Home - Hardware - Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi atau Wireless

Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi atau Wireless

Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi atau Wireless – Selain menggunakan paket data untuk terhubungan ke jaringan internet kita bisa menggunakan WiFi (Wireless Fidelity) yang mana merupakan transmisi tanpa kabel tetapi menggunakan gelombang radio. Lebih simple daripada menggunakan kabel.

Penggunaan WiFi di zaman sekarang ini memang hal yang lumrah, karena kebanyakan WiFi penggunaanya tanpa ada batasan kuota. Namun saking difavoritkannya WiFi ini banyak orang membobol WiFi orang lain karena tidak memiliki akses ke jaringan tersebut karena passwordnya belum diketahui.

Baca juga :

Bagi sobat santri drajat yang memiliki Router maka sebaiknya memahami tentang enkripsi WiFi ini. Di dalam router jaringan kita bisa mengatur password. Password ini selanjutnya akan diolah atau diekripsi agar tidak mudah diketahui orang lain.

Apa saja jenis-jenis enkripsi jaringan wifi tersebut ?

Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi atau Wireless

Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi atau Wireless

Wired Equivalent Privacy atau WEP

WEP merupakana enkripsi WiFi yang jadul atau paling tua. Dan untuk zaman sekarang jenis enkripsi ini terbilang berbahaya. Karena jenis enskripsi ini mudah dibobol. Kelemahan dari WEP ini terletak pada password yang sifatnya statis. Jadi dengan menggunakan software pembobol wifi yang beredar mudah saja jenis enkripsi ini dibobol.

Wi-Fi Protected Access atau WPA dan WPA2

Wi-Fi Protected Access ini merupakan penyempurna WEP yang mana lebih canggih dalam hal enkripsi. Dan setelah WPA dirasakan masih bisa diretas maka hadirlah WPA2 ini yang mana lebih unggul daripada WPA dan WEP.

WPA2-Personal atau WPA2-PSK

Perkembangan terus berlanjut. Hadirlah WPA2-Personal atau WPA2-PSK yang merupakan kepanjangan dari Pre-Shared Key atau dikenal dengan personal mode. Biasanya jenis enkripsi cocok digunakan untuk jaringan yang perangkatnya (node) masih sedikit jumlahnya.

Enkripsi di type jaringan ini terbilang lebih rumit, jadi tidak mudah diretas atau dibobol orang lain.

Baca juga :

WPA2-Enterprise atau WPA2-802.1X

Penggunaan kata enterprise merupakan tanda bahwa jenis enkripsi WiFi ini penyempurna dari enkripsi sebelum-sebelumnya. Jenis proteksi WiFi jenis ini lebih aman walaupun yang mengakses jaringan tersebut banyak. Seorang administrator yang menggunakan enkripsi jenis ini maka bisa memantau siapa saja yang terhubung ke jaringan tersebut. Dan tentu saja bisa melakukan disconnect atau mengatur ke client jaringan tersebut.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *