Home » Hardware » Kelebihan dan Perbedaan RAM DDR4 dengan RAM Lain

Kelebihan dan Perbedaan RAM DDR4 dengan RAM Lain

Kelebihan dan Perbedaan RAM DDR4 dengan RAM Lain – RAM merupakan salah satu hardware yang penting di dalam sebuah laptop, PC maupun smartphone. RAM (Random Acces Memory) berfungsi sebagai tempat berjalannya sebuah program software atau sistem operasi.

Pada saat artikel ini ditulis sudah hadir RAM DDR4 yang mana merupakan type RAM kelanjutan dari DDR3. RAM jenis ini sudah hadir sejak tahun 2014 namun belum banyak orang menggunakanannya. Hal ini karenakan masih banyak dari kalangan pengguna yang masih menggunakan motherboard yang slot untuk DDR3.

Baca juga :

Kira-kira seperti apa DDR 4 ini, simak ulasanya di bawah ini.

Kelebihan dan Perbedaan RAM DDR4 dengan RAM Lain

Kelebihan dan Perbedaan RAM DDR4 dengan RAM Lain

Di tahun 2014 yang lalu penerus DDR3 ini hadir. Namun dipasaran RAM jenis belum banyak diminati karena motherboard pada umumnya masih menggunakan DDR3. DDR3 dikenalkan pada tahun 2007. DDR3 memiliki kepadatan memory maksimal 8Gb sedangkan DDR4 bisa mencapai 16 GB.

DDR3 memiliki tegangan 1.5V sedangkan DDR4 memiliki tegangan lebih rendah yakni 1.2V. SO-DIMM DDR3 memiliki jumlah pin 204 pin sementara SO-DIMM DDR4 memiliki jumlah pin 260 pin.

Kelebihan dan Perbedaan RAM DDR4 dengan RAM Lain

Keunggulan DDR4

  • Konsumsi Daya DDR4 lebih hemat yakni 1.2 V saja
  • DDR4 lebih cepat frekuensi transfernya
  • DDR4 ukuran kepadatannya dapat mencapai 16 GB

Mau ganti DDR4 ? Ganti juga motherboard nya karena slot DDR3 tidak kompatibel dengan DDR4. Sekian tentang Kelebihan dan Perbedaan RAM DDR4 dengan RAM Lain. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *