Home » Hardware » Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya

Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya

Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya – Antena merupakan sebuah benda yang berfungsi sebagai saluran transmisi atau transformator gelombang ruang bebas atau sebaliknya. Antena merupakan benda yang penting dari sebuah pemancar atau penerima yang bertugas menyalurkan sinyal radio.

Antena WiFi pun memiliki fungsi yang sama seperti antena lainnya. Antena wifi memiliki fungsi menerima serta menyalurkan sinyal Wifi sehingga perangkat yang dipancari tersebut bisa menerima sinyal dari antena tersebut.

Antena WiFi bermacam-macam. Berdasarkan bentuknya antera WiFi terbagi menjadi beberapa bentuk. Seperti apa saja bentuk WiFi itu ?

Baca juga : Alasan Mengapa Download dan Upload Lemot

Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya

Antena Grid

Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya

Antena jenis Grid ini banyak digunakan masyarakat pada umumnya. Jenis antena grid ini berbentuk seperti jaring. Jangkauan antena jenis grid ini memiliki cakupan searah sehingga antena jenis grid ini dilengkapi dengan pasangan antena di tempat lain yang mana fungsinya untuk memancarkan sinyal yang diperoleh dari antena Grid ini.

Antena Omni

Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya

Jenis Antena Omni ini banyak digunakan untuk jaringan WAN dengan tipe konfigurasi P2MP atau Point to Multi Point. Dari segi jangkaian antena jenis ini memiliki cakupan lebih luas dari pada jenis antena grid. Kalau antena grid fokus ke jarak sedangkan antena Omni fokus ke luas area.

Antena Sectoral

Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya

Jenis Sectoral ini memiliki jangan yang luas dan searah. Perpaduan jenis antena Grid dan Omni. Antena ini bisa dipasang horizontal maupun tegak lurus, tergantung area yang dikehendaki. Antena jenis Sectoral ini juga bisa digunakan untuk P2MP atau Point to Multi Point.

Antena Yagi

Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya

Dari segi bentuk antena jenis yagi ini mirip dengan antena televisi yang banyak digunakan masyarakat. Dalam hal jaringan antena jenis Yagi ini jarang digunakan. Antena Yagi ini terdiri dari 3 bagian yakni Driven, Reflector dan Director.

Antena PVC

Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya

Kenapa namannya Antena PVC ? karena bahan dari jenis antena ini adalah PVC. PVC inilah yang mana kemudian dibalut dengan alumunium foil. Kehebatan jenis antena ini ini adalh tidak murah berkarat, tahan cuaca dan mudah pemasangannya. Tetapi karena jenis antena ini tergolong sederhana maka jarak yang bisa dicapai sekitar 200 sampai 300 meter saja.

Antena Parabolic

Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya

Antena Parabolic merupakan antena yang mirip dengan antena grid. Namun tetap ada bedanya, yakni antena Parabolic ini jangan lebih luas dan fokus dibandingkan dengan antena Grid. Jenis antena ini biasanya digunakan untuk aplikasi point to point jarak jauh.

Baca juga : Benda Selain Smartphone Yang Menggunakan Android

Antena Wajan Bolic

Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya

Jenis antena ini tergolong sederhana. Karena terbuat dari wajan yang biasanya dipakai untuk menggoreng. Jenis antena ini biasanya digunakan untuk sisi client di jaringan RT/RW NET. Benda ini sudah dilegalkan oleh pemerintah pada tahun 2005. Untuk pembuatannya silakan saja searching di youtube. Di sana banyak sekali tutorial penjelesan dan cara pembuatan antena wajan bolic ini.

Baca juga : Cara Mempercepat Download IDM

Adakah jenis antena lain yang sobat ketahui ? Silakan di share ya kalau masih belum lengkap artikel Jenis-Jenis Antena WiFi Serta Fungsinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *