Home - Tips Windows - Cara Menonaktifkan Notifikasi Windows 10 dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Notifikasi Windows 10 dengan Mudah

Santridrajat.com – Notifikasi Windows 10 dapat membantu Anda mendapatkan informasi penting, mulai dari menerima email baru hingga menyelesaikan pengunduhan. Namun, semua peringatan ini bisa mengganggu.

Untungnya, Windows 10 dapat dengan mudah menonaktifkan / mengaktifkan notifikasi dan menyesuaikan bagaimana notifikasi diterapkan.

Cara Menonaktifkan Notifikasi di Windows 10

Di bawah ini, kami menjelaskan cara mengubah setelan pemberitahuan Anda secara permanen. Jika Anda ingin mengubah atau membatasi sementara pemberitahuan yang Anda terima, gunakan Bantuan Fokus Windows.

  1. Buka menu pengaturan. Anda dapat melakukannya dengan memilihnya dari menu Start, atau mengetik “Settings” di bilah pencarian.
  2. Arahkan ke sistem. Ini harus menjadi opsi pertama di kiri atas.
  3. Pilih “Notifications & Actions” dari panel kiri.
  4. Jika Anda ingin menghentikan semua alarm, matikan “Notifications” di bawah baris “Dapatkan pemberitahuan dari aplikasi …”.
  5. Sesuaikan lebih banyak pengaturan pemberitahuan di layar ini. Pilih pemberitahuan mana yang akan ditampilkan di layar kunci-jika tersedia.
  6. Jika Anda belum sepenuhnya mematikan pemberitahuan untuk aplikasi individu, harap nonaktifkan mereka. Temukan aplikasi aplikasi yang notifikasinya ingin Anda nonaktifkan, dan setel tombol notifikasi ke “off.

Sembunyikan pemberitahuan untuk sementara

Jika Anda ingin menyembunyikan notifikasi tanpa mematikannya sepenuhnya, Anda selalu dapat menggunakan Focus Assist untuk membisukannya sementara.

  1. Buka “Action Center” dengan mengklik ikon “Notifications” di sisi kanan bilah tugas Windows (terlihat seperti kotak dialog kecil) atau menekan tombol Windows + A.
  2. Klik pada ikon bulan berlabel “Focus Assis“. Saat ikon aktif, ikon akan berubah menjadi biru (atau warna aksen desktop apa pun yang Anda pilih) dan beralih di antara mode yang berbeda. Pertama, Anda akan menerima peringatan “Priority Only“, dan mode kedua adalah peringatan “Alarms Only“. Ubah apa pun yang berlaku untuk proyek saat ini.
  3. Anda selanjutnya dapat menyesuaikan fungsi bantuan fokus dengan menyesuaikan fungsi bantuan otomatis di pengaturan Windows. Dengan cara ini, Anda dapat mengubah waktu dan prioritas dan tidak ingin mengaktifkan pemberitahuan pada waktu yang lebih spesifik atau bahkan saat bermain game. Anda dapat mengakses aturan ini dengan membuka aplikasi “Setting App“, memilih “System“, lalu memilih “Focus Assist.

Cara mematikan notifikasi di Windows 10 secara permanen

Jika Anda menerima lebih banyak pemberitahuan dari setiap aplikasi yang muncul saat menggunakan PC Windows, Anda dapat mematikannya.

  1. Untuk melakukan ini, klik Action Center Tindakan pada bilah tugas dan arahkan mouse Anda ke atas pemberitahuan yang ingin Anda tutup. Untuk mematikan semua pemberitahuan dan mematikan setiap pemberitahuan untuk semua aplikasi, klik “Clear All Notifications“.
  2. Terkadang, Anda mungkin ingin membungkam suara notifikasi secara permanen sehingga Anda dapat fokus pada apa yang Anda lakukan dan membuat segala sesuatunya tampak sunyi. Anda dapat pergi ke  Start > Settings > System untuk mematikan pemberitahuan secara permanen.
  3. KlikNotifications & Actions, lalu hapus centang setiap kotak dengan opsi untuk Allow Notifications to Play Sounds.

Notifikasi Anda tidak akan lagi ditampilkan. Jika Anda ingin mendapatkan suara notifikasi lagi, cukup kembali ke pengaturan yang sama dan centang lagi kotak centang untuk setiap notifikasi.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat mematikan notifikasi dan mengganti waktu yang diperlukan untuk setiap notifikasi tiba.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *