Home » Internet Marketing » Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Sosial Media

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Sosial Media

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Sosial Media – Perkembangan jual beli online atau bisa disebut dengan e-commerce merupakan hal yang sudah banyak dibicarakan orang. Salah satu cara orang bertransaksi adalah dengan memanfaatkan sosial media.

Mungkin Sobat Santri Drajat juga bisa melihat di beranda facebook yang isinya banyak orang berjualan. Ya begitulah, selain sosial media bisa digunakan untuk ajang silaturahmi juga bisa digunakan untuk mencari uang dengan cara berjualan di sosial media.

Baca juga : Cara Berjualan Secara Efektif di Sosial Media

Berbicara masalah berjualan di sosial media, ternyata ada kelebihan dan kekurangan berjualan di sosial media. Apa saja itu kelebihan dan kekurangan berjualan di sosial media ?

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Sosial Media

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Sosial Media -

Kelebihan Berjualan di Sosial Media

  • Tak Perlu Toko Fisik

Pembuatan toko fisik atau bangunan tentunya akan memakan biaya yang cukup lumayan menguras kantong. Namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang berjualan secara online di sosial media. Sebagai seller atau penjual di sosial media maka cukup mengupload foto serta harga saja. Jika ada pembeli yang berminat biasanya akan komentar atau langsung memesan melalui inbox atau personal message (PM)

  • Tidak Perlu Bayar Pajak

Tak usah mikir pajak bangunan toko dan sebagainya. Karena dengan menggunakan sosial media untuk sarana berjualan maka kita tidak usah lagi membayar pajak toko online tersebut. Namun pada saat artikel ini ditulis pemerintah akan mengena pajak bagi pelaku e-commerce. Entah seperti apa jelasnya, apakah e-commerse ini sekelas bukalapak, tokopedia atau juga yanga berjualan via sosial media juga dikenakan pajak. Kita tunggu perkembangannya saja.

  • Harga Jual Lebih Murah

Kebanyakan produk yang ditawarkan di sosial media tergolong lebih murah. Bisa jadi hal ini karena penjual tersebut mendapatkan produk dari pembuatnya secara langsung tanpa adanya perantara. Bisa juga karena seller atau penjual ingin mendapatkan banyak pelanggan maka salah satu caranya adalah menjual dengan murah.

  • Omset Besar

Walaupun terlihat remeh namun berjualan di sosial media tidak boleh kita meragukan omsetanya. zBahkan dengan berjualan di sosial media ada mahasiswa yang bisa menambah uang sakunya. Lumayan kan bisa untuk jajan ke kantin kampus. Besaran omset tergantung dari strategi penjualan yang dilakukan oleh penjual. Apabila mendapatkan produk dengan harga murah dan menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi serta jumlahnya banyak maka akan menambah omsetnya.

  • Modal Yang Ramah Kantong

Tidak seperti toko offline, toko online tidaklah membutuhkan modal terlalu besar. Bisa menyesuaikan dengan kantong Sobat Santri Drajat. Jika memiliki modal yang pas-pasan belilah produk yang banyak dicari serta ambil sedikit saja. Setelah terjual dan mendapatkan untung, gunakan untuk membeli produk yang lebih banyak lagi.

  • Waktu Yang Efisien

Jika berjualan di sosial media kita tidak harus stand by di depan layar gadget. Karena kita bisa memasang pengumuman jika tidak sedang online. Jadi lebi efisien. Kalaupun tidak bisa sering online mungkin bisa saja menggunakan trik tertentu. Misalnya saja menggunakan peraturan bahwa bisa online pada jam tertentu yang sobat memang sedang tidak sibuk.

  • Target Pasar Lebih Luas

Teman atau follower di sosial media tidak mengharuskan berteman dengan orang tertentu namun bisa memilih sesuai selera. Jika menggunakan facebook biasa maka pertemanan maksimal 5000. Namun jika menggunakan Fanspage maka tidak terbatas. Jika menggunakan instagram maka followernya pun bisa sebanyak mungkin. Jadi silakan pilih di sosial media mana sobat akan berjualan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang di Internet Dengan Adf.ly

Kekurangan Berjualan di Sosial Media

  • Sabar Menghadapi Customer

Banyak Tanya Beli Kagak, itu mungkin yang terkadang dirasakan oleh penjual di sosial media. Sebagai penjual di sosial media kita harus sabar menghadapi para pembeli. Hal ini karena pembeli memiliki karakter yang beragam. Mungkin ada yang sabar adapula yang mudah marah. Maka dari itu apabila berjualan di sosial media harus sabar menghadapi berbagai macam jenis manusia.

  • Rawan Akan Penipuan

Apabila bertransaksi secara online harap berhati-hati, karena bisa saja terjadi penipuan dalam transaksi tersebut. Misalnya saja orang memesan banyak barang di tanggal tertentu. Pada saat tanggal yang ditentukan malah yang pesan tidak muncul. Kalau barang umum dan banyak dicari tidak masalah tapi kalau barang yang khusus dan jarang dicari itu yang membuat penjual rugi karena barang tidak bisa di jual ke lain orang.

  • Butuh Ilmu Marketing Khusus

Ketika berjualan di sosial media harus belajar marketing atau pemasaran. Misalnya saja kapan waktunya posting gambar barang yang banyak mendapatkan respon. Harga dan barang yang bersaing dengan kompetitor. Model dan produk mana yang disukai banyak orang dan lain sebagainya. Semua harus dipelajari, mungkin bisa belajar dari pengalaman sendiri ataupun orang lain.

Baca juga : Cara Ampuh Agar Follower Instagram Semakin Banyak

  • Perlu Ketekunan, keuletan dan kesabaran

Kerja keras tidak akan membohongi hasil. Karena itulah dalam berjualan di sosial media perlu ketekunan, keuletan dan juga kesabaran. Semuanya butuh proses yang tidak semudah membalikkan tangan.

Itulah Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di Sosial Media. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *