Home » Blog » Cara Merubah HTTP menjadi HTTPS di Blogspot

Cara Merubah HTTP menjadi HTTPS di Blogspot

Cara Merubah HTTP menjadi HTTPS di Blogspot – Beberapa waktu yang lalu di blog Santri Drajat ini pernah kita bahas mengenai HTTP dan HTTPS. Kedua protokol ini jelaslah berbeda. Dan perlu diketahui protokol https lebih disukai mesin pencari (google, bing, dan lainnya) daripada http.

Alasan https lebih disukai adalah karena jalur ini dianggap lebih aman untuk penggunanya. Coba kita lihat website besar seperti lazada, portal berita detik, kumparan dan lainnya. Semua website tersebut menggunakan protokol https.

Jika sudah menggunakan domain sendiri misalnya santridrajat.com ini maka untuk mendapatkan protokol biasanya gratis karena sudah disediakan oleh penyedia layanan hosting yang digunakan. Tetapi ada juga penyedia layanan hosting yang tidak memberikan https secara gratis, alias berbayar. Jadi butuh dana lebih untuk menggunakan https.

Lalu bagaimana dengan blogger yang disediakan Google ? Karena Google yang menyediakan blogger.com dan juga mendukung https maka disediakan opsi atau pilihan untuk pengguna yang ingin menggunakan https. Cara merubah http menjadi https di blogspot seperti di bawah ini.

Baca juga :

Cara Merubah HTTP menjadi HTTPS di Blogspot

  1. Silakan login akun blogger
  2. Pilih menu Setelan
  3. Scroll dan pilih menu Setelah HTTPS,
  4. Rubah setting Ketersediaan HTTPS dari Tidak menjadi Ya

5. Kemudian simpan

Silakan cek domain blogspot sobat. Jika berhasil otomatis akan menjadi https://namabloganda.blogspot.com

Perlu digaris bahwa di pengaturan ini bahwa situs yang 100% https tidak akan muncul tanda peringatan (tanda seru) di https nya. Jika muncul peringatan atau tanda seru (!) maka kemungkinan besar TEMA yang sobat gunakan tidak support https. Karena itulah pilih tema blog yang support https. Mengapa ada tema blog yang tidak support https ? Adakalanya seorang developer atau yang membuat tema meletakkan scriptnya di situs yang masih menggunakan http, bukan https.

Mudah saja merubah http ke https ini. Namun sebelumnya siapkan tema yang benar-benar support https. Banyak sekali tema blogger yang sudah support https yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *