Cara Menghapus Virus Malware di Android

Cara Menghapus Virus Malware di Android – Cara Menghapus Virus Malware di Android. Virus yang menargetkan Android semakin meningkat. Ada ribuan malware di luar sana, dan meskipun Anda mungkin mengharapkannya memperlambat ponsel Anda atau membuatnya berhenti bekerja, malware terbaru jauh lebih rumit.

Beberapa, seperti EventBot, menyembunyikan diri mereka sendiri, sehingga Anda bahkan tidak tahu mereka ada di sana. Tetapi di latar belakang, mereka akan mencuri data Anda, memposting komentar palsu atas nama Anda, dan mungkin mengosongkan rekening bank Anda.

Baca juga :  Hal Yang Harus dilakukan setelah membeli HP Android

https://play.google.com/

Cara Menghapus Virus Malware di Android

Mungkin ada beberapa malware yang lebih halus di ponsel Anda, seperti browser web yang mengalihkan ke situs pornografi atau menghasilkan pop-up layar penuh yang cerdik.

Tetapi bagaimana jika sesuatu yang tidak Anda ketahui terjadi di latar belakang?

Sejujurnya, jika Anda bersikeras menggunakan Google Play Store atau toko aplikasi terkemuka lainnya, virus Android sangat jarang. Di luar ini, tersesat di jaringan liar dan menginstal file APK dari situs web yang tidak dikenal.

Lalu Anda menghidupkan perangkat Anda untuk menghadapi beberapa ancaman serius. Bahkan Play Store tidak selalu menjadi tempat yang aman: teknologi Google Bouncer tidak menjamin bahwa setiap aplikasi yang Anda instal bebas dari malware.

Baca juga :  Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Metode 1: Bersihkan cache

Jika Anda melihat jendela pop-up atau pengalihan, cara terbaik adalah mengosongkan cache browser Anda, baik di menu pengaturan browser Anda atau buka Aplikasi dan Pemberitahuan> Chrome> Penyimpanan> Hapus Cache.

Ini jauh lebih drastis daripada melakukan reset sistem. Ini adalah cara lain yang dapat diandalkan untuk menyingkirkan virus Android. Anda mungkin perlu membuka Pengaturan> Sistem> Opsi Reset> Hapus Semua Data.

Metode 2: Masuk ke Safe Mode

Aplikasi antivirus Android seperti Bitdefender Mobile Security adalah ide bagus karena dapat mencegah aplikasi dengan malware memasuki ponsel Anda. Ada opsi lain, kami telah mengumpulkan beberapa favorit kami. Jika ponsel Anda telah terinfeksi, mereka juga dapat mendeteksi dan menghapus virus jika Anda menginstal aplikasi tersebut.

Namun, jika Anda tahu kapan semua masalah dimulai, Anda dapat menghapus aplikasi berbahaya secara manual. Anda hampir pasti harus masuk ke mode aman terlebih dahulu, karena ini akan mencegah aplikasi pihak ketiga berjalan. Cobalah untuk menghapus aplikasi yang terinfeksi dalam mode normal, Anda mungkin ditolak izinnya.

Baca juga :  Langkah Terbaik Menjaga Keamanan HP Android, Lakukan Sekarang !

Cara Hindari virus dan malware Android

• Jangan memasang aplikasi dari luar Google Play.

Jika Anda menginstal aplikasi di luar Google Play, seperti dari toko aplikasi lain atau file APK yang disertakan sebagai email atau lampiran pesan lainnya, pastikan aplikasi tersebut jujur ​​dan berasal dari sumber yang sah.

• Hindari aplikasi kloning

Dalam 99% kasus, Anda dapat mengunduh aplikasi dengan aman dari Google Play, tetapi kode berbahaya ditemukan di aplikasi di sana. Hindari mengunduh aplikasi yang terlihat seperti klon dari pengembang yang tidak dikenal, atau aplikasi yang tidak melakukan apa yang mereka katakan

• Periksa izin aplikasi

Di ​​mana pun Anda memasang aplikasi, harap periksa izin yang diperlukan sebelum menekan instal. Jangan pernah izinkan hak administrator perangkat aplikasi, ini akan mencegahnya dihapus

• Tetap perbarui Android

Versi terbaru sistem operasi Android mungkin tidak cocok untuk ponsel atau tablet Anda, tetapi Anda harus memeriksa apakah versi terbaru tersedia. Lain kali Anda meningkatkan, pertimbangkan merek yang dikenal memperbarui sistem operasinya tepat waktu. C Bagaimanapun, panduan kami tentang cara memperbarui Android untuk saran lebih lanjut

• Instal aplikasi anti-virus

Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak anti-virus di Android, tetapi jika Anda khawatir tentang virus, itu dapat memberi Anda ketenangan pikiran, dan aplikasi biasanya memiliki fitur berguna lainnya.

Baca juga :  Cara Merekam Panggilan Telepon di iPhone Tanpa Aplikasi

Kesimpulan

Harap dicatat bahwa, seperti yang kita semua tahu, perangkat lunak antivirus Android terkadang melaporkan kesalahan positif, tetapi jika Anda tahu bahwa suatu aplikasi berfungsi, Anda tahu itu baik-baik saja.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *