Home » Tips Android » Cara Menggunakan Private Mode di Browser Android

Cara Menggunakan Private Mode di Browser Android

Cara Menggunakan Private Mode di Browser Android – Pada artikel yang lalu kita sudah belajar apa itu private mode di browser. Sekilas private mode merupakan fitur aman ketika browser. Semua cache, cookies, history dan lainnya tidak akan disimpan. Berbeda dengan mode normal, ketika berselancar dalam mode normal maka cache dan history akan tersimpan.

Cache dan history terkadang mengandung hal sensitif yang mana harus dirahasiakan dari orang lain. Private mode tidak hanya disediakan untuk browser dekstop tetapi juga dihadirkan di browser smartphone Android. Di bawah ada beberapa cara menggunakan private mode di browser agar ketika sobat menggunakan HP Android teman maka history dan cache tidak akan tersimpan

Baca juga : Tips Merawat SD Card (Kartu Memory) Agar Awet Tidak Gampang Rusak

Cara Menggunakan Private Mode di Browser Android

Cara Menggunakan Private Mode di Browser Android

Chrome

Browser yang satu ini tidak hanya ada di PC namun juga hadir di Android. Google Chrome di Android pun tidak kalah canggih dengan yang di dekstop.

Soal fitur, Google Chrome Android pun disediakan mode private. Untuk menggunakan private mode di Chrome Android caranya cukup mudah. Pilih menu titik 3 di bagian atas sebelah kanan kemudian pilih menu Tab Penyamaran Baru

Opera Mini

Sempat menjadi browser andalan saya namun sekarang jarang menggunakan Browser Opera Mini ini. Alasan jarang menggunakan browser ini adalah kualitas kecepatannya kurang bagus. Entah kenapa. Namun soal fitur keamanan pengguna Opera Mini pun menghadirkannya yakni fitur Mode Private atau pribadi.

Untuk mengaktifkan mode Pribadi atau private ini adalah sebagai berikut :  Tekan Tombol Tab Window Di Sebelah Logo Opera Mini – Pada bagian atas akan muncul pilihan Mode Normal dan Pribadi. Silakan pilih menu Pribadi.

UC Browser

Browser UC ini kebanyakan disukai mereka yang hobi download. Ada yang mengatakan bahwa download di UC Browser lebih cepat. Entahlah. Saya bukan pecinta UC Browser 😀

Apabila sobat menggunakan UC Browser dan ingin menggunakan private mode maka caranya hampir sama dengan Opera Mini. Yakni cukup tekan Tab dan pilih menu “Mask” atau “Topeng”. Dengan begitu sobat akan berada di dalam mode private mode.

Firefox

Bagi yang belum tahu bahwa Firefox tidak hanya hadir di windows saja. Namun juga ada di android. Firefox merupakan browser yang banyak digunakan di dekstop.

Di android Firefox pun menghadirkan mode private. Untuk mengaktifkan private mode ini caranya mudah. Pilih menu Option maka akan muncul menu baru. Kemudian pilih Icon Mask atau Topeng. Mode private browsing sudah bisa digunakan di firefox.

Baca juga : Perbedaan Opera Mini, Opera dan Opera Max

Dengan adanya private mode ini sobat tidak perlu khawatir ketika login akun sosial media di HP Android teman. Karena segala aktifitas tidak akan terekam alias jejak browsing tidak akan tersimpan. Sekian dulu artikel tentang cara menggunakan private mode di browser android ini. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *