Home » Tips Windows » Ciri-ciri Komputer Yang Terserang Virus Atau Malware

Ciri-ciri Komputer Yang Terserang Virus Atau Malware

Ciri-ciri Komputer Yang Terserang Virus Atau Malware – Jangan pernah meremehkan virus atau malware di dalam sebuah komputer. Kenapa demikian ? Kebanyakan masyarakat Indonesia yang awan akan terknologi seakan-akan cuek terhadap yang nama virus atau malware ini. Penyebabnya adalah masyarakat tersebut belum mengerti akan bahaya virus atau malware ini.

Baca juga : Cara Update Offline Microsoft Security Essential dan Windows Defender

Ciri-ciri Komputer Yang Terserang Virus Atau MalwareCiri-ciri Komputer Yang Terserang Virus Atau Malware

Virus dan malware juga bisa menjadi penyebab rusaknya sebuah komputer. Memang sebuah virus jika dibiarkan dalam waktu beberapa hari tidak akan terasa efeknya namun lama-lama akan dapat merusakan hardware karena bisa virus memaksakan kinerja komputer dan menyebabkan komputer over heat atau panas berlebih. Dan jika sudah panas seperti ini maka hardware akan cepat rusak.

Virus yang lebih canggih lagi adalah dapat mengambil data dari komputer anda dan menguploadnya ke internet. Jenis virus ini biasanya digunakan oleh orang-orang memang menciptakan virus dengan tujuan mengambil data tertentu. Jika komputer anda tidak file penting tidak masalah. Tetapi jika ada file nomer rekening, data pribadi, password dan lainnya sebaiknya berhati-hati terhadap virus ini.

Untuk mengetahui ada virus/malware di komputer ada beberapa tanda yang harus anda ketahui. Di antara tanda adanya virus atau malware di komputer anda adalah :

  1. Muncul shortcut tidak dikenal di dekstop. Jangan mudah mengklik shortcut yang tiba-tiba muncul di dekstop anda. Bisa jadi itu adalah virus
  2. Terinstal aplikasi yang tidak di kenal. Ini adalah yang sering terjadi. Ada beberapa aplikasi tidak di kenal yang terkadang sulit untuk di uninstal. Jangan mudah menginstal aplikasi yang mencurigakan.
  3. Starup atau booting yang lambat. Jika hal ini terjadi lakukan scaning aplikasi apa saja yang aktif ketika booting. Lebih jelasnya silakan baca cara mempercepat booting windows.
  4. Kinerja komputer yang melambat. Jika booting lambat maka biasanya kinerja komputer akan melambat pula. Dan juga di pengaruhi faktor pada ciri nomor 2 di atas.
  5. Ketika membuka browser di arahkan ke situs tertentu, porno, shoping atau yang lain. Jangan sembarang klik ketika di browser muncul hal yang tidak lazim ini. Hapus Add On yang asing dan tidak di butuhkan. Baca juga : Cara Mengoptimalkan Kinerja Browser 
  6. Muncul berbagai iklan ketika terkoneksi internet.Tidak mengklik apapun namun muncul berbagai iklan, sebaiknya hati-hati dan segera periksa komputer tersebut.
  7.  Aplikasi-aplikasi yang tiba-tiba tidak bisa di jalankan. Jika menjumpai aplikasi yang tiba-tiba tidak dapat digunakan bisa jadi penyebabnya adalah virus. Karena ada virus yang sengaja merusak software-software.

Solusi dan antisipasi virus dan malware adalah menggunakan antivirus yang benar melindungi. Antivirus gratis dan optimal adalah Microsoft Security Essential. Tidak bermaksut promosi, lebih jelasnya silakan baca saja tentang Microsoft Security Essential ini.

Semoga Ciri-ciri Komputer Yang Terserang Virus Atau Malware ini bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

 

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *