Home - Internet Marketing - Kemana ‘tokobagus’ itu

Kemana ‘tokobagus’ itu

Kemana ‘tokobagus’ itu – Beberapa tahun terakhir ini dengan boming-bomingnya situs online termasuk situs jual beli. Ada berbagai macam situs jual beli. Ada yang murni situs penjual produk tertentu, ada yang hanya menjadi situs perantara antara penjual dan pembeli. Sebenarnya situs-situs tersebut hadir karena semakin berkembangnya teknologi. Dahulu sekitar tahun 2005 mungkin orang belum tahu apa itu internet, apa itu website dan sebagainya namun sekarang mulai dari anak kecil hingga orang yang sudah dewasa pun mengenal dunia teknologi.

Kemana ‘tokobagus’ itu

Baca juga :  Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Sosial Media

akusisi tokobagus oleh olx
Dalam perkembangan situs jual beli onlie adalah adanya situs tokobagus.com. Siapa yang tidak kenal dengan situs yang tenar ini. “Punya barang bekas tidak terpakai jual saja di tokobagus.” Itulah iklan yang biasa kita temui di situs toko bagus. Namun pada tahun 2014 tokobagus.com berganti nama menjadi olx.com. Pergantian nama tersebut memang tidak merugikan pengguna Tokobagus selama ini karena seluruh sistem tetap sama, hanya saja banyak pengguna yang mengeluhkan susah menyebut OLX dan lebih familiar dengan Tokobagus.OLX merupakan merk e-commerce global. OLX saat ini dimiliki oleh Naspers sebagai investor dengan saham terbesar dengan okongan dana sekitar $40 juta. Nasper sendiri mengatakan sejak awal bergabung dengan OLX akan melakukan langkah akuisisi beberapa situs jual beli yang terdapat di dalamnya. Naspers melalui OLX masuk ke Indonesia pada tahun 2010 dan menjadi investor yang mendukung sukses Tokobagus. 

Setelah Tokobagus kini sukses sebagai marketplace terbesar di Indonesia, Naspers diduga mengakuisisi Tokobagus untuk menguatkan merk OLX.co.id. Dengan pergantian nama menjadi OLX.co.id tentu saja brand Tokobagus lama kelamaan akan pudar dan tergantikan oleh OLX.co.id. Langkah pergantian ini juga dsebut seut sebagai langkah awal untuk menguangkan Tokobagus, baik dengan iklan maupun metode lain. Seperti kita ketahui, dengan biaya iklan di media elektronik yang sangat besar tokobagus selama ini belum optimal untuk menjaring keuntungan. 

Baca juga : Cara Mudah Download Banyak Video Youtube

Mungkin terlihat sepele namun pada kenyataannya nama itu berpengaruh. Dahulu tokobagus merupakann solusi bagi mereka yang ingin menjual barang-barang mereka namun sekarang tidak lagi. Mereka yang ingin menjual barang dengan cepat dengan mudahnya mengupload gambar ke akun facebook mereka. Di dalam facebook sendiri sudah sangat banyak group-group jual beli online. Misalnya JBL (Jual Beli Lamongan) – ETALASE ONLINE (Bojonegoro) dan sebagainya. Kelebihan jual beli di akun facebook adalah kita bisa dengan mudah menjual barang-barang kita, bahkan akun facebook dapat di akses tanpa pulsa. Atas kemudahan ini jual beli di group-group facebook menjadi favorit. Namun disisi jual beli di group jual beli facebook adalah banyak makelar. Banyak penipuan juga marak terjadi, bilang tidak rusak namun setelah jual beli selesai terjadi kerusakan pada barang yang di beli.
 
Baca juga :  Layanan Pasca Bayar Kartu Halo By Telkomsel

TIPS JUAL BELI ONLINE

Ini ada sekedar tips yang mungkin bisa di gunakan untuk transaksi online :
  1. Usahakan COD (Cash On Delivery) di tempat yang aman
  2. Minta garansi pada penjual
  3. Teliti barang sebelum membeli
  4. Bila membeli di situs online tertentu usahakan memiliki garansi, aman dan terpercaya seperti bukalapak.com, lazada.com dan sebagainya.
  5. Jangan mudah tergoda pada barang yang harganya di bawah standart.
 
Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengantisipasi dari penipuan. Sekian mengenai Kemana ‘tokobagus’ itu. Semoga bermanfaat

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *