Home - Software - Kelebihan Menggunakan Software Original

Kelebihan Menggunakan Software Original

Kelebihan Menggunakan Software Original – Berbicara masalah software original, apakah sobat sudah mengerti apa itu software original ? Software Original merupakan software yang mendapatkan lisensi resmi dari pembuat atau perusahaan pembuat software tersebut. Artinya software tersebut legal atau resmi di beli dari penjual.

Intinya software original merupakan software asli, bukan bajakan. Kalau sobat masih menggunakan patch atau crack berarti software yang sobat gunakan merupakan software tidak original.

Baca juga : Cara Cepat Mengganti Kata Yang Salah di MS Word

Mengapa seseorang menggunakan software bajakan ? Banyak alasan menggunakan software bajakan, di antaranya adalah masalah harga mahal dan juga ketidaktahuan pengguna. Atau juga karena alasan-alasan lain. Agar lebih paham silakan baca artikel Alasan Menggunakan Windows Bajakan.

Kelebihan Menggunakan Software Original

Kelebihan Menggunakan Software Original

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa saja kelebihan menggunakan software original ? Kira-kira enak mana antara software original ataukan bajakan ?

  • Mendapatkan Update Resmi

Dengan menggunakn software Original kita bisa dengan mudah mendapatkan update software terbaru tersebut. Karena kita benar-benar membeli software original maka tidak perlu takut untuk melakukan update.

Jika sobat pembaca santri drajat pernah mendapati windows yang mengalami black screen dan tidak bisa mengganti wallpaper maka sobat telah menggunakan Windows bajakan. Mengapa terjadi black screen di windows ? Jawaban simpelnya adalah karena server windows mendeteksi bahwa sistem operasi yang sobat gunakan adalah bajakan dan tidak bisa melakukan update.

  • Mendapatkan Support

Ketika terjadi masalah atau crash di software original yang sobat gunakan maka pembuat atau perusahaan akan melakukan support. Suppot disini akan mengatasi permasalahan di software yang sobat gunakan. Jika ID atau lisensi benar-benar asli maka kita bisa mendapatkan layanan.

  • Menghargai Produk atau Karya Orang Lain

Membuat software atau aplikasi bukanlah hal mudah. Karena itulah kita sebagai pengguna harusnya lebih menghargai karya mereka dengan cara membeli software aplikasi mereka.

Apalagi jika softwarenya bersifat komplek maka akan butuh banyak orang untuk membuatnya. Tentunya mereka membuat aplikasi berharap software mereka laku dipasaran atau terjual laris. Lalu bagaimana perasaan mereka sebagai pembuat aplikasi jika softwarenya dibajak ?

Tapi saya sendiri masih penasaran dengan Bill Gates yang memiliki perusahaan software raksasa yakni microsoft. Yang mana di Indonesia menurut penelitian hampir 70% windows yang digunakan bajakan. Tetapi mengapa banyak dibajak Bill Gates tetap saja menjadi orang kaya ? 😀

  • Tidak Perlu Takut Terkena Razia

Apakah di Indonesia terdapat razia software ? Saya sendiri kurang tahu tetapi pernah ada sebuah perusahaan yang mana menggunakan software bajakan dan akhirnya barang yang menggunakan software bajakan tersebut di sita. Entah sekarang masih ada razia software atau tidak. Namun kelebihan dari menggunakan software original adalah kita tidak perlu takut apabila ada razia. Cukup tunjukan lisensi resmi makan kita akan aman ketika ada razia.

  • Lebih Halal

Berbicara masalah hasil dari software bajakan hasilnya bagaimana ? Halal ataukah haram ? Sebenarnya kalau menggunakan bahasa yang agak kasar adalah menggunakan software curian, berarti yang menggunakan software bajakan berarti pencuri ???

Entah halal atau haram, silakan tanyakan saja kepada ustad yang berpengalaman tentang hal ini. Mengunakan software bajakan itu halal apa haram ?

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp dan BBM

Jika sobat tidak ingin mengunakan software bajakan dan tidak memiliki biaya untuk membeli software bajakan silakan gunakan software gratisan atau yang bersifat open source. Apa itu open source ? Silakan baca artikel Lebih Dekat Dengan Open Source. Beberapa software open source dan setiap orang bisa menggunakan secara bebaas adalah

  • Linux Ubuntu (alternatif OS Windows)
  • Libre Office (Alternatif Microsoft Office)
  • Inkscape (alternatif Corel Draw/Adobe Illustrator)
  • 7-zip (alternatif WinRar)
  • GIMP (alternatif Adobe Photoshop)

 

Demikian ulasan mengenai Kelebihan Menggunakan Software Original. Semoga bermanfaat dan jangan lupa artikel Kelebihan Menggunakan Software Original ini.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *