Cara Menghemat Baterai Handphone Android 2022

Cara Menghemat Baterai Handphone Android 2022 – Agar HP Android tidak boros baterai maka ada beberapa trik yang harus dipraktekkan. Tanppa perlu menginstal aplikasi penghemat baterai cukup gunakan saja trik dan tips di bawah ini agar baterai HP milikmu menjadi awet.

Hal yang tidak menyenangkan ketika menggunakan HP adalah baterai yang cepat atau tidak bisa bertahan lama. Baterai merupakan hal penting dari sebuah handphone yang memang tidak boleh diabaikan keberadaannya.

Apabila berencana membeli handphone baru ada baiknya untuk memiliki kapasitas baterai yang besar. Dengan kapasitas baterai yang besar ini akan membuat handphone dapat digunakan sehari penuh atau bahkan lebih.

Baca juga :  Mengatasi Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan

Tetapi apabila sudah terlanjut memilih handphone dengan kapasitas biasa saja maka kamu dapat menggunakan trik dan tips di bawah ini. Tips dan trik untuk menghemat baterai HP ini akan membantu memaksimalkan kinerja baterai.

Cara Menghemat Baterai Handphone Android

Cara Menghemat Baterai Handphone Android 2022

  • Matikan GPS Apabila Tidak Perlu

    Boleh saja kita mengaktifkan GPS namun yang perlu di ingat adalah apabila mengaktifkan GPS akan membuat baterai HP menjadi boros. Mengapa demikian ? Apabila GPS aktif maka akan membuat HP kita bekerja lebih, karena HP akan diminta data posisinya ke satelit. Hal ini tentu saja membutuhkan tenaga lebih. Akibatnya baterai cepat HP.

Maka dari itu gunakan GPS seperlunya saja. Misalnya untuk Maps atau aplikasi lainnya. Apabila telah selesai menggunakan maka langsung saja di matikan GPS nya.

Baca juga :  Mengatasi HP Tidak Bisa Dibuat SMS
  • Pilih Sinyal Yang Stabil atau Gunakan Wifi

Sinyal yang lemah akan membuat handphone bekerja lebih keras. Hal ini karena HP akan berusaha mendapatkan sinyal. Kalau sinyalnya stabil tidak masalah, tapi bagaimana kalau sinyalnya tidak karuan ? Ya tentu saja, HP akan terkuras baterainya karena terus berusaha mendapatkan sinyal.

Apabila sedang berada di daerah yang sinyalnya kurang stabil ada baiknya matikan saja HPnya, atau bisa mode terbang. Hal ini akan membuat baterai lebih awet. Namun apabila ada WiFi maka gunakan saja wifi ini.

  • Aktifkan Dark Mode atau Mode Gelap

    Dark Mode atau Mode Gelap sudah bukan hal asing saat ini. Hampir semua perangkat memiliki menu mode gelap ini. Mulai HP, Laptop, PC, tablet, hampir semua ada mode gelap ini.

Mode gelap atau Dark Mode ingin sangat membantu meringankan beban HP. Karena dengan dark mode maka layar tidak perlu daya berlebihan. Dengan dark mode juga akan membuat mata lebih nyaman. Tidak terlalu silau.

  • Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Yang Tidak Perlu

Notifikasi tidak begitu penting juga dapat membuat baterai cepat terkuras. Karena dengan adanya notifikasi maka otomatis layar akan menyala apabila keadaan tidak aktif. Kalau notif penting tidak masalah. Kalau notifikasi tidak penting sebaiknya di nonaktifikan saja.

Baca juga :  Cara Download atau Menyimpan Foto dan Video Status Whatsapp
  • Live Wallpaper Tak Perlu Diaktifkan

Agar tidak bosan biasanya banyak orang mengaktifkan live wallpaper. Ya tentu saja live wallpaper lebih cantik daripada wallpaper biasa. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah wallpaper live ini akan membuat baterai cepat habis. Karena untuk menjalankan live wallpaper ini butuh tenaga dari baterai.

Jika ingin mengganti wallpaper agar tidak bosan boleh saja. Namun pilih saja wallpaper yang tidak live. Ada banyak sekali, tinggal download saja di MIUI atau browser langsung.

  • Aktifkan Power Saving Mode

Saving mode merupakan mode penghemat baterai. Mode ini akan menonaktifkan semua aplikasi yang aktif dibelakang layar. Untuk menemukan pengaturan ini masuk saja di pengaturan baterai. Mode ini biasanya aktif ketika baterai di bawah 20%. Untuk yang menggunakan MIUI ala Xiaomi atau Redmi ada pilihan tambahan yakni Saving Mode Ultra, artinya mode ini merupakan mode yang benar-benar menghemat baterai sehingga aplikasi yang tidak diaktifkan tidak bisa aktif otomatis.

Baca juga :  Cara Cepat Merubah Huruf Besar Menjadi Kecil di Word
  • Atur Kecerahan Layar Sesuai Kebutuhan

Apakah kamu kurang puas dengan kecerahan layar redup ? Dengan kecerahan layar yang berlebihan akan membuat baterai cepat habis. Dan kecerahan yang berlebihan juga dapat membuat layar panas berlebih.

Gunakan kecerahan layar secukupnya saja, tidak perlu berlebihan. Tetapi apabila memang butuh boleh saja menggunakan kecerahan layar secara maksimal.

 

 

Itu beberapa tips cara menghemat baterai HP dengan cara tanpa aplikasi penghemat baterai apapun. Silakan dicoba dan dibuktikan agar baterai HP bertahan lama.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.