Home - Tips Android - Efek Menghapus Cache Aplikasi di Android

Efek Menghapus Cache Aplikasi di Android

Efek Menghapus Cache Aplikasi di Android – Cache tidak hanya di windows, namun cache juga ada di Android. Dahulu pernah saya menulis bahwa salah satu cara mempercepat windows adalah menghapus cache ini. Memang benar begitu adanya. Dengan menghapus cache di windows maka akan dapat mempercepat kinerja windows. Silakan baca selengkapnya yang ada pada artikel Cara Mempercepat Booting Windows
Lalu bagaimana dengan cache di android ? Cache di android pun sama dengan cache di windows. Semakin banyak cache maka akan semakin butuh memori banyak. Fungsi dari cache ini adalah menyimpan data sementara yang pernah di proses. Bisa dikatakan mirip jejak. Lah jika sudah ada “jejak” tersebut maka akan semakin cepat loading dari suatu aplikasi tersebut.
Untuk menghapus cache aplikasi di android ini cukup mudah. Masuk pada pengaturan – aplikasi terdownload/terinstal – pilih aplikasi yang akan di hapus cache nya – cari pada aplikasi tersebug bagian cache dan pilih hapus cache. Dengan melakukan seperti itu akan menghapus cache aplikasi.

Ada aplikasi yang dapat menghapus cache dengan mudah tanpa harus melakukan langkah-langkah di atas. Dahulu pernah saya menggunakannya tetapi setelah membaca suatu artikel bahwa aplikasi yang pernah saya favoritkan tersebut dapat memata-matai akhirnya saya hapus aplikasi tersebut.

Sebelum menghapus cache sebaiknya perhatikan efek mengahapus cache aplikasi di android ini agar tidak salah kaprah dan lebih paham tentunya.

  1. Hapus Cache tidak akan membuat Logout dari aplikasi. Banyak orang mengira bahwa menghapus cache akan mengeluarkan user dari sebuah aplikasi android. Hal itu tidak benar. Bedakan antara hapus cache dan hapus data. Jika menghapus data maka akan logout dan aplikasi akan seperti pada awal instalasi.
  2. Hapus Cache dapat melegakan memori. Seperti yang saya katakan di atas bahwa semakin besar cache maka akan semakin butuh banyak penyimpanan. Jika kita menghapus cache dari aplikasi tentu saja akan dapat melegakan memori penyimpanan di android.
  3. Dapat mengatasi error saat membuka aplikasi. Jika pernah mendapat error ketika membuka aplikasi android maka salah satu solusinya adalah menghapus cache aplikasi tersebut.
  4. Loading saat membuka aplikasi menjadi lambat. Ini merupakan efek yang kurang bagus, karena dengan menghapus aplikasi akan dapat menyebabkan aplikasi yang dihapus cachenya tersebut lambat merespon ketika dibuka kembali.


Begitulah sedikit penjelasan mengenai Efek Menghapus Cache Aplikasi di Android yang semoga bermanfaat untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *