Cara Menonaktifkan Antivirus Avast di Windows 10

Cara Menonaktifkan Antivirus Avast di Windows 10 – Setiap solusi antivirus terkadang membuat kesalahan, tidak terkecuali Avast. Bahkan dengan heuristik modern dan teknologi antivirus canggih, kesalahan positif masih mungkin terjadi, menyebabkan Avast memblokir situs web atau file yang dapat dieksekusi.

Untungnya, jika perangkat lunak antivirus (termasuk Avast) salah menandai file sebagai berbahaya, Anda dapat dengan mudah menonaktifkannya.

 Cara Menonaktifkan Antivirus Avast di Windows 10

Cara Menonaktifkan Antivirus Avast

Menonaktifkan Avast sama sekali adalah langkah yang sangat radikal. Jika Anda menonaktifkan perisai Avast individual, Anda dapat mempertahankan beberapa perlindungan. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan dua metode ini sehingga Anda dapat memilih metode yang sesuai dengan situasi Anda.

Baca juga :  Cara Membuat Bootable Windows di USB Flasdisk

3 Langkah Cara menonaktifkan Antivirus Avast Sementara

Menonaktifkan Avast sama sekali berarti Anda tidak akan terlindungi, sama seperti tidak ada perangkat lunak antivirus sama sekali. Jika Anda mengalami kesulitan membuka file tertentu (Anda yakin itu bukan malware), tidak apa-apa, tetapi Anda harus menggunakannya dengan hati-hati untuk saat ini. Berikut ini cara menangguhkan perangkat lunak antivirus Avast:

Langkah 1: Klik kanan ikon bilah tugas Windows

Cari logo Avast di sudut kanan bawah layar (disebut area notifikasi bilah tugas). Mungkin tersembunyi di menu luapan, jadi jika Anda tidak dapat menemukannya di tempat lain, silakan periksa di sana.

Setelah mengklik kanan ikon Avast, navigasikan ke “Avast shields control” dan pilih kapan Anda ingin menonaktifkan Avast.

Langkah 2: Terima peringatan

Setelah mencoba menonaktifkan semua Avast Shields, Avast akan mengonfirmasi bahwa Anda melakukannya dengan sengaja. Terkadang, malware akan secara otomatis menonaktifkan perangkat lunak antivirus untuk menembus lebih dalam ke sistem Anda. Avast ingin memverifikasi apakah Anda benar-benar berniat untuk mencegah serangan tersebut.

Langkah 3: Coba lagi operasi yang diblokir

Sekarang Anda telah sepenuhnya menonaktifkan perlindungan Avast, coba lagi apa yang awalnya diblokir oleh Avast. Baik itu membuka program atau mengunjungi situs web, Avast tidak akan lagi menghalangi Anda. Jika Anda memilih untuk menonaktifkan Avast selama jangka waktu tertentu, Avast akan otomatis diaktifkan kembali setelah jangka waktu tersebut berakhir.

Baca juga :  Cara Reset Windows 10 Dengan Mudah

Cara menonaktifkan Antivirus Avast Shield

Menutup setiap perisai Avast biasanya berlebihan. Jika Anda hanya ingin membuka situs web atau lampiran email yang diblokir, lebih baik menonaktifkan pemblokiran khusus daripada menutup seluruh program.

Langkah 1: Buka antarmuka pengguna Avast

Untuk melakukan ini, Anda dapat mengetik “Avast” di menu Mulai Windows atau klik ikon area notifikasi Avast. Anda akan melihat jendela Avast muncul.

Langkah 2: Temukan Perlindungan> Perisai Inti

Di antarmuka Avast, klik “Perlindungan” di sisi kiri jendela. Arahkan ke “Core Shield” dan tentukan perisai yang akan dinonaktifkan.

Langkah 3: Nonaktifkan perisai yang sesuai dan coba lagi operasinya

Temukan perisai yang ingin Anda nonaktifkan, dan klik sakelar untuk mematikannya. Jika Anda perlu mengakses situs web, harap matikan “Perisai Web”. Jika ada file yang perlu dibuka, silahkan tutup “File Shield”.

Apa pun perisai yang Anda pilih untuk dinonaktifkan, Anda harus memilih kapan akan menonaktifkannya. Pilih waktu tersingkat yang memungkinkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda sehingga Anda tidak akan terlindungi untuk waktu yang lama.

Setelah menonaktifkan pemblokiran yang benar, coba buka file atau kunjungi situs web lagi.

Baca juga :  Perbedaan Format FAT32, NTFS dan exFAT

Kesimpulan

Meskipun perangkat lunak antivirus tidak salah memberi label situs web dan file sebagai malware sesering di masa lalu, kesalahan positif masih sering terjadi. Untungnya, Avast dapat dengan mudah dinonaktifkan hanya dengan beberapa klik. Anda dapat menonaktifkan setiap komponennya atau hanya satu pelindung untuk mengontrol keamanan dan kenyamanan Anda.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *