Home - Tips Windows - Cara Menonaktifkan Windows Defender

Cara Menonaktifkan Windows Defender

Cara Menonaktifkan Windows Defender – Windows Defender merupakan antivirus bawaan Windows yang handal. Dari segi nama harusnya kita tahu bahwa software ini merupakan dari perusahaan Microsoft. Ya memang demikian. Saya katakan handal ya memang demikian. Saya sendiri sampai sekarang di Windows 10 ini tidak menggunakan antivirus apapun selain Windows Defender ini. Jika di Windows 7 ada MSE (Microsoft Security Essential) maka di Windows 8 dan Windows 10 ada Windows Defender.

Baca juga :

Semua antivirus memang dibuat sensifitif. Artinya ketika ada aktifitas yang mencurigakan maka otomatis antivirus akan memblokir aktifitas tersebut. Hal ini tujuannya adalah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya pencurian data. Ada virus yang dibuat tujuannya demikian. Ada yang mengunci data, menduplikasi data (cloning), merusakan sistem dan lainnya.

Namun tidak terus menerus antivirus harus dikatififkan. Kadang kala kita harus menonaktifkan antivirus pada waktu tertentu. Hal ini memang sedikit berbahaya. Tapi tidak masalah asalkan kita bisa mengaktifkan kembali Windows Defender ini. Menonaktifkan antivirus biasanya ketika menginstal software atau aplikasi yang mana ketika proses instalasi membutuhkan aktses lebih, akses ke dalam sistem operasi yang dianggap berbahaya oleh antivirus. Di bawah ini adalah acara menonaktifkan windows defender berikut caranya :

Cara Menonaktifkan Windows Defender

1. Pertama, buka pengaturan Windows
2. Buka pada sub menu Update And Security

Cara Menonaktifkan Windows Defender

3. Kemudian Tab Menu samping Windows Security
4. Pilih Virus & Threat protection
Cara Menonaktifkan Windows Defender

5. Akan muncul menu pop up baru dan klik Virus & Threat protection settings

6. Pada Real-time protection gulirkan sehingga menjadi off, jika benar maka akan tampil seperti di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Windows Defender

7. DONE

Baca juga :

Untuk mengaktifkan kembali Windows Defender cara mudah, cukup gulir kembali tombol off menjadi on di langkah 6 di atas.

Jika tidak mau pusing atau langkah cepat mencari menu Windows Defender ini maka cara mudahnya ada mengetik di kolom pencarian pengaturan. Ketik saja defender maka akan muncul pengaturan Windows Defender seperti di atas. Tentu lebih ringkas. Sekian dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *