Ini 3 Perbedaan 4G dan 5G yang Perlu Diketahui

Ini 3 Perbedaan 4G dan 5G yang Perlu Diketahui – Tentu saja antara jaringan 4G dan 5G ini memiliki perbedaan. Perbedaan inilah yang menyebabkan banyak orang mengganti ponsel mereka dengan yang memiliki jaringan 5G.

Pemerintah telah mengkomersialisasi 5G di Indonesia sejak tahun lalu, hal ini berarti transformasi jaringan seluler kini telah berjalan dengan baik. Para vendor pun sudah berlomba menyediakan ponsel yang memiliki jaringan 5G. Para vendor yang sudah mulai promosi 5G seperti Samsung, Xiaomi, atau Oppo dan juga yang lain.

Para operator selular pun sudah mulai membangun jaringan 5G ini. Walaupun saat hanya di kota besar. Namun akan terus dikembangkan ke seluruh Indonesia.

Baca juga : Cara Unduh Lagu Dari Youtube Tanpa Aplikasi

Berbicara masalah 4G dan 5G, apa sebenarnya perbedaan antara 4G dan 5G ini ? Adakah perbedaan diantara keduanya ?

Ini 4 Perbedaan 4G dan 5G yang Perlu Diketahui

1. Kecepatan Akses Internet

Tentu saja yang utama adalah terkait kecepatan. Apabila 4G saat ini mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 100 Mbps, walaupun pada kinerja umumnya hanya berada pada angka 35 Mbps saja. Sedangkan untuk 5G ini secara teknis dibekali kecepatan sampai 10 Gbps, tetapi untuk pemakaian umum saat ini masih berada pada angka 50 Mbps sampai dengan 3 Gbps.

Baca juga :  Beberapa Kekurangan Laptop Slim Yang Harus Diketahui

2. Bandwidth

Bandwith atau lebar pita pada 4G dan 5G ini pun berbeda. Saat ini 5G memiliki bandwidth yang lebih besar daripada 4G. Dengan ini dimungkinkan karena 5G sendiri menggunakan spektrum atau frekuensi radio yang lebih lebar dibandingkan 4G. Pada jaringan 5G dapat beroperasi pada spektrum tinggi (mmWave) antara 30 GHz hingga 300 GHz. Sedangkan 4G lebih sempit, yaitu berkisar antara 600 MHz hingga 2,5 GHz.

3. Latensi

Latensi merupakan ukuran waktu yang dibutuhkan dalam transmisi data ke sebuah perangkat. Apabila semakin rendah waktu yang dibutuhkan maka semakin rendah pula delay (penundaan) saat mengakses internet. Latensi dalam jaringan 4G saat ini sekitar 50 ms dan untuk jaringan 5G diperkirakan dapat menyusut menjadi 1 ms saja. Dengan menggunakan latensi yang rendah ini maka pengguna dapat menggerakan perangkat dari jarak jauh secara real-time karena lebih cepat.

Baca juga :  Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Itulah beberapa perbedaan antara 4G dan 5G. Saat ini 5G masih terus dihadirkan ke berbagai daerah oleh para operator. Kita tunggu saja perkembangannya. Semoga segera hadir di daerah kita.

Ini 4 Perbedaan 4G dan 5G yang Perlu Diketahui
Next Post

No more post

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.