Jenis Kabel LAN Agar Internetmu Semakin Cepat

Jenis Kabel LAN Agar Internetmu Semakin Cepat – Kabel LAN merupakan sebuah kabel yang berfungsi sebagai penghubung komputer ke internet atau perangkat lain. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini rasanya kamu sudah tidak asing lagi dengan kabel LAN ini. Mungkin kamu sering dengar tentang Kabel LAN ini. Kabel memiliki beberapa jenis yang mana mempengaruhi kecepatan internet mu. Maka dari itu jangan salah pilih. Kamu bisa membaca artikel ini agar lebih paham tentang kabel LAN ini.

Baca juga :  Apa Itu Android TV Box? Berikut Penjelasannya

Apa Itu Kabel LAN ?

Sebelum membahas lebih jauh, apakah kalian sudah paham itu kabel LAN ? Kabel LAN merupakan sebuah kabel yang menghubungkan komputer ke komputer lain atau perangkat lain yang berada di area terbatas, misalnya 1 rumah, 1 kantor, 1 gedung dan sebagainya. Secara harfiah LAN memiliki kepanjangan Local Area Network, yang bermakna Jaringan Wilayah Lokal.

Baca juga :  Penyebab Laptop Lag Saat Main Game dan Cara Mengatasinya

Fungsi Kabel LAN

Kabel LAN ini memiliki beberapa fungsi yang umum digunakan oleh masyarakat. Apa saja fungsi kabel LAN ini ?

1. Penghubung antara 1 komputer ke Komputer lain

Dengan adanya kabel LAN ini kamu tidak perlu lagi pusing membutuhkan hardisk, flasdisk untuk memindahkan data dari 1 komputer ke komputer lain. Cukup dengan kabel LAN saja. Karena salah satu fungsi dan manfaat kabel LAN ini adalah bisa saling bertukar data antar 1 komputer ke komputer lain.   Bisa juga difungsikan sebagai media chat. Kamu bisa instal aplikasi LAN Chat seperti Outlook LAN Messenger, Winchat dan aplikasi sejenis yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi dalam 1 jaringan. Keren kan ?

2. Remote Komputer dalam Keadaan Offline

Apabila kamu butuh mengoperasikan atau memperbaiki software komputer maka kamu bisa menggunakan kabel LAN dalam jaringan ini. Artinya kamu bisa meremote komputer orang lain dalam 1 jaringan. Program yang dapat kamu gunakan untuk melakukan hal ini adalah remote dekstop manager. Kelebihan dari program ini adalah bisa digunakan dalam keadaan offline atau tidak terhubung ke internet. Kamu terhubung ke internet maka kamu bisa menggunakan TEAMVIEWER dan sejenisnya.

3. Dapat Menghubungkan dengan Perangkat Yang Berbeda

Jika di dalam 1 ruangan hanya ada 1 printer dan ada beberapa komputer maka kamu dapat gunakan kabel sebagai penghubung. Artinya kita bisa mengatur 1 printer untuk beberapa komputer dalam 1 jaringan untuk difungsikan bersama. Enak bukan? irit tempat dan lebih flexibel.   4. Menghubungkan Komputer Ke Router Dengan adanya kabel LAN apabila dihubungkan ke router maka akan lebih stabil dibandingkan dengan WiFi. Menghubungkan ke komputer ini merupakan pilihan yang tepat apabila berada di suatu ruangan. Karena internet akan lebih cepat stabil dan tidak mudah terpengaruh hal lain. Berbeda dengan WiFi yang mana apabila sedikit saja ada pergeseran router maka bisa jadi akan menjadi perubahan kecepatan internet mu.

Baca juga :  Cara Memperkuat Sinyal WiFi Agar Tidak Lemot

Jenis-Jenis Kabel LAN

Setelah paham dan mengerti tentang fungsi kabel LAN maka saatnya kamu paham tentang fungsi kabel LAN maka taham selanjutnya maka saatnya kita bahas tentang jenis-jenis kabel LAN. Terdapat beberapa jenis kabel LAN yang umum digunakan, antara lain:

1. Ethernet UTP (Unshielded Twisted Pair)

Ini adalah kabel LAN yang paling umum digunakan. Kabel ini memiliki beberapa variasi, seperti Cat5e, Cat6, dan Cat6a, yang mendukung berbagai kecepatan jaringan.

2. Ethernet STP (Shielded Twisted Pair)

Kabel ini memiliki pelindung tambahan untuk mengurangi gangguan elektromagnetik dan interferensi. Jenis yang umum adalah Cat7 dan Cat8.

3. Fiber Optic

Kabel serat optik mengirim data menggunakan cahaya, bukan sinyal listrik, sehingga dapat mentransfer data dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada beberapa jenis, seperti single-mode dan multi-mode.

4. Coaxial

Kabel coaxial umumnya digunakan untuk jaringan kabel televisi, tetapi juga dapat digunakan untuk Ethernet dalam beberapa kasus.

5. Powerline

Kabel ini menggunakan saluran listrik rumah Anda untuk mengirim data. Ini sering digunakan jika sulit atau mahal untuk menginstal kabel LAN tradisional.

6. Wireless

Meskipun bukan kabel fisik, jaringan LAN nirkabel (Wi-Fi) juga sangat umum digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan.

Itulah jenis-jenis kabel dan serta pengertiannya. Pilihan kabel LAN yang tepat tergantung pada kebutuhan Anda dan lingkungan jaringan Anda

Jenis Kabel LAN Agar Internetmu Semakin Cepat
Next Post

No more post

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *