Hati-hati Dengan Produk Lelang Di Sosial Media !!!

Hati-hati Dengan Produk Lelang Di Sosial Media !!! – Berjualan di sosial media memang sudah lazim saat ini. Namun perlu hati-hati karena bisa saja terjadi penipuan.

Sosial Media bisa kita gunakan untuk hal yang bermanfaat. Misalnya saja untuk berjualan. Tapi disisi lain ada hal negatif ketika menggunakan sosial media, yakni penipuan.

Model penipuan di sosial media saat ini memang banyak jenisnya. Mulai dengan meniru akun profil orang tertentu dan kemudian meminta sesuatu, misal pulsa.

Hati-hati Dengan Produk Lelang Di Sosial Media

Hati-hati Dengan Produk Lelang Di Sosial Media

Ada juga menawarkan produk tapi setelah transfer uang orangnya hilang. Di beberapa artikel di blog ini sudah pernah di bahas yang demikian, misalnya tentang ‘tujuan pencurian data di sosial media, atau macam-macam penipuan.

Dan saat ini ada model penipuan baru yakni sistem lelang. Tepatnya di Instagram. Modelnya akun ini menawarkan produk dengan harga murah. Dan bagi yang ingin membeli di minta untuk komentar dengan nilai tawar yang diinginkan.

Misalnya ingin penjual menawarkan produk dengan harga 50rb. Dan kemudian bisa kamu tawarkan dengan harga yang ingin kamu inginkan.

Memang harganya terlihat murah namun apakah itu benar-benar produk yang dijual ? Apakah produk KW ? Sebenarnya akun seperti ini mencurigakan.

Alasan mengapa mencurigakan adalah karena harga yang tidak wajar. Harga lebih murah dari biasanya. Logikanya sederhana : apabila bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi mengapa dijual lebih murah. Dan niatnya memang berjualan dan ingin mendapatkan untung bukan ?

Testimoni pembeli merupakan salah satu cara menarik pembeli. Dan mereka yang berjualan dengan sistem lelang di instagram pun melakukan ini. Mereka menampilkan screenshot pembeli mereka. Tapi apakah itu asli ?

Akun-akun lelang di sosial media ini sebenarnya masih abu-abu. Alias tidak jelas. Hal ini karena lokasi mereka dimana dan dari mana produk yang mereka jual, kenapa harganya murah.

Di artikel ini kami cuma mengingatkan saja agar tidak mudah tertipu dengan harga yang murah namun akhirnya jadi korban penipuan. Hati-hati.

Jika menggunakan rekber atau rekening bersama melalui marketplace tokopedia atau shopee bagaimana ? Boleh saja, namun tetap hati-hati saja. Ikuti aturan yang ditetapkan oleh setiap marketplace. Jangan asal terima barang kemudian klik selesai transaksi.

Cek barang yang diterima apakah benar-benar sesuai atau tidak. Jika memang dirasa benar baru selesaikan pesanan.

Semoga bermanfaat
Sekian dan terima kasih.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.