Home - Blog - Jangan Pindah Ke HTTPS sebelum mengetahui Hal-hal Berikut

Jangan Pindah Ke HTTPS sebelum mengetahui Hal-hal Berikut

Jangan Pindah Ke HTTPS sebelum mengetahui Hal-hal Berikut – Protokol HTTPS merupakann sebuah protokol yang akhir-akhir ini sedang trend. Hal ini membuat para blogger ingin berpindah yang semula menggunakan HTTP beralih menjadi HTTPS.

Mesin pencari raksasa google pun mengumumkan bahwa mereka lebih mengutamakan blog dan website yang menggunakan HTTPS. Hal ini karena blog yang menggunakan HTTPS dianggap lebih aman dari pada HTTP. Namun sebelum sobat memutuskan untuk berpindah protokol dari HTTP ke HTTPS sebaiknya ketahui lebih dalam mengenai HTTPS ini.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Tentang HTTPS

Sebelum perpindah menggunakan HTTPS sebaiknya ketahui lebih lanjut apa saja efeknya ketika menggunakan HTTPS. Teman saya juga pernah memperingatkan tentang hal ini karena agak ribet jika menggunakan HTTPS.

Javascript

Bagi yang pernah menggunakan javascripst yang mana filenya berada di protokol HTTP sebaiknya segera pindahkan file javascript tersebut ke protokol HTTPS. Hal ini karena jika tetap menggunakan HTTP maka file tersebut tidak akan berfungsi.

Jika anda pernah menggunakan widget situs tertentu, misalnya widget histat (saat artikel ini ditulis belum menggunakan https) maka jangan harap widget tersebut akan berfungsi.

Gambar

Mengirit hosting dengan menempatkan image atau gambar numpang di domaian lain boleh saja. Namun jika sobat menggunakan protokol https sebaiknya jangan numpang gambar di situs yang masih menggunakan http. Intinya sama seperti javascript yang mana gambar yang diambil dari situs yang menggunakan protokol http maka tidak akan berfungsi.

Script Iklan

Menempelkan iklan yang sumbernya dari situs non https akan berujung iklan tidak akan tampil. Hal ini dikarena situs http dianggap kurang aman untuk situs yang menggunakan https.

Tidak masalah jika sobat menggunakan https namun hanya menampilkan iklan pribadi atau benar-benar dari situs yang menggunakan https.

Situs Lambat

Masalah situs lambat atau tidak sebenarnya tidak sepenuhnya tergantung dari https 😀 karena hosting tempat kita menaruh file blog juga sangat berpengaruh. Jika server lambat ya otomatis blog jadi lambat.

Tetap ada perbedaan antara situs https dan http. Jika menggunakan http biasa maka situs akan lebih cepat karena data tidak akan terlalu diamankan. Berbeda jika menggunakan https maka semua file yang keluar masuk akan diteliti, ibaratnya diperiksa satpam terlebih dahulu 😀

Kesimpulan Menggunakan HTTPS

Penggunaan HTTPS akan membuat situs lebih aman karena semua file diharuskan berada di jalur HTTPS. Jika tidak berada di HTTPS maka javascript, gambar, file atau yang lain maka tidak akan ditampilkan atau tidak berfungsi di situs HTTPS. Dan juga menggunakan HTTPS di situs Top Level Domain berbayar.

Demikian sedikit ulasan tentang situs yang menggunakan HTTPS. Semoga bermanfaat

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *