Home » Tips Android » Force Close Google Play Store, Inilah Solusinya

Force Close Google Play Store, Inilah Solusinya

Force Close Google Play Store, Inilah Solusinya – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Google PlayStore merupakan tempat dimana para user android dapat mengunduh berbagai macam aplikasi android, baik itu aplikasi yang berbayar maupun aplikasi yang gratisan.

Terkadang Google Play Store ini mengalami force close atau tiba-tiba menutup sendiri. Tentunya hal ini sangat mengganggu bukan ?  Sedang asyik download aplikasi di play store malah aplikasinya error, pernahkah mengalaminya ?

Baca juga : Rahasia Menyadap HP Pasangan

Force Close Google Play Store, Inilah Solusinya

Untuk mengatasi Google Play Store Force Close cobalah beberapa tips berikut ini :

Bersihkan Cache Google Playstore

Cache juga berpengaruh terhadap suatu aplikasi. Cache merupakan jejak dari apa saja yang telah dilakukan aplikasi tersebut. Cache merupakan data jejak sejarah yang akan membuat halaman yang pernah dibuka sebelumnya akan terbuka dengan cepat tanpa harus memuat ulang.

Ketika Google Playstore mengalami crash atau force close hapus cache ini. Karena jika terlalu banyak akan membebani aplikasi dan sistem. Cara mengkosongkan cache sangatlah mudah. Masuk pada pengaturan – manajer aplikasi – google playstore – bersihkan cache

Hapus Data Google Playstore

Data aplikasi berbeda dengan data cache. Jangan salah sangka, karena jika orang baru belajar tentang android mungkin akan mengira bahwa cache dan data aplikasi adalah hal sama, hal itu kurang tepat.

Data aplikasi berisi akun dan profil pengguna android sedang cache merupakan data jejak aplikasi, apa saja yang telah dilakukan aplikasi tersebut. Untuk menghapus data aplikasi ini cara sama dengan point pertama namun jangan pilih HAPUS CACHE tetapi silakan pilih Hapus DATA.

Hapus Update Google Playstore

Setiap kali terkoneksi internet maka google playstore akan memeriksa apakah ada pembaharuan aplikasi. Jika ada maka otomatis akan memperbarui. Hal ini memang bagus, tapi jika memiliki hp android yang spesifikasinya biasa saja jangan salah jika malah membuat hp android sobat malah crash dan tidak dapat menggunakan aplikasi google playstore

Jika pada saat sebelum update bisa menggunakan google playstore maka bisa saja kemungkinan google playstore yang ada di hp android sobat kurang pas waktu updatenya atau memang kurang cocok untuk spesifikasi hp android sobat.

Jika demikian cobalah hapus update google playstore yang telah terinstal. Cara menghapusnya mudah kok. Masuk pada pengaturan – manajer aplikasi – google playstore – Hapus Instalan Pembaharuan

Hapus Akun Google Playstore dan Login Kembali

Hapus akun ini bertujuan untuk mengecek apakah akun mengalami masalah. Jadi cobalah untuk keluar atau logout akun dari Google Playstore.

Masuk lagi dengan akun yang sama. Jika masih belum bisa, coba dengan masuk lagi dengan akun yang berbeda.

Lakukan Reset Factory atau Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Ini merupakan langkah terakhir. Darurat istilahnya. Factory Reset merupakan langkah untuk menghapus semua data HP Android. Artinya hp akan kembali seperti baru. Semua data akan dihapus total jadi sebelum melakukan ini sebaiknya pikirkan baik-baik ya..

Untuk melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan awal adalah sebagai berikut ; masuk pada pengaturan – Cadangkan dan Reset – Reset Data Pabrik

Bagaimana ? Mudah bukan ? Saya rasa artikel yang berjudul Force Close Google Play Store, Inilah Solusinya ini mudah dipraktekkan kok. Semoga bermanfaat. Sekian dulu tentang beberapa tips bagaimana Mengatasi Force Close Google Play Store. Semoga bermanfaat dan silakan bagikan/share kepada teman sobat agar lebih bermanfaat.

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *