Home » Blog » Cara Meningkatkan Kecepatan Situs Website atau Blog

Cara Meningkatkan Kecepatan Situs Website atau Blog

Cara Meningkatkan Kecepatan Situs Website atau Blog – Kecepatan sebuah blog merupakan salah satu faktor agar blog kita mudah ditemukan pengunjung. Bahkan menurut pakar SEO blog atau website yang berat untuk diakses maka akan membuat pengunjung enggan untuk datang. Kalau menurut saya memang benar demikian.

Coba dipikir, tujuan kita membuka suatu blog atau website tentunya adalah memperoleh suatu informasi. Informasi baik berupa artikel, tutorial, download dan lain sebagainya. Lah kalau website saja sulit dibuka karena loading lama. Maka kita akan segera menutup blog atau website tersebut dan perbindah mencari blog lain yang lebih cepat loadingnya.

Baca juga : Tips Membuat Blog Untuk Orang Awam

Di bawah ini akan saya share bagaimana cara meningkatkan kecepatan blog. Namun tutorial ini khusus blog atau website yang menggunakan word press loh ya. Lebih tepatnya word press Self Host atau word press yang mana menggunakan hosting sendiri/membeli hosting . Jadi bagi pengguna blogspot, detik dan lain sebagainya tutorial ini tidak terlalu penting. Namun silakan lanjutkan baca, siapa tahu kapan-kapan sobat bisa memiliki blog yang menggunakan word press. Langsung saja simak artikel tentang Cara Meningkatkan Kecepatan Situs Website atau Blog

Cara Meningkatkan Kecepatan Situs Website atau Blog

Cara Meningkatkan Kecepatan Situs Website atau Blog

Hapus Plugin Yang Tidak Perlu

Plugin memang sangat banyak sekali di wordpress. Namun jangan terlalu banyak menginstal plugin. Cukup instal plugin yang sekiranya benar-benar dibutuhkan. Dan jika memang sudah tidak digunakan sebaiknya di uninstal atau dilepas. Karena saya pernah mengalami hal ini. Plugin yang sudah tidak terpakai tetap saja biarkan disable tanpa uninstal akibatnya blog agak lemot. Akhirnya saya lepas plugin tersebut. Akhirnya ada bedanya. Lebih ringan dan cepat loading.

Kurangi Size atau Ukuran Gambar

Untuk membuat artikel yang SEO biasanya penggunaan gambar memang tidak boleh ditinggalkan. Dengan adanya gambar ini juga akan memperjelas isi dari artikel. Atau juga dapat mempercantik penampilan artikel lah istilahnya. Di wordpress sudah disediakan plugin yang mampu mengkompres image atau gambar yang akan dimuat diartikel. Namun hal itu belum sempurna. Biasanya saya menggunakan Photoshop CS3 untuk kompres gambar menjadi lebih ringan dan cocok untuk website atau blog. Buka photoshop CS3 dan tekan bersamaan tombol ctrl+alt+shift+s dan akan muncul kotak dialog. Bagi yang berpengalaman silakan utak atik. Jika belum, setelah tekan bersamaan tombol ctrl+alt+shift+s pilih save.

Instal Plugin Caching

Cache merupakan bekas atau jejak. Di wordpress pun ada fitur cache ini. Kalau saya biasanya menggunnakan WP Super Cache. Kalau sobat mau meniru silakan saja. Dan juga WP Super Cache ini gratis. Pengaturannya simpel. Plugin ini akan membersihkan cache wordpress. Jadinya efeknya akan mempercepat loading blog sobat.

Gunakan CDN

CDN merupakan kepanjangan dari Content Delivery Network. CDN ini akan mengcopy database sobat ke lokasi tertentu. Misalnya saja, jika blog sobat diakses dari negara amerika maka CDN akan menggunakan server yang dekat lokasi tersebut. Dari kurang jelas, masalah CDN ini sudah saya jelaskan secara di artikel Apa Itu CDN serta fungsinya. Silakan baca ya.

Nah itulah Cara Meningkatkan Kecepatan Situs Website atau Blog. Sebenarnya banyak lagi tentang cara mempercepat loading blog. Semoga ke depan bisa menulis tentang cara mempercepat loading blogspot ya. Karena blogspot banyak juga pengguna. Cukup sekian tentang Cara Meningkatkan Kecepatan Situs Website atau Blog. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. Thanks ya San informasinya berguna buat pemula kaya aku ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *