Jangan Terburu-buru Update Windows Kesayangan Kamu ke Microsoft Windows 11

Jangan Terburu-buru Update Windows Kesayangan Kamu ke Windows 11 – Ada kabar yang cukup menarik dalam dunia sistem operasi yakni kemunculan Windows 11. Sang Penerus Windows 10 ini memang saat ini sudah hadir.

Microsoft sebagai pihak perusahaan yang mengembangkan sistem operasi yang banyak digunakan ini membenarkan bahwa mereka akan menghadirkan Windows 11.

Dengan hadirnya Windows 11 ini akan menggantikan Windows 10. Tapi tenang saja, Windows 10 masih akan tetap di support oleh Microsoft sampai tahun 2025. Kabarnya demikian, kita tunggu saja kabar resminya.

Kita tahu memang sistem operasi Windows terkenal dengan kesetabilannya. Dan tentu mudah digunakan. Karena memang masyarakat di dunia pendidikan diajarkan menggunakan sistem operasi Windows ini. Coba menggunakan sistem operasi Ubuntu apakah bisa ?

Baca juga :  Cara Menyimpan dan Menata File Yang Baik dan Benar

Spesifikasi Minimal Microsoft Windows 11

microsoft windows 11

Beberapa hari yang lalu memang muncul terlebih dahulu Windows 11 versi developer, bukan versi resmi atau final. Dan sudah banyak yang mencoba nya. Banyak komentar ada perubahan signifikan, yaitu perubahan desain dan juga fitur. Ya tentu saja demikian, karena Windows 11 sebenarnya untuk memperbaiki fitur dari Windows 10 yang mana dirasa masih kurang.

Untuk menikmati Windows 11 kita perlu hardware yang cukup. Karena semakin baru sebuah sistem operasi biasanya butuh hardware yang juga up to date. Seperti halnya Android, dahulu RAM 1 Gb dan memori internal 16 rasanya cukup banget. Tapi untuk sekarang rasanya sangat kurang jika spesifikasi seperti itu.

 

Berikut ini spesifikasi minimal jika sobat ingin menggunakan Windows 11 :

  • Processor: 1GHz or faster CPU or System on a Chip (SoC).
  • RAM: 4GB.
  • Hard drive: 64GB or larger.
  • System firmware: UEFI, Secure Boot capable.
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) version 2.0*
  • Graphics: DirectX 12 compatible graphics / WDDM 2.x.
  • Display resolution: High definition (720p) display that is greater than 9” diagonally, 8 bits per color channel.
  • Networking: Microsoft account and internet connectivity required for setup for Windows 11 Home.

Atas dasar spesifikasi minimal di atas maka jika laptop atau PC sobat di bawah spesifikasi tersebut sebaiknya jangan mencoba Windows 11. Karena Di khawatirkan akan mengalami kendala ketika sudah menjalankannya Windows 10

Baca juga :  Begini Cara Mengatasi Komputer Yang Minta Delete Terus

Fitur Microsoft Windows 11 Yang Perlu Dicoba

Windows 11 tentu saja memiliki perbedaan dari Windows 10, kira-kira seperti apa perbedaanya. Simak ulasannya di bawah ini :

Widget Lebih Update

Agar tidak membosankan dan membuat pengguna lebih nyaman maka Microsoft menghadirkan fitur widget yang mendukung aktifitas harian kamu seperti kalender, prediksi cuaca, sampai peta. Disediakan juga news feed berita yang lebih cerdas karena menggunakan teknologi AI atau Kecerdasan Buatan.

Tampilan Mirip MacOS

Hal ini yang paling mencolok yaitu tampilan mirip dengan MacOS. MacOS sendiri merupakan sistem operasi dekstop yang dikembangkan oleh Apple Inc yang mana merupakan salah satu rival dari Microsoft. Dengan pemindahan menu task bar ke tengah ini membuat Windows mirip dengan dock macOS. Tampilan juga bersih dan juga lebih simple.

Baca juga :  Cara Menghemat Kuota di Windows 10

Lebih Cepat dan Stabil

Tidak hanya cantik tapi juga disulap lebih kencang. Bagi yang membutuhkan sistem operasi yang tetap cantik dan stabil maka Windows 11 adalah solusinya. Bagi pencinta game atau para gamer microsoft juga telah mendukung hal ini. Ada fitur yang bernama Direct Storage yang memungkinkan game mengunggah aset-asetnya secara langsung ke kartu grafis, sehingga dapat mempersingkat waktu rendering dan juga loading.

Game Auto HDR

Kabar bak untuk para gamer. Di Windows 11 nantinya mampu menyulap game non-HDR dengan cara mengubah warna dan juga pencahayaannya sehingga mirip game dengan grafis HDR. Akan ada lebih dari 1.000 judul game, termasuk Age of Empires Definitive Edition, Rocket League, Day Z, dan juga Doom 64 yang dijanjikan Microsoft mendapatkan auto HDR.

Aplikasi Android Jalan Di Windows 11

Bagi para simpatisan Android juga mendapatkan kabar baik dari Microsoft yaitu aplikasi android dapat dijalankan di Windows 11. Jika sebelumnya sobat ingin menjalan aplikasi Android di Windows membutuhkan simulator maka saat menggunakan Windows 11 tidak perlu lagi. Dengan compiler “Intel Bridge” yang kompatibel dengan prosesor dari AMD juga ntel maka sobat bisa menjalankan aplikasi android di Windows 11.

Baca juga :  Mengatasi Layar Yang Bergerak Sendiri Di HP Android

Mitos Pendahulu Apakah Berlaku Di Windows 11

Tetapi semua fitur di atas bisa jadi belum sepenuhnya stabil karena masih peluncuruan tahap awal. Dan bisa jadi mitos microsoft masih berlaku.

Jika kita ingat Windows Vista dan Windows 8 maka kita akan ingat sebuah mitos bahwa produk sistem operasi besutan Microsoft kesuksesannya melompat. Windows XP sukses, Windows Vista gagal. Windows 7 sukses, Windows 8 (8.1) gagal. Gagal disini maksunya adalah banyak bug sehingga user banyak yang mengelu atau enggan untuk menggunakannya. Apakah hal ini terjadi di Windows 11 ? Kita lihat saja ke depan seperti apa.

microsoft windows 11
Next Post

No more post

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *