Home - Tips Windows - Cara Mengoptimalkan RAM Komputer

Cara Mengoptimalkan RAM Komputer

Cara Mengoptimalkan RAM Komputer

Cara Mengoptimalkan RAM Komputer – RAM (Random Access Memory) merupakan hardware yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara ketika komputer sedang berjalan, bagi anda yang belum paham mengenai apa itu RAM dapat membaca RAM dan sejarah perkembangannya.

RAM mempunyai kemampuan yang terbatas, artinya jika melebihi kapasitas RAM maka komputer akan lambat (lemot), restart sendiri dan juga suhu RAM akan terasa panas. Jika sering seperti maka RAM akan cepat rusak bahkan bisa merembet ke hardware yang lainnnya. 

Baca juga : Cara Mudah Membuat Shortcut Shutdown dan Restart di Windows

Beberapa tips di bawah tentang cara mengoptimalkan RAM komputer yang mana dapat mengorganisir kinerja RAM agar RAM tersebut awet dan tidak cepat rusak.

Cara Mengoptimalkan RAM KomputerCara Mengoptimalkan RAM Komputer

 

1. Mengatur Aplikasi Saat Start Up

Ketika windows sedang menyala biasanya akan ada beberapa aplikasi yang diaktifkan pula ketika proses booting tersebut. Ada aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan adapula aplikasi yang hanya tidak begitu penting bahkan dapat memperberat kinerja komputer.

Dengan mengatur aplikasi yang aktif ketika booting maka akan dapat memperingan kinerja RAM komputer. Semakin banyak aplikasi yang aktif saat booting maka akan dapat memberatkan kinerja RAM. Untuk itu perlu kita atur apa saja yang aktif saat booting. Untuk tutorial mempercepat booting dan juga memilih aplikasi yang aktif ketika booting anda dapat baca tulisan saya sebelumnya mengenai ‘cara mempercepat booting dengan ccleaner

2. Pantau Kinerja dengan Menggunakan Task Manager

Task Manager Merupakan aplikasi bawaan windows yang dapat digunakan untuk memantau kinerja RAM. Untuk mengaktifkan kinerja RAM ini cukup mudah yakni dengan menekan tombol ctrl+alt+del secara bersamaan dan pilih task manager. Dengan cara seperti itu kita akan tahu aplikasi-aplikasi yang aktif dibelakang layar. Dan jika menemukan aplikasi yang aktif namun anda tidak mengenalnya sebaiknya berhati-hati, karena bisa saja aplikasi yang aktif tersebut adalah virus. Sebaiknya gunakan Antivirus yang benar-benar cocok, rekomendasi saya gunakan ‘Microsoft Security Essential’.

Baca Juga : Cara Mengatasi Task Manager Yang Tidak Bisa Di Buka

3. Hindari Menjalankan Aplikasi Yang Berat Secara Bersamaan

Software sebuah komputer terkadang banyak memakan RAM. Jika anda tahu aplikasi yang dapat memberatkan RAM maka sebaiknya aktifkan aplikasi tersebut satu persatu jika memiliki banyak aplikasi yang berat. Terkecuali jika memang komputer atau laptop anda memang memiliki spesifikasi yang cukup bagus untuk menjalankan berbagai aplikasi berat.

4. Uninstal Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Beberapa waktu lalu sebelum tulisan ini di buat pernah saya menginstal sebuah aplikasi yang memang ketika di jalankan berat, walau aplikasi tersebut tidak aktif di layar dekstop. Saya mengerti ketika saya menggunakan Task Manager  untuk memantau aplikasi yang sedang aktif yang ternyata aplikasi tersebut memakan banyak RAM dan akhirnya saya uninstal dan laptop berjalan normal kembali.

Jika memang tidak membutuhkan aplikasi tertentu sebaiknya uninstal saja. Karena tidak semua user (pengguna) tahu bahwa ada aplikasi yang memberatkan komputer.

5. Pilih Windows Yang Tepat

Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi yang banyak digunakan di dunia ini, termasuk di Indonesia. Ada berbagai macam windows : Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Versi saat yang baru keluar adalah windows 10. Lalu mana yang cocok untuk komputer Anda ?

Jawabannya tergantu spesifikasi komputer atau laptop anda. Kalau saya pribadi lebih suka menggunakan Windows XP atau Windows 7. Di antara semua windows kedua OS inilah yang paling bandel menurut saya. Mudah di operasikan, penggunaan RAM stabil dan tampilan yang sederhana.

Baca juga : Apakah Benar Instal Ulang Dapat Mempercepat Kinerja Komputer ?

Beberapa tips di atas tentang Cara Mengoptimalkan RAM Komputer ini semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel Cara Mengoptimalkan RAM Komputer ini ya. Amin. Terima Kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *