Cara Menggunakan Google Spreadsheet atau Google Sheet

Cara Menggunakan Google Spreadsheet – Aplikasi Google Spreadsheet atau juga google sheet merupakan sebuah aplikasi yang disediakan gratis oleh Google yang mana fungsinya sama atau mirip dengan Microsoft Excel.

Aplikasi perkantoran saat ini banyak pilihannya. Perusahaan-perusahaan teknologi sudah banyak membuat berbagai program atau aplikasi perkantoran yang menarik untuk digunakan.

Aplikasi perkantoran yang dimaksudkan disini adalah program office seperti software pengolah kata, pengolah data, atau juga software presentasi. Aplikasi seperti ini biasanya digunakan di kantor atau juga sekolah, kampus atau yang lainnya.

Baca juga :  Cara Mudah Membagi Wifi Laptop

Microsoft Office merupakan salah satu software yang familiar di telinga kita. Memang Microsoft Office ini banyak digunakan oleh masyarakat, hal ini karena dalam pendidikan, baik sekolah atau kampus yang diajarkan software ini.

Padahal software lainnya yang sejenis pun ada. Misalnya Google Sheets yang dikeluarkan oleh Google.

Cara Menggunakan Google Spreadsheet

cara menggunakan google spreadsheet

Google Sheet adalah

Google Sheet merupakan saudara atau keluarga dari Google Docs yang mana merupakan software yang dapat digunakan sebagai pengolah lembar kerja (spreadsheet) yang dapat digunakan secara gratis.

Jika dikeluarga Microsoft Office kita mengenal Microsoft Excel maka di Google kita akan dikenalkan dengan Google Spreadsheet ini. Pesaing Google mungkin akan ketar-ketir dengan hadirnya aplikasi berbasis online ini. Karena aplikasi office yang satu ini sifatnya gratis dan siapapun dapat menggunakannya.

Apabila menggunakan komputer atau laptop untuk menggunakan Google Docs maka harus menggunakan Web Browser. Apabila menggunakan Android cukup download aplikasinya saja di playstore.

Baca juga :  Plugin Al Quran In Word - Microsoft Office

Cara Membuat Google Sheet atau Spreadsheet

Untuk dapat membuat google sheet atau spreadsheet ini caranya mudah. Tidak perlu instal apapun apabila menggunakan dekstop. Cukup gunakan browser andalan kalian. Apabila menggunakan browser dekstop maka caranya seperti ini

  1. Kunjungi https://docs.google.com/spreadsheets/u/0/ menggunakan browser
  2. Selanjutnya klik tombol PLUS di pojok kanan
  3. Dan akan muncul tampilan spreadsheets
  4. Silakan masukkan data yang diperlukan

Gunakan layaknya menggunakan Microsoft Excel. Untuk rumus dasar dan sebagainya sama saja, ada penjumlahan, pengurangan dan sebagainya. Apabila sudah paham atau mahir dalam menggunakan microsoft excel maka tidak akan terlalu kesulitan menggunakan Google Sheet ini. Menu yang tersedia semua pada dasarnya sama.

Dan juga Google Spreadsheets ini sudah mendukung bahasa Indonesia. Jadi lebih mudah menggunakannya. Bahasa yang digunakan lebih mudah di mengerti daripada software lain.

Rumus Google Spreadsheet

Ketika menggunakan Google Spreadsheet tidak perlu bingung memikirkan rumusnya. Karena Google Sheet ini rumusnya seperti Microsoft Excel, jadi tenang saja. Apabila sudah mengerti dasar rumus Excel maka akan mudah menggunakan Google Spreadsheet ini.

Baca juga :  Aplikasi AlQuran Terbaik Offline di Android

Kelebihan Google Spreadsheet

1. Gratis. Asalkan memiliki akun Google kalian bebas menggunakan aplikasi ini.
2. Mudah digunakan, karena tampilan yang sederhan dan menggunakan bahasa Indonesia.
3. Terdapat tutorial yang mudah dipahami
4. Tak perlu khawatir penyimpanan karena autosaved di akun. Apabila kita lupa menyimpan maka tidak usah bingung, sistem akan otomatis menyimpan hasil apa yang kita kerjakan.
5. Dapat di akses dimanapun. Digunakan di browser dekstop oke, Smartphone atau HP juga Ok.
6. Support All Operating System. Karena dijalankan di browser maka kita bisa menggunakan diberbagai sistem operasi.
7. Tidak perlu instal apapun apabila digunakan di dekstop, asalkan ada browser.
8. Berbagai langsung kepada user lain. Kita dapat membagikan secara langsung dokumen kita dengan caranya mudah, asalkan ada gmail teman kita maka dapat langsung kita bagikan.

Kekurangan Google Sheet

Untuk kekuranganya saat ini apabila digunakan versi dekstop maka harus ada koneksi internet. Untuk pengguna aplikasi Android maka tidak perlu bingung. Aplikasi Google Sheet ini dapat dijalakan secara offline. Dan nantinya apabila sudah terhubung ke internet maka otomatis akan tersimpan di drive, sehingga lebih nyaman dan aman.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.