Home » Word » Cara Menulis Rumus Khusus Matematika Fisika di MS Word

Cara Menulis Rumus Khusus Matematika Fisika di MS Word

Cara Menulis Rumus Khusus Matematika Fisika di MS WordMicrosoft Word memang menyediakan fitur yang mana user atau pengguna bisa menulis karakter unik atau khusus seperti menulis rumus matematika dan fisika.

Walaupun matematika dan fisika tergolong mata pelajaran yang kurang disenangi namun tidak ada salah jika kita belajar bagaimana cara menulis rumus khusus dan unik matematika dan fisika di MS Word ini.

Baca juga : Mengapa PIN BBM kita terkadang berubah ?

Untuk tutorial menulis rumus di ms word ini saya harapkan sobat bersabar menulisnya. Karena saya sendiri pun kalau menulis rumus di word itu lebih lama daripada mengetik kata atau kalimat biasa.

Dan jika kita minta bantuan tukang ketik maka harganya bisa berkali-kali lipat. Misalnya saja jika mengetik biasanya perlembar harganya sekitar 1500 tetapi kalau full rumus biasanya 2 atau 3 lipat. Harga ini karena kerumitan menulis rumus. Tinggal ngetik kok rumit sih  ? Coba saja menulis rumus seperti bawah ini.

Cara Menulis Rumus Khusus Matematika Fisika di MS Word

1. Pada tutorial Cara Menulis Rumus Khusus Matematika Fisika di MS Word kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2007. Jika sobat menggunakan versi 2010 atau di atasnya tidak masalah.

2. Misalkan kita akan membuat rumus fisika seperti di bawah ini. Jangan tanya ini rumus apa 😀 ini hanya contoh saja.

Cara Menulis Rumus Khusus Matematika Fisika di MS Word

3. Silakan pilih menu Insert – Equation di bagian paling kanan

4. Setelah di klik akan muncul di lembar kerja “type equation here” dan silakan arahkan kursor kesana. Dan muncul menu Equation Tool (Desain)

5. Silakan pilih jenis karakter yang dibutuhkan. Ada banyak sekali simbol dan jenis rumus. Apabila tidak tampil silakan klik anak panah ke bawah

Cara Menulis Rumus Khusus Matematika Fisika di MS Word

6. Gambar yang dilingkari di atas berarti di sana masih banyak karakter atau simbol unik yang dibutuhkan untuk membuat sebuah rumus.

7. Pada tutorial kali ini saya tidak menjelaskan secara detail cara membuat rumus. Namun saya harapkan para pembaca bisa mengembangkan dari yang sudah dijelaskan.

8. Agar benar-benar rapi dan benar maka sebaiknya perhatikan menu “Equation Tool (Desain)” di bagian atas. Jika tidak muncul menu ini berarti sobat menulis bukan rumus atau karakter unik alias menulis karakter biasa.

9. Perlu diketahui untuk menulis rumus bertingkat maka akan sedikit rumit. Misalnya saja saja seperti gambar di bawah ini. Jadi di dalam sebuah karakter rumus masih bisa dimasukkan rumus.

Cara Menulis Rumus Khusus Matematika Fisika di MS Word

10. Dan menyimpan file yang berisi rumus seperti ini maka sebaiknya jangan di simpan dalam bentuk document 2003 (DOC). Karena rumus yang telah dibuat akan berubah menjadi image atau gambar yang suli untuk diedit jadi sebaiknya simpan dengan format DOCX (word 2007 ke atas).

Memang agak rumit mengetik rumus, namun apabila sudah terbiasa maka akan paham dengan sendirinya. Dan juga untuk mengetik rumus ini butuh kesabaran karena kita harus menulis satu persatu karakternya. Karena rumit inilah jika seseorang mengetikkannya di tukang ketik atau rental komputer maka harga bisa berkali-kali lipat. Jadi harap maklum kalau mahal. Hehehe

Baca juga : Cara Mengatur Halaman Atau Page Layout di Microsoft Excel

Kiranya sekian dulu tentang Cara Menulis Rumus Khusus Matematika Fisika di MS Word. Apabila sobat masih kesulitan silakan di tanyakan di kolom komentar ya. Jangan lupa share artikel Cara Menulis Rumus Khusus Matematika Fisika di MS Word ini.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *