Home - Blog - Cloud Hosting Apakah Lebih Baik Dari Shared Hosting ?

Cloud Hosting Apakah Lebih Baik Dari Shared Hosting ?

Cloud Hosting Apakah Lebih Baik Dari Shared Hosting ? Dalam membuat sebuah website hosting merupakan hal penting. Hosting merupakan dimana kita meletakan file dan data website kita.

Bagi yang sudah paham dasar membuat website tentu mengenal yang namanya hosting shared dan juga cloud hosting.

2 Jenis hosting ini tentu berbeda. Shared hosting merupakan hosting yang mana file atau data kita disimpan bersama user lain. Jika website penting atau berisi data yang sifatnya rahasia biasanya tidak menggunakan jenis ini.

Baca juga :

Lalu apakah cloud hosting tersebut ? Bukan berarti kata cloud atau awan ini server terletak di atas awan ya. Bukan itu maksutnya.

Cloud hosting merupakan layanan web hosting yang terhubung antar server. Artinya data web sobat tidak disimpan dalam satu server. Di simpan di server yang berbeda dan semuanya aktif.

Cloud Hosting Apakah Lebih Baik Dari Shared Hosting ?

Cloud Hosting Apakah Lebih Baik Dari Shared Hosting
Manfaat dan Cara Kerja Cloud Hosting

Terhubung antara server dengan server lainnya berarti hal ini akan membuat data antara server tersinkorn.

Sebenarnya antara cloud hosting dan shared hosting mirip yang berbeda sistem kerjanya saja. Jika shared hosting terletak di 1 server saja maka cloud hosting meletakkan data sebuah website di beberapa server.

Tujuan dari adanya sistem ini adalah agar ketika ada salah satu server down maka akan dihandle atau diarahkan ke server yang aktif.

Hal ini merupakan suatu kelebihan. Terutama untuk web yang ingin selalu up tanpa down.

Dan juga manfaat lainnya adalah adalah mempercepat loading. Pengunjung akan ditujukan ke server yang paling dekat dengan lokasinya.

Misalnya saja ada server di Indonesia, Singapura, Dan Hongkong. Jika pengunjung dari Indonesia maka akan diarahkan ke server Indonesia. Begitupun sebaliknya. Jika pengunjung dari Singapura akan diarahkan di server Singapura.

Dengan adanya sistem ini maka server tidak akan mudah down. Karena apabila terjadi overload atau lonjakan pengunjung makan dihandel atau diarahkan ke server lainnya. Cocok untuk sobat yang memiliki bisnis online yang memiliki web yang ramai.

Kekurangan Cloud Hosting

Tentu ada kekurangan dari Cloud Hosting ini. Yakni dari segi biaya. Cloud Hosting lebih mahal daripada shared hosting. Namun bagi yang berduit atau memang sedang membutuhkan jenis server ini tidak masalah tentang harga. Ada harda ada kualitas.

Baca juga :

Kesimpulannya ?

Shared Hosting dan Cloud Hosting sama-sama bagus. Kedua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sobat bisa memilih sesuai kebutuhan. Jika memang masih tahap belajar tentu shared hosting rasanya cukup, apalagi jika dananya masih pas-pasan. Shared Hosting pun bisa up time terus servernya. Jangan dikira shared hosting sering down ya. Semua tergantung penyedia layanan hosting kalau membahas kemampuan hosting tersebut. Jadi silakan tentukan sendiri hosting yang cocok untuk sobat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *