Home » Hardware » Cara Reset dan Memperbaiki Canon Pixma IP2270 Dengan Mudah

Cara Reset dan Memperbaiki Canon Pixma IP2270 Dengan Mudah

Cara Reset dan Memperbaiki Canon Pixma IP2270 Dengan Mudah – Printer Legend, mungkin itulah sebutan untuk IP2270 ini. Dengan harga kurang dari 1 juta kita bisa memiliki printer berwarna.

Yang teringat ketika menggunakan printer IP2270 ini adalah suaranya yang terbilang keras ketika melakukan cetak atau printing.

Walaupun murah, printer ini memiliki permasalah yang kadang kala mengganggu. Permasalahan bervariasi, ada yang minta reset, kadang lampu berkedip dan tidak bisa digunakan untuk print dan lainnya.

Baca juga :

Di bawah ini beberapa cara mengatasinya. Cara reset dan memperbaiki canon pixma IP2270 dengan mudah silakan disimak.

Cara Reset Canon Pixma IP2270 Dengan Mudah

Cara Reset dan Memperbaiki Canon Pixma IP2270 Dengan Mudah

 

Untuk melakukan reset Canon IP2270 ini dibutuhkan software. Link download software dicantumkan di akhir artikel. Cara resetnya seperti di bawah ini.

  1. Pastikan kabel power tertancap ke listrik dan kabel port usb tertancap ke komputer atau laptop.
  2. Kemudian tekan tombol resume selama 2 detik kemudian lanjutkan menekan tombol power (ketika menekan tombol power jangan lepaskan tombol resume) artinya tekan keduanya secara bersamaan namun lebih dahulu tombol resume. Lakukan sekitar 3 sampai 5 detik saja.
  3. Selanjutnya lepaskan tombol resume tapi jangan lepas tombol power.
  4. Sambil menekan tombol power, tekan juga tombol resume sebanyak 6 kali, jika menekan 4 kali khawatir malah merusak printer. Jangan sampai kurang atau lebih. Harus pas. Lampu LED akan bergantian.
  5. Lepaskan kedua tombol bersamaan dan LED akan blik dan akhirnya menyala hijau.
  6. Jika komputer atau laptop mendeteksi perangkat baru berarti printer siap reset atau dalam keadaan safe mode
  7. Download dan ekstrak File Program Reseter IP2270 (link download di akhir artikel)
  8. Siapkan beberapa kertas yang bisa digunakan untuk cetak. Karena nanti akan ada proses ujicoba printing.
  9. Jalan program resetter kemudian klik Main dan printer akan melakukan printing satu halaman dengan kode tulisan D=000.0
  10. Kemudian klik EEPROM Clear dan klik EEPROM dan printer akan melakukan cetak. Jika muncul tulisan TPAGE(TTL=00000) maka itu tandanya reset canon pixma IP2270 sudah fix.
  11. Matikan printer dengan tombol power dan nyalakan kembali untuk mengecek hasilnya.
  12. Permasalahan yang dihadapi pengguna printer Canon IP2270 adalah muncul kode warna tertentu dan hal ini menyebabkan proses printing terhambat.

Kode Tanda Error di Printer IP2270

Di bawah ini ada kode warna dan jumlah blink atau kedip warna yang muncul ketika terjadi error atau masalah pada print IP2270 ini.

  1. Kedip 14x / 15x berwarna Orange 1x Hijau ini tandanya Cartridge Hitam Rusak / mati solusinya ganti cartridge hitam.
  2. Kedip sebanyak 13x / 16x Orange 1x hijau penyebabnya adalah cartridge tidak terpasang dengan pas, solusinya tekan dan tahan tombol resume (di bawah tombol power) kurang lebih 10 detik.
  3. Jika berkedip 8x Orange 1x Hijau tandanya ink tank full solusinya reset printer menggunakan software resetter.
  4. Apabila berkedip 7x Orange dan hijau secara bergantian maka solusinya Pertama untuk printer yang tidak diinfus atau diinfus tetapi tidak diberi pembuangan tinta, bersihkan busa penyerap tinta pada bagian bawah printer atau kalau perlu diganti kemudian reset printer menggunakan software resetter.
  5. Jika berkedip 7x pada warna Orange 1x hijau tanda bahwa Cartridge yang warna harus diganti karena rusak.
  6. Apabila berkedip 5x Orange 1x Hijau tanda dari cartridge mengalami kerusakan atau kotor. Periksa satu persatu dari kedua catridge tersebut. Jika sudah menemukan masalahnya atasi dengan dibersihkan apabila kotor atau berdebu. Apabila sudah parah silakan ganti saja dengan yang baru.
  7. Kedip warna 4X orang dan hijau 1x tanda harus direset menggunakan software
  8. Berkedip orange 3x dan 1x hijau penyebabnya adalah kertas yang tersumbat atau tidak bisa keluar. Bisa juga dikerenakan kotoran. Apabila masih bergaransi bawah ke service center saja. Jika sudah tidak bergaransi ya di bawah tukang service biasa saja cukup.
Baca juga :

Nah itulah beberapa permasalahan yang dihadapi ketika menggunakan printer Canon Pixma IP2270. Sekian tentang Cara Reset dan Memperbaiki Canon Pixma IP2270 Dengan Mudah dan semoga bermanfaat.

Download Resseter Canon Pixma IP2270

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *