Home - Download Makalah - Download Contoh Makalah Ekonomi Mikro

Download Contoh Makalah Ekonomi Mikro

Download Contoh Makalah Ekonomi Mikro – Teori Keseimbangan Umum. Sebagai mahasiswa membuat makalah adalah hal yang tidak asing lagi. Untuk menyusun sebuah makalah dapat berasal dari berbagai sumber, misalnya buku dan internet. Di bawah ini ada contoh makalah yang mungkin berguna untuk Anda.

Baca juga : Cara Mudah dan Simpel Membuat Cover MakalahBAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Keseimbangan Umum (Ekuilibrium)
Keseimbangan umum merupakan seimbangnya harga beli terhadap harga jual, seimbangnya permintaan barang dan juga keseimbangan antara pendapatan dengan pengeluaran yang terjadi.
Keseimbangan umum (ekuilibrium) adalah kondisi dimana jumlah permintaan sama dengan jumlah penawaran jumlah barang dengan keadaan itu disebut kuantitas keseimbangan tingkat harga yang membentuk keadaan keseimbangan itu disebut hargakeseimbangan.
Keseimbangan umum terjadi apabila pasar uang dan pasar barang, berada dalam keseimbangan secara bersama-sama dan dari keseimbangan tersebut diperoleh keseimbangan pendapatan nasional dan keseimbangan tingkat bunga.
B.    Keseimbangan Pada Pasar
Keadaan di suatu pasar dikatakan dalam keseimbangan atau ekuiliblium apa bila jumlah yang ditawarkan para penjual pada suatu harta tertentu adalah sama dengan jumlah yang diminta pada pembeli pada harga tersebut. Dengan demikian harga suatu barang dan jumlah barang yang diperjual belikan ndapat ditentukan dengan melihat keadaan keseimbangan dalam suatu pasar. Tiga cara dapat digunakan untuk menunjukkan keadaan keseimbangan tersebut, yaitu (i) dengan contoh yang menggunakan kurfa permintaan dan penawaran, (iii) menentukannya secara matematik.
C.    Keseimbangan Perekonomian
Pada setiap perekonomian terdapat berbagai kegiatan ekonomi yang saling berinteraksi sehingga membentuk suatu keseimbangan. Keseimbangan yang terjadi secra ber-asingan tanpa memperhatikan hubungan kait-mengait di antara berbagai aspek kegiatan ekonomi merupkan keseimbangan sebagian (partial equailibirium). Sedangkan keseimbangan yang terjadi dengan adanya kait-mengait diantara semua kegiatan ekonomi disebut keseimbangan umum (general equailibirium/GE).
Unit-unit  mikro ekonomi dalam perekonomian saling berkaitan sehingga merupakan suatu sistem yang terinterdependent. Terjadinya interaksi antar unit-unit tesebut dalam suatu keseimbangan disebut General Equailibirium. GE merupakan suatu keseimbangan silmultan, konsisten dan terjadi dalam jangka panjang bagi semua pasar dan unit-unit pengambilan keputusan dalam suatu sistem. Anilisa GE berlaku untuk keseluruan unit ekonomi, sehingga dalam analisa GE sesungguhnya memerlukan banyak persamaan simultan yang nyaris tak terhitung dan boleh dikatakan mustahil diadakan. Hal ini menyebabkan keterbatasan dalam analisis tersebut sehingga apabila berbicara tentang GE, sebgai contoh GE pada pasar, hanya akan mengacu pada beberapa pasar saja bukan meliputi semua pasar sekaligus.
D.    Cara Menentukan Keseimbangan Umum
1)    Menentukan Keseimbangan secara Angka
Ada tiga keadaan yang terjadi dalam keseimbangan secara angka yaitu:
1.    Keadaan kelebihan penawaran, yaitu jumlah yang ditawarkan di pasar adalah melebihi dari pada yang diminta para pembeli.keadaan ini berlaku apabila harga melebihi Rp 3000. Pada tinkat harga Rp 3000 yang berlaku adalah
2.    keadaan dimana permintaan sama dengan penawaran, ketika tinkat harga Rp 3000 yaitu pada harga tersebut jumlah yang ditawarkan para penjual sama dengan yang diinginkan pembeli .
3.    keadaan kelebihan permintaan, yaitu jumlah yang diminta para pembeli melebihi dari pada penjualan. Ini wujud pada waktu harga kurang dari Rp 3000.
Kelebihan penawaran tersebut akan mendorong para penjual menurunkan harga. Juga apabila harga adalah Rp 4000 keadaan yang baru ini dinyatakan akan wujud.
Kelebihan permintaan menyebabkan para penjual menaikan harga. Di samping itu juga para pembeli banyak yang bersedia membeli buku tulis dengan harga yang lebih tinggi dan akan mendorong kepada kenaikan harta. Keadaan yang sama akan wujud apabila harga satu buku tulis adalah Rp 2000.
Interaksi di antara permintaan dan penawaran pada harga Rp 3000 sebanyak 600 buku tulis diminta pembeli, dan penjual menawarkan jumlah yeng sama. Dengan demikian tidak terdapa kelebihan atau kekurangan permintaan dan penawaran. Karena masing-masing pihak merasa puas dengan keadaan yang wujud, tidak terdapat perubahan harga dan jumlah barang yang ingin diperjualbelikan. Keadaan yang wujud tersebut adalah keadaan yang kekal, dan dikenal dengan keadaan keseimbangan atau ekuilibrium. Dan harga yang wujud dinamakan harga keseimbangan. dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa syarat untuk mencapai keadaan keseimbangan ialah: jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta. Dalam contoh ini, jumlah buku tulis yang memenuhi syarat tersebut adalah 600 buah dan angka tersebut merupakan jumlah buku tulis yang diperjualbelikan.

Silakan DOWNLOAD untuk lebih lengkap dan jelas

Cukup sekian tentang Download Contoh Makalah Ekonomi Mikro.

WARNING !!!
MAKALAH INI HANYALAH SEBUAH CONTOH SEBAGAI DASAR MENYUSUN MAKALAH. ISI MAKALAH INI DI LUAR TANGGUNG JAWAB KAMI. TERIMA KASIH

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *