Home » Android News » Kelebihan Android Murni Yang Perlu Diketahui

Kelebihan Android Murni Yang Perlu Diketahui

Kelebihan Android Murni Yang Perlu Diketahui – Android sebagai sistem operasi mobile yang banyak digunakan saat ini ternyata memiliki keunikan tersendiri yang perlu Anda ketahui. Sudah pernah dengar yang namanya android murni atau android pure ? Android Pure atau murni merupakan stok android atau OS (Operating System) yang masih asli atau murni buatan Google. Kenapa Google ?

Karena google sebagai perusahaan pengembangan utama android saat ini maka Google memberikan akses kepada para pengembang untuk bisa merubah UI (user interface) atau tampilan android dan fiturnya.

Jika sobat menggunakan HP android yang masih murni maka sobat beruntung karena android murni memiliki banyak kelebihan daripada HP Android yang menggunakan custom ROM. Custom ROM itu seperti apa sih ? ZEN UI dari Zenfone dan MIUI dari Xiaomi merupakan contoh dari custom ROM.

Seperti yang sudah sedikit di bahas di atas bahwa Android merupakan sistem operasi yang bisa dikembangkan secara bebas alias open source. Jadi para pengembang dari perusahaan tertentu seperti Xiaomi merupakan sistem operasi android menjadi seperti yang mereka inginkan.

Baca juga :

Penambahan pada sistem operasi Android ini bertujuan supaya memiliki ciri khas dan lebih memudahkan pengguna. Penambahan disini tidak hanya tampilan saja namun juga fitur, optimasi dan lainnya yang mana dianggap para developer bermanfaat. Dan perlu diketahui setiap developer memiliki kriteri atau ciri khas sendiri-sendiri. Seperti yang kita lihat pada MIUI Xiaomi dengan ZenUI tentunya berbeda bukan ? S

Sudah tahu sekarang apa itu Android murni dan custom rom ? Sekarang saatnya kita bahas mengenai kelebihan android murni yang perlu diketahui.

Kelebihan Android Murni Yang Perlu Diketahui

Kelebihan Android Murni Yang Perlu Diketahui

Lebih Cepat dan Responsive

Pengembang android yakni Google tentu sudah menguji coba sistem operasi yang akan dilepas ke masyarakat. Dan mereka akan mengoptimalkan semaksimal mungkin agar sistem operasi mereka layak digunakan masyarakat. Cepat dan Responsive adalah salah satunya. Mereka (pengembang) berusaha keras agar sistem operasi mereka bisa berjalan di berbagai handphone yang berbeda spesifikasi. Android diharapkan bisa berjalan lancar tanpa kendala di perangkat HP dengan RAM 2 Gb dan juga dapat berjalan lancar di HP Android dengan RAM 1 Gb.

Menu Standart dan Sederhana

Sederhana sekali dan fiturnya masih standart. Kesan itulah yang akan didapat ketika kita menggunakan OS Android pure atau murni. Fiturnya sesuai versi yang digunakan. Maksutanya jika Android Noughat fiturnya seperti itu ya itulah yang kita dapatkan. Berbeda dengan Custom ROM. Para developer atau pengembang biasanya memberikan fitur baru yang sekiranya memang dibutuhkan oleh pengguna HP mereka.

Hemat RAM dan Bebas Hang / Lag

Jarang sekali ditemui hang atau Lag ketika menggunakan Android murni. Berbeda dengan dengan ROM yang di custom perusahaan HP, adakala custom ROM mereka memiliki bug, celah atau kekurangan. Namun jika bug dari custom ROM terpercaya seperti ZenUI maka mereka akan segera menutupnya atau memperbaikinya. Seperti pula yang akan dilakukan oleh Google sebagai pengembangan Android. Mereka akan segera memberikan update jika ditemuui bug atau celah kekurangan dalam sistem operasi yang mereka kembangkan.

Berbicara masalah kelebihan maka sebaiknya kita bahas juga kekurangan dari Android murni. Adapun kekurangannya Android murni atau pure sebagai berikut :

1. Fitur Standart dan dapat membosankan. Jangan berharap macam-macam seperti adanya MiCloud. Karena Android yang digunakan standart bawaan.

2. Update tergantung pada Google. Karena google sebagai pengembang utama tentunya yang bisa melakukan update adalah mereka. Namun kelebihannya adalah HP Android sobat langsung terhubung ke server Google untuk melakukan update tanpa harus ada pihak ketika.

Baca juga :

Nah itulah sekilas mengenai kelebihan dan kekurangan dari Android Murni atau pure. Sekian dulu dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *