Home - Blog - Cara Menonaktifkan Gutenberg Di WordPress 5 Terbaru

Cara Menonaktifkan Gutenberg Di WordPress 5 Terbaru

Cara Menonaktifkan Gutenberg Di WordPress 5 Terbaru – WordPress merupakan CMS yang banyak dibicarakan beberapa waktu terakhir ini karena CMS yang satu ini melakukan update mayor atau besar-besaran yang mana berdampak pada para pengguna, termasuk saya.

Perubahan dari versi 4 ke 5 ini membuat para pengguna kebingunan. Bingung karena perubahan besar pada editor text. Editor Text di WordPress seperti halnya Microsoft Word atau Notepad. Yang mana fungsinya adalah tempat kita menulis atau mengatur tulisan dalam postingan.

Baca juga :

Cara Menonaktifkan Gutenberg Di WordPress 5 Terbaru

Apa Itu Gutenberg

Editor Text lama di WordPress 5 ini dihapus dan diganti dengan dengan Gutenberg. Gutenberg merupakan text editor yang berbasiskan blok atau drag and drop. Entah atas dasar apa para developer WordPress menggunakan Gutenberg ini.

Gutenberg kurang familiar karena para user wordpress lebih familiar dengan text editor lama yang berbasiskan WYSIWYG (What You See Is What You Get / Apa Yang Anda Lihat Adalah Apa Yang Anda Dapatkan) seperti editor text lama di wordpress 4.

Kalau pengalaman beberapa hari menggunakan Gutenberg pun saya masih kebingungan. Karena memang berbasiskan blok. Untuk menjadikan rata kanan kiri pun harus merubah ke HTML mode. Jadi ketika mau posting kita kesulitan, membuang waktu.

Mengaktifkan Editor Lama atau Classic Editor di WordPress

Bagi sobat pengguna wordpress tenang saja. Kita bisa menggunakan text editor lama di wordpress 5 ini. Tidak hanya sobat yang kesulitan. Banyak pengguna wordpress memberikan rating jelek ke Gutenberg ini. Coba cek gambar di bawah ini yang mana rating Gutenberg ini banyak mendapatkan bintang 1 😀

Cara Menonaktifkan Gutenberg Di WordPress 5 Terbaru

Solusi menghilangkan Gutenberg ini adalah menginstal Classic Editor

1. Silakan masuk pada pengaturan – tambah plugin (add plugin) – cari Clasic Editor

Cara Menonaktifkan Gutenberg Di WordPress 5 Terbaru

2. Kemudian setelah Instal dan aktifkan
3. Jika berhasil maka akan muncul pengaturan di bagian Pengaturan – Menulis(Writting) – akan muncul 2 pilihan untuk editor text nya

Cara Menonaktifkan Gutenberg Di WordPress 5 Terbaru

Baca juga :

Dengan hadirnya Clasic Editor atau Editor Lama di WordPress ini tentu akan sangat membantu pengguna WordPress. Karena seperti yang kita lihat di atas, banyak pengguna wordpress membertikan rating jelek ke Gutenberg karena memang pengguna kesulitan menggunakannya. Kalaupun sobat lebih suka Gutenberg yang mengedepankan Drag and Drop silakan saja pilih Gutenberg. Kalau saya sendiri lebih suka klasik, lebih nyaman dan tidak ribet. Sekian dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

2 comments

  1. Salman | Bisablog.com

    Harus diakui perubahan dari classic editor ke Gutenberg memang drastis bgt. Sistem teks editor berbasis blok gini mungkin cuma familiar sama user yang pernah pake page builder macam Elementor. Jadi sya kira wajar banyak yang protes karena Gutenberg dipaksakan di WordPress 5.0. Salah satu solusinya memang pasang classic editor dulu. Tapi sy kira pengguna WP ttp harus belajar gutenberg supaya lbh familiar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *