Home - Tips Windows - Cara Menghilangkan Windows Boot Manager di Windows 10

Cara Menghilangkan Windows Boot Manager di Windows 10

Cara Menghilangkan Windows Boot Manager di Windows 10 – Windows Boot Manager adalah perangkat lunak kecil yang berjalan selama proses boot sistem. Kode boot manager Anda dimuat dari awal partisi sistem aktif dan terkadang ditandai sebagai “cadangan sistem”, jadi Anda tidak akan menimpanya secara tidak sengaja dengan cat selfie.

Manajer boot dapat membantu Anda memulai penginstalan Windows. Manajer boot Windows itu sendiri bersifat universal dan tidak mengetahui persyaratan sistem operasi apa pun selama proses pemuatan sistem.

Cara Menghilangkan Windows Boot Manager di Windows 10

Cara Menghilangkan Windows Boot Manager

Jika hanya ada satu versi Windows, sistem akan boot ke versi itu tanpa menampilkan layar pemilihan manajer boot. Namun, setelah menginstal sistem operasi lain, proses ini akan berubah untuk memungkinkan Anda memilih sistem operasi yang akan digunakan.

Dual booting adalah cara terbaik untuk mencoba sistem operasi baru tanpa memengaruhi versi Windows tepercaya Anda. Anda dapat menggunakan manajer boot internal untuk memilih di antara versi sistem operasi.

Baca juga :  Mengenal Private Browsing di Browser

Berikut adalah cara untuk menghapus opsi boot manager lama dari proses startup sistem di Windows 10.

1. Sembunyikan opsi

opsi pertama tidak akan sepenuhnya menghapus entri, tetapi Anda dapat menggunakan menu startup Windows Advanced untuk menyembunyikan opsi startup lainnya.

  • Tekan tombol Windows + I untuk membuka panel “Pengaturan”.
  • Buka “Update & Security > Recovery” dan di bawah “Advanced startup“, pilih “Restart now.” (Cara lainnya, tahan tombol Shift saat memilih “Restart” di menu “Start“.) Harap dicatat bahwa ini akan memulai ulang sistem dengan segera, jadi pastikan untuk menekan tombol sebelum menyimpan dokumen penting.
  • Pilih “Use another operating system > Change defaults“. Di sini, Anda dapat mengatur layar pengatur waktu Boot Manager Windows dan memilih sistem operasi default. Memilih sistem operasi default tidak akan menghapus instalasi lain, tetapi akan mencegah Boot Manager muncul setiap kali sistem dimulai.
Baca juga :  Begini Cara Mengetahui Sandi Tersimpan di Google Chrome

Metode alternatif: gunakan MSConfig

Anda dapat menggunakan jendela “Konfigurasi Sistem Windows” untuk mendapatkan hasil yang serupa.

  • Ketik msconfig di bilah pencarian menu “Start” dan pilih “Best Match“.
  • Buka tab startup.
  • Anda dapat mengatur sistem operasi default, layar waktu tunggu, dan opsi pengaktifan lainnya.

Selain itu, Anda dapat “menghapus” entri lama dari proses boot, tetapi ini tidak benar-benar menghapusnya dari sistem (namun, ini akan menghentikan layar pemilihan sistem operasi manajer boot).

Baca juga :  Pengertian Proxy dan Cara Kerjanya

2. Gunakan BCDEdit untuk menghapus opsi manajer boot

BCDEdit adalah alat pengeditan manajer boot bawaan. Satu kata peringatan: menghapus entri pengelola startup yang salah dapat menyebabkan hasil yang sangat membuat frustrasi. Harap periksa setiap suntingan dengan hati-hati sebelum menekan Enter.

  • Ketik cmd di bilah pencarian menu “Start“, klik kanan “Command Prompt“, dan pilih “Run as administrator”.
  • Setelah membuka jendela prompt perintah yang ditinggikan, ketik bcdedit / export c: \ bcdbackup dan tekan Enter untuk membuat cadangan pengaturan BCD Anda.
    Selanjutnya, ketik bcdedit / v untuk mencantumkan boot loader pada sistem saat ini.

Bagian Windows Boot Manager menjelaskan lokasi manajer boot dan pengenal lainnya. Bagian boot loader Windows menjelaskan pemuat boot Windows 10 dari sistem, pengenal unik, tempat menemukan winload.exe untuk melanjutkan proses boot (jika partisi diaktifkan untuk pemulihan), dan direktori root sistem.

Jika Anda memiliki beberapa penginstalan Windows, Anda dapat menemukan informasi bootloader di sana. Jenis sistem operasi muncul di sebelah deskripsi. Selain itu, pemuat OS yang lebih lama akan muncul dalam tanda kurung terpisah.

Salin pengenal (string alfanumerik panjang) dari program vektor yang ingin Anda hapus. Sekarang masukkan perintah bcdedit / delete {identifier} untuk mengganti pengenal dengan string alfanumerik Anda sendiri.

Periksa kembali apakah Anda memiliki entri yang benar dan tekan Enter untuk menghapus semua entri bootloader lainnya. Editor BCD terintegrasi adalah salah satu cara tercepat untuk menghapus opsi boot dari BIOS

Baca juga :  Memperbaiki dan Mengatasi Flasdisk Yang Minta Format

Kesimpulan

Windows Boot Manager sekarang menghapus entri yang tidak perlu. Atau, Anda telah menyederhanakan proses boot untuk mengabaikan penginstalan lain apa pun pada sistem, memungkinkan Anda untuk dengan bebas melakukan boot ke sistem operasi default.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *