Home - Tips Android - Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Kelebihan dan Kekurangan Root Android – Sering kali kita mendengar istilah root android, namun sudah tahukan kita pengertian dari root android tersebut? Kalau pengertian dari saya pribadi root android adalah memberikan, membuka akses secara kepada pengguna android untuk dapat masuk ke dalam sistem android. Fungsi dari root tersebut adalah pengguna android dapat memodifkasi file-file dan data di system android yang bila sebelumnya tidak di root maka pengguna tidak dapat mengakses dan memodifikasi file-file dan data-data tersebut. Kalau di windows sejenis memberikan hal administrator kepada user biasa.

Baca : Cara Menambah User di Windows

Dari kebanyakan pengguna android mengira bahwa setelah maka akan membuat ponsel kita jadi lebih baik, lebih cepat, tidak panas dan sebainya, hal itu kurang benar. Seperti halnya saya katakan di atas root cuma memberikan izin kepada user, hanya sekedar izin kalau belum masuk dan mengotak-atik isi android maka hal itu maka tidak akan memperbaiki perfoma android. 

Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Dulu saya juga sempat bertanya, kenapa dari pabrikan tidak langsung di root saja? Mungkin jawabanya adalah agar tidak agar melindungi isi dari system bawaan agar tidak rusak karena bisa saja karena kurang pengatahuan android malah kurang stabil dan sebagainya. Dan juga melindungi aplikasi bawaan pabrikan yang tentunya memiliki tujuan tertentu kenapa dari pabrikan mengisi aplikasi tersebut.

Kekurangan Root Android

Menghilangkan Garansi

Dengan kita melakukan root pada android maka otomatis garansi akan hilang. Kenapa bisa begitu? Seperti halnya kita membeli komputer builtup (bukan rakitan) maka ketika hilang atau rusak segelnya maka pihak pabrikan tidak mau menerima. Karena dikhawatirkan kerusakaan di sebabkan karena kelalaian pengguna atau mengganti sebagaian hardware yang menyebabkan komputer tidak berjalan normal atau error. Seperti itu pula Handphone Android dan tablet android, bila di root maka otomatis garansi tidak berlaku. Tapi tidak usah khawatir, walaupun sudah di root bisa di kembalikan seperti asal, yakni dengan di unroot.

Virus

Karena file-file dan data-data telah terbuka bisa saja disusupi virus jahat yang hendak mencuri data dari ponsel kita. Kalau anda punya handphone atau tablet android dan isinya ada file penting seperti password email, password atm dan sebagainya sebaiknya hati-hati melakukan root karena bisa saja ada virus yang masuk ke dalam handphone atau tabloid android dan menguploadnya ke pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menguras isi atm.

Kelebihan Root Android

Dapat menginstal aplikasi butuh full akses root

Mungkin hal ini yang alasan seseorang melakukan root android yang agar bisa menginstal aplikasi yang membutuhkan root. Mungkin ada yang kenal dengan aplikasi app2card, Link2SD biasanya akan meminta pengguna untuk melakukan rooting terlebih dahulu karena aplikasi tersebut akan melakukan akses ke dalam system android. 

Menginstal Custom ROM

Kalau ini yang saya lakukan kalau punya handphone android. Apa itu custom ROM ? Custom ROM adalah sistem operasi android kustom (allternatif) bukan bawaan dari vendor ponsel. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemas sistem operasi android. Custom ROM kalau di laptop mirip dengan instal ulang. Dengan melakukan custom rom maka pemiliknya bisa berkreasi, misalnya handphone smartfrend di isi dengan custom room galaxy S4 atau yang lain. Maka tampilan dari hp smartfren tersebut akan berubah menjadi tampilan samsung galaxy S4.

Memaksimalkan Kinerja Ponsel

Kalau kita melakukan root maka kita dapat memaksa ponsel kita untuk bekerja secara penuh, overclock. Namun hal ini akan mempengaruhi kinerja ponsel karena dengan melakukan overclock maka procecor akan bekerja lebih berat dan dapat merusaknya. Dan dengan memaksakan tersebut maka akan butuh tenaga lebih dan tentunya akan mempengaruhi kinerja baterai, jangan salah kan baterainya kalau panas dan cepat habis karena penggunanya ‘memaksakan’ kinerja ponsel.

Uninstal aplikasi bawaan pabrikan

Salah satu yang membuat jengkel para pengguna android adalah adanya aplikasi bawaan dari vendor ponsel yang ‘bermain’ di balik layar. Walaupun tidak terlihat di layar bahwa aplikasi tersebut berjalan namun kalau di lihat di memory aplikasi bawaan dari vendor inilah yang memakan memory banyak. Untuk dapat menghentikan atau menguninstal aplikasi bawaan dari vendor maka kita perlu melakukan root. Setelah root maka aplikasi yang tempelan dari pabrik tersebut dapat di hentikan.

Silakan coba tulisan sms dan perpesanan dengan autotext blackberry di android

Itulah sedikit ulasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Root Android. Jadi sebelum melakukan root ada baiknya dipikir dahulu apa manfaatnya untuk sobat. Kalau aplikasi bawaan sudah mampu dan mencukupi maka tidak perlu lagi melakukan root. Jangan lupa bagikan artikel Kelebihan dan Kekurangan Root Android ini ya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *