Home » Blog » Jangan Gunakan Tema AMP di Blogmu

Jangan Gunakan Tema AMP di Blogmu

Jangan Gunakan Tema AMP di Blogmu – Bagi sobat yang menjadi blogger atau memiliki website harusnya sudah paham tentang Accelerated Mobile Pages atau lebih dikenal dengan AMP.

AMP merupakan sebuah proyek dari google yang mana tujuannya adalah mempercepat kinerja dari suatu website untuk para pengguna mobile.

Mengapa pengguna mobile ? Karena memang saat ini perkembanan pengguna mobile terus berkembang, akhirnya munculnya AMP Project yang mana tujuannya adalah ingin mengoptimalkan suatu halaman website agar lebih mudah di akses oleh pengguna smartphone.

Baca juga :

Tanda suatu situs sudah support AMP adalah munculnya tanda petik di mesin pencari ketika kita mengetikan kata kunci. Jika ada tanda petir maka otomatis website ini lebih cepat dari dari website tanpa AMP.

Untuk mengganti dari Non-AMP menjadi AMP cara cukup mudah, cukup ganti saja dengan tema AMP dan edit artikelnya yang support AMP.

Tapiii, walaupun ada AMP namun saya sendiri setuju dan tidak setuju dengan AMP Project ini. Mengapa demikian, simak ulasannya di bawah ini.

Jangan Gunakan Tema AMP di Blogmu

Jangan Gunakan Tema AMP di Blogmu

Ditujukan Untuk Pengguna Smartphone

AMP merupakan sebuah project yang mana tujuannya memudahkan para pengguna smartphone maupun tablet untuk mengakses sebuah halaman website. Dengan adanya AMP ini diharapkan para pengguna internet semakin mudah untuk mendapatkan berbagai informasi di internet. Memang bagus tapi fitur AMP kurang disukai karena untuk para pemilik website yang masih awam akan kesulitan untuk merubahnya. Perlu belajar lagi untuk mengelola dan membuat website yang support AMP.

Tema Mahal

Untuk memiliki tema AMP memang harus merogoh saku agak dalam, karena memang harganya yang lumayan mahal daripada tema biasanya. Ya walaupun ada tema yang gratisan tapi kurang efektif, kurang efektifnya adalah karena pengaturannya harus kita sendiri yang mengaturnya, apalagi AMP yang script berbeda dengan script tema biasa.

Pengaturan Butuh Usaha Ekstra

Bagi yang awam, pengaturan AMP ini ribet. Untuk memiliki tampilan AMP harus mengotak-atik script yang strukturnya berbeda dengan script tema pada umumnya. Apalagi pengaturan untuk blogger, ribet menurut saya. Kalau menggunakan website berbasis wordpress mungkin sedikit mudah, karena cukup melakukan pengaturan dengan klik menu-menu yang telah disediakan. Tapi kalau blogger harus otak-atik scriptnya secara manual.

Serba Minimalis

Karena butuh cepat, maka beberapa fiturnya yang biasanya ada di tampilan normal akan disulap menjadi tampilan sederhana, yang penting cepat!!!. Hal ini memang kadang kurang srek, tapi bagaimana lagi, kebutuhan kecepatan di nomor satukan. Script yang dibutuhkan sengaja tidak dihadirkan, karena itulah tampilannya serba minimalis.

Baca juga :

Artikel ini hanya opini pribadi, mungkin sobat ada yang suka dengan fitur AMP ini, adapula yang kurang suka dengan AMP ini. Silakan komentar. Sekian dulu tentang Jangan Gunakan Tema AMP di Blogmu ini, semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *