Home » Tips Windows » Ciri Browser Yang Terkena Malware / Virus dan Solusinya

Ciri Browser Yang Terkena Malware / Virus dan Solusinya

Ciri Browser Yang Terkena Malware / Virus dan Solusinya – Terkadang ada beberapa teman yang meminta bantuan terkait masalah browser. Browser mengalami crash atau error. Browser yang mengalami crash atau error ini sebenarnya masalah yang simple atau sepele.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa browser yang mengalami error ini karena pengguna kurang teliti ketika mengklik sesuatu ketika browsing. Misalnya saja ketika browsing dan ingin mendownload file, yang di klik bukan link download melainkan iklan yang bisa berisi file untuk di instal di browser.

Baca juga : Meringankan Mozilla Firefox Agar Tidak Memakan Banyak RAM

Agar kita paham benar apakah browser yang kita gunakan terdapat Malware dan Virus maka simak ulasannya di bawah ini.

Ciri Browser Yang Terkena Malware / Virus dan Solusinya

Ciri Browser Yang Terkena Malware / Virus dan Solusinya

  • Browser Aktif Sendiri Ketika Saat Startup

Browser tiba-tiba aktif, padahal kita tidak mengaktifkannya. Mengapa demikian ? Itu merupakan salah satu ciri adanya virus atau malware yang menempel di browser sobat.

Untuk mengatasinya gunakan Ccleaner buka Ccleaner masuk pada menu Tools atau Peralatan, di Bagian Startup silakan matikan atau hapus software yang aktif terlihat aneh dan sobat merasa tidak pernah menginstalnya.

  • Ketika Pertama Kali Dibuka Diarahkan Ke Suatu Situs

Ketika membuka browser yang muncul bukan halaman depan Mesin Pencari namun suatu halaman website tertentu. Mengapa ini sampai terjadi. Jawabannya adalah karena browser sobat terdapat ekstensi atau plugin yang memaksa browser sobat di arahkan ke suatu situs.

Mengatasinya cukup mudah. Silakan hapus plugin atau add on yang ada di browser sobat yang mana sobat tidak pernah merasa menginstalnya. Atau Add On atau plugin yang mencurigakan.

  • Muncul Icon, Gambar, Iklan Yang Mengganggu

Di browser sobat terdapat toolbar yang aneh ? Atau ada gambar dan Icon yang mengganggu ? Jangan panik dulu, itu juga merupakan salah satu adanya walware atau virus di browser sobat. Bisa juga di sebut adware yang mana iklan yang mengganggu.

Agar tidak muncul ikon atau gambar iklan yang mengganggu cobalah hapus plugin atau add on di browser yang sobat gunakan. Setelah terhapus pluginnnya cobat matikan dan nyalakan kembali browsernya. Apakah masih muncul ? Jika masih muncul coba cek instalasi software di laptop atau PC sobat. Jika ada instalasi software yang aneh hapus saja. Karena itu merupakan software yang berisikan iklan yang di munculkan di browser.

Baca juga : Cara Menghilangkan Adware Mystartsearch di Browser

  • Muncul Tab Baru Tanpa Perintah

Setelah membuka browser malah muncul tab baru yang tidak jelas. Hati-hati, itu juga merupakan salah satu ciri di laptop atu PC sobat disusupi virus atau malware yang menyerang browser.

Untuk mengatasi hal ini sobat cukup menghapus aplikasi atau mematikan aplikisi tertentu pada saat startup yang mana caranya seperti pada point pertama pada artikel ini.

  • Loading Menjadi Lambat

Menjadi lambat ketika membuka suatu situs juga merupakan salah satu ciri adanya malware atau virus yang menempel di browwser sobat. Mengapa brower menjadi lambat ? Hal ini disebabkan karena adanya gambar, Icon atau iklan yang mana di akses dari suatu website tertentu.

Mengatasinya dengan cara menhapus plugin mencurigakan di browser yang sobat gunakan serta seleksi aplikasi apa saja yang aktif saat startup menggunakan Ccleaner.

  • Mengalami Crash Tidak Wajar

Muncul peringatan ketika sedang enak-enaknya browsing ? Hat-hati ya, karena browser coba terjangkit virus, malware atau adware yang mengganngu. Hal ini karena sobat mudah klik iklan atau tanpa sengaja mengklik iklan yang mana menyebabkan instalasi software yang mengganggu.

Baca Juga : Cara Memberi Footnote Atau Catatan Kaki di Ms Word

Agar tidak terjadi crash di browser kesayangan sobat cobalan kombinasi trik yakni seleksi software aplikasi apa saja aktif saat startup. Dan juga seleksi plugin atau add on yang mencurigakan di browser sobat, segera hapus add on atau plugin mencurigakan tersebut.

Nah itulah beberapa Ciri Browser Yang Terkena Malware / Virus dan Solusinya. Mudah dan simpel kan. Dan ketika browsing jangan mudah klik ya. Seleksi dulu mana yang benar-benar link aktif dan mana link yang berisi adware, malware atau bahkan virus. Cukup sekian dulu tentang Ciri Browser Yang Terkena Malware / Virus dan Solusinya ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *