Home » Software » Cara Merekam Layar Komputer dan Laptop Menjadi Video

Cara Merekam Layar Komputer dan Laptop Menjadi Video

Cara Merekam Layar Komputer dan Laptop Menjadi Video – Salah satu cara membagi ilmu yang kita miliki adalah dengan cara membuat tutorial tertentu. Tentunya tutorial yang bermanfaat untuk orang lain. Ada banyak cara membagi ilmu, misalnya saja dengan menjadi pengajar. Di zaman sekarang yang mana serba canggih seorang pengajar tidak harus bertatap muka dengan yang di ajar.

Dengan perkembangan teknologi seperi zaman sekarang ini proses belajar mengajar bisa memanfaatkan teknologi. Salah satunya apabila kita membuat tutorial. Misalnya saja tutorial dengan merekam layar komputer atau laptop. Dengan begitu orang yang belajar lebih mudah paham karena panduan atau tutorialnya jelas.

Baca juga : Cara Membuat dan Merubah Slide Power Point Menjadi Video

Di bawah ini kami sajikan cara merekam layar komputer atau laptop menjadi video. Tutorial merekam layar ini mudah dilakukan, karena hanya membutuhkan software yang cukup kecil. Oke, langsung saja simak cara merekam layar komputer dan laptop menjadi video di bawah ini.

Cara Merekam Layar Komputer dan Laptop Menjadi Video

1. Silakan Download Software perekam layar yakni Free Screen Recorder

2. Jika selesai download silakan install seperti biasa

3. Jalankan programnya dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Cara Merekam Layar Komputer dan Laptop Menjadi Video

4. Sebelum merekam sebaiknya kita pahami dulu pengaturan dari aplikasi ini agar hasilnya maksimal dan sesuai dengan yang kita harapkan.

5. Silakan klik tombol Gear dan akan muncul General Option

Cara Merekam Layar Komputer dan Laptop Menjadi Video

Bagian Region yakni bagian yang memberikan pengaturan perekaman layar Normal untuk ukuran kecil, Fixed Region untuk ukuran layar manual yang sobat tentukan, dan full screen untuk merekam seluruh aktifitas layar. Pilih yang mana terserah sobat. Sesuaikan dengan kebutuhan sobat.

6. Untuk pengaturan di bawahnya yakni OPTION pada point minimize program on start recording adalah pilihan untuk minimize program ketika memulai perekaman. Pada pilihan Play AVI file after recording adalah pilihan dimana setelah merekam maka otomatis hasil dari rekaman akan di putar secara otomatis.

7. Klik OK jika selesai mengaturnya.

8. Untuk memulai rekaman klik tombol lingkaran berwarna merah

Cara Merekam Layar Komputer dan Laptop Menjadi Video

9. Dan untuk mengakhiri klik warna biru. Setalah itu akan muncul jendela penyimpanan dimana sobat santri drajat bisa menyimpan hasil rekaman tersebut.

Baca juga : Cara Download Banyak Video di Youtube

Software yang kita gunakan untuk merekam layar ini sifatnya freeware jadi tanpa lisensi. Tak usah pusing masalah crack dan sebagainya karena bebas digunakan oleh siapapun. Nah itulah Cara Merekam Layar Komputer dan Laptop Menjadi Video. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel tutorial Cara Merekam Layar Komputer dan Laptop Menjadi Video ini.

Bagikan Artikel Kami

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *