Home » Software » Jenis-jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya – Baru-baru ini muncul virus Wannacry yang sangat berbahaya. Virus ini memang menjadi trending topik karena mampu menyerang berbagai komputer di berbagai negara.

Sedikit ulasan mengenai virus wannacry. Virus wannacry merupakan virus komputer yang mampu “menyandera” file yang berada di sebuah komputer. Dan setelah kita memberikan tebusan maka file data yang “disandera” akan dikembalikan. Dan apabila tidak ditebus virus akan menghancurkan data di komputer tersebut. Seram juga ya virus ini.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Paket Data GSM di Andromax

Berbicara masalah virus kali ini kita akan bahas berbagai macam jenis virus. Dalam artikel yang berjudul Jenis-jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya kita akan belajar mengetahui jenis virus. Apa saja sih jenis virus ini?

Jenis-jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya

  • Worm

Worm bisa bermakna cacing. Virus yang berjenis worm ini merupakan virus yang mampu menggandakan diri. Ada yang mengatakan bahwa jenis virus worm tidak terlalu berbahaya. Namun apabila komputer terserang dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan sistem menjadi lemah.

  • Trojan

Trojan merupakan jenis virus komputer yang mampu mencuri data dan mengendalikan data yang ada di dalam komputer. Trojan sebenarnya bukan virus namun bisa dikatakan sebuah program jahat yang dirancang untuk mencuri data.

Mengapa mencuri data ? Mungkin bagi orang awam data di sebuah komputer tidaklah terlalu penting. Data disebuah komputer menjadi penting apabila berisi data yang sangat berarti. Misalnya saja data akun dan password bank. Kalau orang lain mengetahui username dan password bank yang berisi uang ratusan juga bagaimana ? Tentunya berbahaya bukan ?

Baca juga : Penyebab Kerusakan Hardisk

  • Directory Virus

Directory Virus merupakan jenis vorus yang menginfeksi program yang berektensi EXE dan memindahkan file aslinya. Ketika seseorang menjalankan program tersebut maka akan terjadi kerusakan atau error pada program tersebut.

  • Web Scripting Virus

Jenis virus Web Scripting Virus ini merupakan jenis virus yang aslinya untuk memperindah konten sebuah web. Namun terkadang disalahgunakan. Jika sobat pernah mengunjungi sebuah web kemudian muncul peringatan bahwa website tersebut berbahaya bisa jadi itu merupakan web yang berisi Web Scripting Virus ini.

  • Memory Resident Virus

Virus ini biasanya tersimpan di memory RAM. Virus Memory Resident Virus akan aktif apabila sistem operasi berjalan. Efek dari adanya virus ini adalah komputer yang akan melambat. Karena proses kerja dari sistem operasi diganggu dari virus ini.

Dan juga apabila dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan RAM komputer rusak karena menjalankan program yang bukan seharusnya.

  • Companion Virus

Virus jenis companion merupakan virus yang menggangu data pribadi. Virus ini akan menggandakan diri dari file utama yang berektensi .exe. Misalnya saja ada file index.exe maka virus ini akan menggandakannya dengan index.com

  • FAT Virus

FAT merupakan virus yang merupakan kependekan dari File Allocation Table. Virus ini merupakan jenis virus yang mampu merusak file yang berada di dalam hardisk. Sebenarnya virus ini tidak merusak tetapi mungkin cuma menyembunyikan sehingga file hilang atau rusak.

  • Macro Virus

Virus ini merupakan type virus yang memiliki kemapuan untuk menginfeksi file makro seperti .DOCX .DOC .XLS dan lainnya. Bisa juga virus ini menginfeksi email yang berisi dokumen.

Cara Ampuh Mengatasi Virus di Komputer Atau Laptop

Di bawah ini ada beberapa tips agar komputer kita bebas dari virus. Apa saja ?

  1. Update selalu antivirus sobat
  2. Gunakan antivirus yang handal. Bagi pengguna sistem operasi windows saya sarankan untuk menggunakan MSE. Apa itu MSE silakan baca ulasan lengkapnya di MSE Antivirus Gratis dan Handal
  3. Hati-hati dalam mendownload file dari internet.
  4. Jangan sembarang mencolokkan flasdisk ke komputer.
  5. Jika sudah terserang virus secepatnya full scan komputer sobat dengan antivirus yang ampuh.

Demikian Jenis-jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya. Sebenarnya ada jenis virus lain yang belum dicantumkan. Namun hal itu tidak begitu penting. Karena cara kerja dari virus tersebut hampir sama dengan yang sudah disebutkan pada artikel Jenis-jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. Memang ancaman virus selalu mengintai komputer atau perangkat online kita, apalagi komputer kita dikenali berisi data-data penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *