Home - Download Apps & Games - Cara Screenshot di iPhone Tanpa Tombol Home Dengan Mudah

Cara Screenshot di iPhone Tanpa Tombol Home Dengan Mudah

Santridrajat.com – Mengambil Screenshot di iPhone adalah kombinasi tombol penting yang harus diketahui semua orang. Pada model iPhone yang memiliki tombol “Home”, menekan tombol “Home” dan “Power” secara bersamaan akan menangkap semua yang ada di layar.

Namun, jika iPhone Anda tidak memiliki tombol “home”, pintasannya adalah tombol “samping” dan tombol “volume atas”. Pastinya Anda akan kesulitan untuk mengambil Screenshot di iPhone Anda.

Cara Screenshot di iPhone Tanpa Tombol Home Dengan Mudah

Cara Screenshot di iPhone dengan Mudah

Tetapi bagaimana jika Anda kesulitan menggunakan satu atau lebih tombol di iPhone Anda? Jika demikian, Anda mungkin tidak dapat mengambil Screenshot. Untungnya, ada solusinya. Kami akan menunjukkan cara mengambil screenshot di iPhone Anda tanpa menggunakan tombol “Home”, “Power” atau “Volume Up”.

Berikut cara untuk mengambill Screenshot di iPhone Anda:

1. Cara Screenshot di iPhone dengan AssistiveTouch

Pertama, Anda perlu mengaktifkan AssistiveTouch di iPhone Anda. Ini adalah fitur tambahan yang memungkinkan Anda mengakses banyak fungsi iPhone dari menu perangkat lunak tanpa harus menggunakan tombol untuk menerapkan fungsi ini. Ini berguna untuk orang yang tidak dapat menekan tombol, atau tombol iPhone Anda rusak.

Untuk mengaktifkannya, buka “Settings“> “Accessibility” dan pilih “Touch” ​​di bawah “Physical and Motor“. Pilih AssistiveTouch dan aktifkan penggeser di bagian atas layar untuk menyalakannya. Ini akan menambahkan tombol overlay titik putih di layar.

Setiap kali Anda mengklik ikon AssistiveTouch ini, itu akan membuka menu yang memungkinkan Anda mengakses berbagai fungsi dengan cepat. Untuk menambahkan fungsi screenshot ke menu dengan mudah, pilih “Customize Top Level Menu“.

Di sini, klik ikon yang ingin Anda ganti, dan pilih “Screenshot” dari daftar tindakan. Jika perlu, Anda dapat menambahkan ikon lain dengan mengklik tombol “Plus” dan membuat pintasan baru untuk “Screenshot“.

Atau, pada menu utama AssistiveTouch, pilih opsi “Double-Tap” atau “Long Press” dan setel ke “Screenshot“. Ini lebih nyaman karena Anda tidak perlu membuka menu untuk menggunakan fungsi-cukup klik tombol untuk mengaktifkannya.

2. Cara Screenshot di iPhone tanpa tombol apa pun

Sekarang Anda dapat mengambil snapshot layar iPhone tanpa tombol apa pun. Cukup pilih “Screenshot” dari menu AssistiveTouch atau jalankan pintasan klik yang Anda atur, dan iPhone akan mengambil tangkapan layar seperti biasa.

Harap dicatat bahwa saat Anda mengambil screenshot, tombol AssistiveTouch tidak akan muncul di gambar. Anda dapat menyeret tombol ke sudut mana pun dari layar yang Anda inginkan. Jika Anda tidak sering menggunakan pintasan, Anda dapat mengubah “Idle Opacity” di menu ini agar sebagian besar tersembunyi.

Untuk memberikan lebih banyak kenyamanan, Anda dapat menggabungkan dengan pintasan aksesibilitas iPhone lainnya untuk menyembunyikan tombol AssistiveTouch saat Anda tidak menggunakannya.

Pada model iPhone yang didukung, buka  Settings> Accessibility > Touch > Back Tap untuk Kembali, lalu Anda dapat menyesuaikan dua tindakan yang terjadi saat Anda mengetuk dua kali atau tiga kali di bagian belakang perangkat .

Dengan memilih AssistiveTouch, Anda akan dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi tersebut dengan mengetuk beberapa kali di bagian belakang telepon. Ini adalah langkah ekstra, tetapi jika Anda hanya mengambil tangkapan layar sesekali, itu akan membuat layar Anda rapi.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk mengambil screenshot di iPhone. Meskipun Anda tidak dapat menggunakan kombinasi tombol yang biasa, Anda tahu cara mengambil Screenshot di iPhone Anda. I

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *