Home » Android News » Fitur iPhone X Yang Sudah Ada di Android

Fitur iPhone X Yang Sudah Ada di Android

Fitur iPhone X Yang Sudah Ada di Android – Beberapa hari ini dunia teknologi sedang booming dengan hadirnya iPhone X dan iPhone 8. Pengumuman produk baru dari perusahaan yang berlogo buah apel ini di gelar di Steve Jobs Theater, kampus Apple Park, Cupertino, USA.

Kehadiran iPhone X (Baca : iPhone Ten) ini merupakan sesuatu yang beda karena dari sisi desain berbeda dari pada pendahulunya. Namun banyak yang menilai bahwa inovasi yang dihadirkan di iPhone X ini mencontek dari si Robot Hijau atau Android. Benarkah demikian ?

Fitur iPhone X Yang Sudah Ada di Android

Fitur IPhone X Yang Sudah Ada di Android

Di bawah ini kita bahas fitur dari iPhone X yang “Menjiplak” dari android apa saja itu ?

1. Pemindai Wajah atau Face Scanner

Salah satu kelebihan dari Android adalah mampu memindai sidik jari. Sistem pengunji sidik jari ini bisa dibilang aman dan kuat karena hanya pemilik HP yang bisa membuka smartphone-nya menggunakan sidik jarinya sendiri.

Tidak hanya sidik jadi Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus sudah mampu memindai wajah. Peluncuran Galaxy S8 dan Galaxy 8 Plus sudah hadir lebih dahulu dari iPhone X yakni hadir pada Maret 2017 lalu.

2. Lapisan Kaca

Pada versi sebelumnya Apple menghadirkan cangkang yang mana berbahan dari logam namun di iPhone X ini dihadirkan smartphone lapisan kaca. Namun sebelumnya Android LG G6 dan beberapa versi Samsung Galaxy sudah menggunakan lapisan kaca untuk melapisi bagian belakangnya.

3. Pengisian Baterai Tanpa Kabel / Wirreles Charging dan Fast Charging

Fitur ini merupakan bukan fitur baru di Android. Karena di beberapa vendor sudah menerapakan Wirreles Charging dan Fast Charging. Kelebihan dari Wirreles Charging dan Fast Charging ini adalah pengguna bisa mengechas smartphone mereka tanpa menggunakan kabel. Dan juga pengisiaanya bisa dilakukan lebih cepat daripada charger biasa.

4. Layar Tanpa Bezel

Beberapa waktu yang lalu sebelum hadir iPhone X sudah ada smartphone yang hadir tanpa bezel alis full layar. Sedangkan Apple baru pertama kali menghadirkan smartphone tanpa bezel di iPhone X ini.

Pada 2014 Sharp Aquos sudah hadir konsep layar tanpa bezel ini. Xiaomi pun sudah menggunakan konsep ini di ponsel andalan mereka beberapa waktu yang lalu. Pada saat perkenalan iPhone X ini diperkenalkan pihak Apple mengatakan bahwa iPhone X merupakan iPhone masah depan yang mana tanpa bingkai dan tanpa tombol home.

5. Layar AMOLED

Pergantian jenis layar iPhone X ini memang bagus sekali. Jenis layar yang dipakai iPhone selama ini bukanlah type AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Dengan menggunakan layar type AMOLED ini maka akan membuat efisiensi sumber daya baterai. Namun sebelum digunakan 2 pabrikan asal korea selatan sudah sering menggunakan jenis layar ini di smartphone mereka yakni LG dan Samsung.

6. Augmented Reality (AR)

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang di pakai di game pokemon yang sempat booming beberapa waktu lalu. Pada pertengah 2016 Lonovo sebagai salah pabrikan Android sudah mengenalkan hal ini kepada konsumen. Sedangkan Asus Zenfone mengenalkan teknologi AR ini di awal tahun 2017. Silakan Baca juga : Apa itu Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

7. Double Camera

Teknologi dual camere atau double atau kamera ganda ini juga hal yang baru lagi. Di tahun 2016 saya pernah membacah di tabloid sudah dibahas mengenai hal ini. Dual Kamera ini memang cocok untuk mereka yang doyan foto. Karena efek yang dihasilkan dari 2 kamera ini adalah seperti layaknya kamera DSLR.

8. Tanpa Tombol Home

Karena konsepnya iPhone X full screen atau full layar maka tombol home di iPhone X dihilangkan. Lalu bagaimana cara mengoperasikannya ? Apakah user tidak kesulitan karena tidak ada tombol home ? User iPhone tidak perlu bingung karena hilangkan tombol home ini. Karena fungsi tombol ini digantikan oleh gestur gerakan jari ketika menyapu layar dari bawah.

Konsep seperti inipun sudah ada di Android Xiaomi yang sudah rilis beberapa waktu yang lalu. Mereka menggunakan konsep tanpa tombol home untuk smartphoen andalan meraka.

Masih ingin beli iPhone yang harga sekitar 13 juta ? 😀 Silakan saja karena sama namun tetap beda. Setelah membaca tulisan di atas kita tidak bisa serta merta menganggap bahwa iPhone kurang inovasi.

Seperti halnya penjual nasi goreng. Walaupun sama-sama nasi goreng yang membuat berbeda tentunya rasanya pun berbeda. Karena setiap pembuat memiliki konsep yang berbeda. Tim Cook udah bilang kalau, “Kita tidak berfokus untuk menjadi yang pertama, tetapi menjadi yang terbaik”. Sekarang Apple sudah berbeda dari yang dulu. Konsep teknologi boleh sama namun hasil dari setiap vendor tentu berbeda. Misalnya saja Face Scanner, apabila Face Scanner produk lain bisa digantikan atau ditipu dengan foto. Apakah Apple yang terkenal dengan keamanan yang tinggi juga sama-sama bisa ditipu dengan foto ?

Sekian dulu tentang Fitur IPhone X Yang Sudah Ada di Android ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Fitur IPhone X Yang Sudah Ada di Android ini.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *