Boleh saja melakukan overclocking namun juga pahami keuntungan serta kerugiannya. Bagi yang belum pernah melakukan overclocking, di bawah ini ada keutungan dan kerugian overclocking komputer :

Keuntungan Overclocking Komputer

Meningkatkan Kemampuan – Memang tujuan utama dari overclocking adalah meningkatkan kemampuan dari komputer kita. Dengan spesifikasi yang terbatas kita dapat menikmati komputer yang lebih cepat dari biasanya. Tentunya hal ini akan dapat membuat kita lebih cepat dapat aktifitas yang menggunakan komputer karena didukung dengan komputer yang lebih baik.

Murah – Menggunakan hardware standart namun tetap dapat merasakan hardware yang kemampuan dewa. Tentunya saja menguntungkan dan irit biaya.

Kerugian Overclocking Komputer

Panas Berlebihan – Ketika kita menigkatkan kemampuan komputer kita dengan melakukan overclocking maka kecepatan kinerja dari komputer akan semakin tinggi. Hal ini dapat memacu panas pada hardware. Apalagi jika tidak di imbangi dengan sistem pendingin yang dapat bekerja lebih cepat, bisa saja hardware akan mengalami over heating dan komputer tiba-tiba mati sendiri. 

Kerusakan Hardware – Hal ini juga merupakan efek dari overclocking yang tidak bisa diremehkan. Komputer yang dipaksa melebih batas kemampuannya tentu saja beresiko mudah rusak karena bekerja tidak wajar atau melakukan yang tidak semestinya.

Sekira itu penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian overclocking komputer. Bagi anda yang masih belum paham betul tentang overclocking sebaiknya jangan melakukannya. Kecuali sudah bertekat menguji coba kemampuan anda serta hardware yang anda miliki.

 

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *