Home » Tips Windows » Cara Partisi Hardisk Eksternal Tanpa Kehilangan Data

Cara Partisi Hardisk Eksternal Tanpa Kehilangan Data

Cara Partisi Hardisk Eksternal Tanpa Kehilangan Data – Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan yang banyak digunakan. Walaupun sudah ada SSD yang memiliki keunggulan, tetapi masalahnya SSD untuk saat ini terbilang mahal. Ada harga ada kualitas.

Kalau masalah hardisk, saat ini harganya relativ murah. Ramah dikantong. Hardisk dari segi pemasangan terbagi menjadi 2 jenis, yakni hardisk eksternal dan internal. Sudah paham kan maksutnya ? Hardisk Internal digunakan di dalam PC/Laptop, sedangkan eksternal sifatnya mirip flasdisk yang bisa dibawah kemana saja.

Pada saat pembelian hardisk kita akan mendapatkan hardisk eksternal yang memiliki satu partisi. Hardisk nya belum terbagi-bagi. Agar data di dalam hardisk eksternal ini datanya tidak tercampur-campur perlu adanya partisi. Untuk melakukan partisi ini caranya cukup mudah, caranya sebagai berikut :

Baca juga : 

Cara Partisi Hardisk Eksternal Tanpa Kehilangan Data

1. Colokan Hardisk Eksternal di PC / Laptop
2. Klik kanan pada MyComputer kemudian pilih Manage
3. Akan muncul Computer Managegement, pilih Storage dan kemudian Disk Management

4. Kemudian Pilih nama hardisk eksternal yang akan dipartisi. Jangan sampai salah pilih hardisk, pastikan bahwa itu benar-benar hardisk eksternal.

5. Klik kanan pada hardisk yang akan dipartisi. Kemudian pilih Shrink Volume. Pilih volume hardisk yang akan dipartisi, satuan besaran yang digunakan adalah MB.

6. Apabila hardisk eksternal sudah berisi maka tips nya adalah : Contoh saja, Sobat Santri Drajat memiliki hardisk dengan ukuran 1 Tera, dan sudah terisi, 10% maka partisi hardisk menjadi 3 bagian, maka data tidak akan terhapus. Jika sudah terisi 50% maka cukup partisi menjadi 2 bagian saja, setelah terbagi menjadi 2 bagian baru kemudian partisi hardisk yang kosong tersebut dipartisi lagi.

Semoga penjelasan diatas cukup jelas, dan semoga artikel Cara Partisi Hardisk Eksternal Tanpa Kehilangan Data ini bermanfaat.

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *