Home - Word - Cara Mudah dan Praktis Membuat Cover Makalah

Cara Mudah dan Praktis Membuat Cover Makalah

Cara Mudah dan Praktis Membuat Cover Makalah – Makalah merupakan salah satu karya yang biasanya di buat mahasiswa atau pun siswa atau yang lainnya. Makalah ini terdiri dari beberapa bagian, bagian depan, bagian tengah atau inti dan bagian akhir. Penyusunan sebuah makalah biasanya tergantung dari pengajar (dosen atau guru) atau juga bisa kampus satu dengan kampus lainnya tidak sama.
Baca Juga : Cara membuat kop surat yang baik dan benar

Dalam pembuatan makalah kita akan membutuhkan sebuah cover makalah. Cover makalah merupakan sebuah halaman awal dari sebuah makalah dan di letakkan di bagian depan. Cover makalah pun beragam jenisnya. Ada yang di tentukan dari pengajar atau tempat belajar dan ada juga yang desain covernya umum atau banyak digunakan di seperti halnya kampus atau pengajar lainnya.

Agar mempermudah membuat cover makalah kita bisa memanfaatkan desain cover makalah default dari microsft word. Ada sekitar 18 jenis model cover makalah yang di sediakan oleh pihak microsoft ini. Dengan menggunakan desain ini kita akan dipermudah membuat cover makalah.

Cara Mudah dan Praktis Membuat Cover Makalah

Untuk membuat desain cover makalah buka microsoft word Anda.
– Pilih menu insert
Cover page
– Kemudian pilih desain yang Anda inginkan
– selanjutnya tinggal edit kata-kata default atau bawaan dengan kata-kata yang Anda perlukan
cara mudah dan praktis membuat cover makalahMemang mudah kalau menggunakan desain default seperti di atas, tetapi kalau saya sendiri jarang menggunakannya kalau dimintai bantuan membuat makalah atau cover makalah, karena terkadang tidak umum di gunakan di kampus di Indonesia. Karena desainya kurang pas akhirnya saya membuat desain seperti di gambar di bawah ini. Kalau mau meniru silakan saja.
Di gambar di bawah ini susunannnya kurang lebih seperti :

cara mudah dan praktis membuat cover makalah

  • Judul makalah
  • Nama mata kuliah / mata pelajaran
  • nama dosen / guru
  • Logo Sekolah/Kampus/Instutusi
  • Nama penyusun
  • Nama Jurusan dan jurusan
  • Nama Kampus/Sekolah
  • Alamat Kampus/Sekolah
  • Tahun pembuatan makalah atau bisa di tambahkan bulan pembuatan juga

Itulah isi dari cover makalah yang saya gunakan, mungkin ada berbeda dengan yang biasanya Anda buat, karena seperti yang katakan di atas, tempat/kampus/sekolah dan pengajar berbeda maka bisa juga covernya yang diminta berbeda. Agar pembuatan makalah tidak terpisah, tidak cover sendiri, isi sendiri, bagian penutup sendiri atau semua file ada di satu file yang sama maka gunakan pembatasan halaman di microsoft word.
Untuk masalah ukuran font sesuai saja ukurannya saja, serapi mungkin, atau bisa mencontoh ukuran gambar di atas agar lebih terlihat bagus. Dan untuk jenis font gunakan font formal seperti Times New Roman atau Arial. Adapun jenis kertas yang pas untuk makalah adalah A4 dengan ukuran batas kertas 3cm untuk sebelah kiri (untuk di jilid) dan lainnya(atas, bawah, kanan) bisa 2,5 cm atau Anda bisa melakukan pengaturan batas kertas sendiri sesuai selera.Demikian cara mudah dan praktis membuat cover makalah dan semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Cara Mudah dan Praktis Membuat Cover Makalah ini ya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *