Home » Hardware » Cara Mudah Format Hardisk atau Flasdisk Dengan Cepat

Cara Mudah Format Hardisk atau Flasdisk Dengan Cepat

Cara Mudah Format Hardisk atau Flasdisk Dengan Cepat – Melakukan format atau menghapus data dalam sebuah hardisk atau flasdisk kadang kala dibutuhkan. Formating atau pengahapusan seluruh data dalam sebuah media penyimpanan diperlukan ketika mengalami hal yang tidak diinginkan, semisal terkena virus yang berbahaya.

Virus bisa membahayakan data dalam sebuah penyimpanan. Virus bisa saja menghapus data yang sudah tersimpan dengan rapi delam sebuah hardisk ataupun flasdisk. Jika hal ini tidak segera di antisipasi maka virus tersebut bisa menyebar. Menyebar dan melakukan hal yang tidak diinginkan pengguna.

Hal ringan yang bisa dilakukan oleh virus adalah menyamarkan atau menyembunyikan data dalam sebuah hardisk atau flasdisk. Hal ini pernah terjadi beberapa tahun yang lalu. Atau juga bisa membuat semacam folder berupa gambar tertentu dan hal ini sangat berbahaya. Komputer bisa hang atau not responding ketika mengklik gambar ini.

Sebelum menyebar keman-mana sebaiknya flasdisk atau hardisk yang terkena virus di format atau dihapus secara total. Dan harus merelakan data-data atau file yang ada di dalam flasdisk atau hardisk tersebut. Mungkin saja di flasdisk atau hardisk tersebut juga berisi kenangan mantan, 😀 lupakan dan relakan dan move on 😀 Hahaha

Baca juga :

Hardisk atau Flasdisk yang sudah diformat datanya bisa dikembalikan asalnya flasdisk atau hardisk tersebut tidak di isi file lagi. Mungkin ke depan akan ditulis bagaimana cara mengembalikan data yang hilang di flasdisk atau hardisk. Sekarang kita bahas bagaimana cara mudah format hardisk atau flasdisk dengan cepat.

Cara Mudah Format Hardisk atau Flasdisk Dengan Cepat

1. Buka File Explorer
2. Kemudian klik kanan pada This PC atau My Computer

3. Kemudian pilih Manage

Cara Mudah Format Hardisk atau Flasdisk Dengan Cepat

4. Akan muncul tampilan baru kemudian pilih bagian Disk Management di bagian Storage

Cara Mudah Format Hardisk atau Flasdisk Dengan Cepat

5. Klik kanan pada bagian hardisk atau flasdisk yang ingin di format dan kemudian pilih Format .

Note : Sebelum terlambat perhatikan betul-betul partisi hardisk atau flasdisk yang ingin di format. Jangan sampai salah pilih. Karena proses format ini akan menghapus seluruh isi partisi hardisk atau flasdisk.

6. Akan muncul perintah untuk memberi nama local disk atau flasdisk yang akan di format. Silakan isi sesuai keinginan

Cara Mudah Format Hardisk atau Flasdisk Dengan Cepat

7. Akan muncul peringatan bahwa sobat santri drajat akan mengetahui resiko setelah melakukan format. Kemudian tekan OK


8. Biarkan proses format berlangsung. Tidak akan lama proses ini.
9. Done

Cara Mudah Format Hardisk atau Flasdisk Dengan Cepat
Format sudah selesai dan flasdisk atau hardisk sudah bisa digunakan seperti biasa. Perbedaan dengan format biasa dengan cara di atas adalah lebih efisien dan berjalan lancar dan juga kemudahannya. Hal ini terkait virus yang sudah menempel di hardisk atau flasdisk. Kadangkala flasdisk atau hardisk tertentu yang sudah terkena virus maka tidak akan bisa melakukan format. Sekian dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *