Cara Menurunkan SPAM SCORE di Blog atau Website

Cara Menurunkan SPAM SCORE di Blog atau Website – Untuk menurunkan Spam Score blog atau Website dapat menggunakan cara ini. Cara mudah dan simple, cocok untuk pemula ataupun profesional.

Cara Menurunkan SPAM SCORE di Blog atau Website

Cara Menurunkan SPAM SCORE di Blog atau Website

Pengertian SPAM SCORE

Bagi yang masih pemula atau awam mungkin bingung atau belum tahu arti dari spam score ini. Sebenarnya apa itu SPAM SCORE? Spam score blog adalah ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa besar kemungkinan sebuah blog atau situs web dianggap sebagai spam oleh mesin pencari atau algoritma anti-spam lainnya. Spam score blog biasanya didasarkan pada beberapa faktor, termasuk kualitas konten, tingkat tautan balik yang meragukan, penggunaan kata kunci berlebihan, dan sebagainya.

Spam score blog adalah indikator penting dalam optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization), karena mesin pencari seperti Google cenderung mengurangi peringkat situs web yang dianggap spam atau tidak bermutu. Oleh karena itu, penting bagi pemilik blog atau situs web untuk memperhatikan spam score mereka dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki kualitas situs mereka.

Baca juga :  Cara Mengetes SEO dan Kecepatan Situs

Nilai SPAM SCORE

Nilai spam di mulai dari 1 sampai dengan 100. Berbeda dengan penilaian sekolah. Jika di sekolah Semakin besar nilainya tentu Semakin bagus. Tetapi spam score sebaliknya. Semakin besar nilainya makan semakin buruk. Blog dengan nilai spam score di bawah 10 lebih bagus daripada blog dengan nilai spam score 60. Paham kan?

Baca juga :  Mengapa Blog Santri Drajat Membahas Teknologi ?

Penyebab Spam Score

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tingginya spam score di blog, antara lain:

1. Tautan balik meragukan atau backlink: Jika blog memiliki banyak tautan balik yang meragukan atau tidak bermutu, seperti tautan dari situs yang dianggap spam atau situs yang telah dihentikan, maka ini dapat meningkatkan spam score. Pastikan untuk hanya memperoleh tautan balik dari situs yang terpercaya dan relevan.

2. Konten duplikat atau plagiat: Jika blog memiliki banyak konten yang sama dengan blog atau situs web lain, maka hal ini dapat meningkatkan spam score. Mesin pencari menghargai konten yang unik dan berkualitas, jadi sebaiknya hindari menyalin konten dari sumber lain.

3. Penggunaan kata kunci berlebihan: Penggunaan kata kunci berlebihan atau “keyword stuffing” adalah praktik yang tidak disukai oleh mesin pencari dan dapat meningkatkan spam score. Sebaiknya gunakan kata kunci dengan bijak dan alami dalam konten blog.

4. Konten yang tidak relevan: Jika konten blog tidak relevan dengan topik, maka ini dapat meningkatkan spam score. Pastikan untuk fokus pada topik, dan hindari menghasilkan konten yang tidak berkaitan.

5. Penggunaan teknik manipulatif lainnya: Ada beberapa teknik manipulatif lainnya yang dapat meningkatkan spam score, seperti menempatkan tautan terlalu banyak dalam konten, membeli tautan balik atau pengikut palsu, dan sebagainya. Sebaiknya hindari praktik-praktik seperti ini dan fokus pada menghasilkan konten berkualitas tinggi dan alami.

Baca juga :  Ciri Email SPAM, Scam dan Phising

Cara Mengatasi Spam Score

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi spam score di blog:

1. Audit konten: Periksa semua konten di blog dan hapus atau perbarui konten yang tidak relevan atau tidak berkualitas. Pastikan untuk memeriksa konten duplikat atau plagiat dan hapus atau ubah konten yang sama dengan yang ada di blog atau situs web lain.

2. Hindari tautan balik meragukan: Hapus atau gunakan metode nofollow pada tautan balik yang meragukan atau tidak relevan. Perbarui tautan yang rusak atau mati dengan tautan yang relevan dan terpercaya.

3. Gunakan kata kunci dengan bijak: Hindari penggunaan kata kunci berlebihan atau “keyword stuffing”. Gunakan kata kunci secara alami dan hanya pada tempat yang relevan dan penting dalam konten.

4. Fokus pada konten berkualitas tinggi: Buat konten berkualitas tinggi dan relevan dengan topik atau nisannya. Gunakan gambar dan video yang menarik dan relevan dengan konten. Pastikan untuk menghasilkan konten yang lebih baik daripada pesaing.

5. Perbaiki masalah teknis: Periksa apakah ada masalah teknis pada blog yang dapat menyebabkan tingginya spam score, seperti kecepatan loading yang lambat, tag yang salah, atau kode yang tidak valid. Perbaiki masalah teknis ini untuk meningkatkan kinerja blog dan menurunkan spam score.

6. Gunakan alat untuk memeriksa spam score: Gunakan alat seperti Moz Spam Score atau Semrush Backlink Audit untuk memeriksa spam score dan menemukan masalah yang mungkin terlewatkan.

Dalam pengelolaan blog, penting untuk menghindari praktik manipulatif dan fokus pada menghasilkan konten berkualitas tinggi yang alami dan relevan dengan topik atau nisannya. Dengan demikian, spam score dapat ditekan dan blog dapat meningkatkan peringkat dan kredibilitasnya di mata mesin pencari.

Baca juga :  Penyebab Website atau Blog Menjadi Lemot

Blog Santri Drajat saat ini sedang kena SPAM SCORE yang tinggi. Setelah saya cari penyebabnya adalah banyaknya backlink dari blog yang spam score sangat berbahaya. Saya sendiri beberapa waktu yang lalu kurang mengurus blog.

Tetapi Alhamdulillah saat ini sudah mulai diperbaiki. Semoga bisa tetap mengisi artikel-artikel secara rutin.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *