Home - Tips Windows - Cara Screenshot Di Windows Tanpa Tombol Print Screen

Cara Screenshot Di Windows Tanpa Tombol Print Screen

Cara Screenshot Di Windows Tanpa Tombol Print Screen – Jika Anda tidak memiliki tombol Print Screen pada keyboard Anda atau tidak berfungsi dengan baik, Anda perlu mencari metode alternatif untuk mengambil screenshot di Windows. Dan ternyata, metode klasik dengan menekan Print Screen, menempelkan gambar ke Paint, dan menyimpan cukup lambat.

Cara Screenshot Di Windows Tanpa Tombol Print Screen

Cara Screenshot Di Windows Tanpa Print Screen

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin tidak ingin menggunakan Print Screen untuk screenshot. Jadi mari kita lihat sekilas cara mengambil screenshot di Windows tanpa menggunakan Print Screen sama sekali.

1. Gunakan Snip & Sketch atau Snipping Tool

Versi modern Windows hadir dengan alat screenshot built-in yang disebut Snipping Tool. Dengan itu, Anda dapat dengan cepat mengambil tangkapan layar dari seluruh layar, jendela individual, area persegi, atau opsi bentuk apa pun.

Cukup buka menu Start dan cari “snipping” untuk mulai menggunakannya. Ini jauh lebih berguna daripada menempelkannya ke Paint, dan Anda dapat menyematkannya ke bilah tugas untuk memudahkan akses.

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda dapat menggunakan alat Snip & Sketch yang lebih baru. Ini sebagian besar mirip dengan Snipping Tool tetapi memiliki beberapa fitur tambahan. Pertama-tama, Anda dapat menekan Win + Shift + S untuk membuka alat tangkapan layar dari mana saja.

Ini membuatnya mudah untuk mengambil, mengedit, dan menyimpan tangkapan layar  dan Anda tidak memerlukan tombol Print Screen.

Baca juga :  Cara Menonaktifkan Notifikasi Windows 10 dengan Mudah

2. Instal aplikasi pihak ketiga

Meskipun Windows memiliki beberapa metode tangkapan layar bawaan, opsi pihak ketiga memberi Anda lebih banyak kontrol dan penyesuaian. Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal salah satu alat penangkap layar terbaik untuk Windows dan mengubah pintasan keyboard aplikasi ini menjadi apa pun yang Anda inginkan.

Sebagian besar alat tangkapan layar memungkinkan Anda mengatur pintasan keyboard yang berbeda untuk berbagai jenis tangkapan layar. Misalnya, Anda dapat menggunakan Ctrl + Shift + 3 untuk mengambil tangkapan layar layar penuh dan Ctrl + Shift + 4 untuk mengambil tangkapan layar dari jendela saat ini saja.

Baca juga :  Perbedaan Antara Komputer dan Laptop

3. Aktifken keyboard layar

Salah satu alat aksesibilitas yang disertakan dengan Windows adalah On-Screen Keyboard. Ini berguna untuk orang yang kesulitan menggunakan keyboard, atau saat Anda perlu memasukkan teks tetapi keyboard tidak berfungsi. Namun, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengakses tombol Print Screen.

Untuk memulai, buka keyboard di layar dengan mengetik di layar atau buka menu Start dan jalankan alat. Ini akan membuka keyboard di jendela aplikasi normal. Klik tombol PrtScn di sebelah kanan dan sistem akan bereaksi seolah-olah Anda menekan tombol Print Screen pada keyboard yang sebenarnya. Dari sana, Anda dapat menempelkan tangkapan layar ke Paint atau editor gambar pilihan Anda untuk diedit dan disimpan.

Baca juga :  Penyebab dan Mengatasi Bad Sector Pada Hardisk

Kesimpulan

Dengan metode ini, Anda tidak memerlukan tombol Print Screen untuk mengambil screenshot di Windows dengan mudah. Menggunakan metode alternatif lebih cepat dan lebih fleksibel daripada menempelkan ke Paint, jadi cobalah salah satunya dan tingkatkan alur kerja Anda dengan tangkapan layar! Dan jika Anda terutama mengambil tangkapan layar di peramban, Anda memiliki lebih banyak opsi.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *