Cara Menggunakan Google Docs

Cara Menggunakan Google Docs – Google Docs merupakan aplikasi pengolah kata atau juga dapat disebut dengan apliasi pengolah dokumen dari Google yang berbasis online yang dapat di akses menggunakan browser.

Software pengolah data seperti Microsoft Word, Libre Office merupakan software yang hanya dapat digunakan ketika kita menginstal aplikasinya. Dan tentunya aplikasi-aplikasi ini tidak gratis. Walaupun ada yang gratis, tapi tetap saja ada yang premium alias berbayar.

Dan apabila kalian membutuhkan software pengolah kata yang gratis 100% maka kalian dapat menggunakan Google Docs.

Baca juga :  EaseUS Data Recovery Wizard

Apa itu Google Docs

Google Docs merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai software pengolah kata atau juga aplikasi pengolah dokmen yang berbasiskan online. Sehingga dapat digunakan dimanapun dan kapanpun hanya menggunakan browser saja.

Ya benar. Hanya menggunakan browser saja, tanpa harus instal aplikasi apapun asalkan terhubung dengan internet kalian bisa menggunakan Google dokumen.

Cara Menggunakan Google Docs

Jika ada yang berfikir akan kesulitan menggunakan aplikasi baru maka hal itu tidak berlaku di Google Docs. Google Docs merupakan aplikasi online yang tampilannya sangat familiar sehingga mudah digunakan oleh siapapun.

Untuk dapat menggunakan Google docs ini caranya cukup mudah yakni cukup dengan menggunakan browser saja.

  1. Buka browser kesayangan kalian
  2. Setelah itu buka link https://docs.google.com
  3. Jika belum login silakan login dengan akun google yang dimiliki
  4. Kemudian akan muncul tampilan Google Docs atau Dokumen yang siap digunakan
  5. Untuk menu dan cara menggunakan mirip dengan software pengolah dokumen atau data yang sifatnya offline
  6. Di bagian atas ada berbagai menu FILE dan ada sub menu Bahasa – Silakan pilih bahasa Indonesia saja agar menu yang digunakan dapat dipahami.
  7. Bagi yang sedikit paham tentang microsoft word dan sejenisnya maka ketika menggunakan Google dokumen ini akan mudah menggunakannya.
  8. Dari berbagai menu yang ada pada dasarnya sama, kita menyisipkan kolom, tabel, grafik, garis, catatan kaki dan sebagainya.
Baca juga :  Penyebab Laptop Lag Saat Main Game dan Cara Mengatasinya

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Mungkin dari kalian pernah melihat bagaimana cara menulis tanpa menyentuh keyboard. Atau sedang bermalasan-malasan padahal ingin mengerjakan tugas ?

Tenang saja. Ada Google dokumen yang siap membantu untuk mengetik tanpa harus memegang keyboard alias dengan suara atau voice saja.

Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs ini ada syaratnya.

  1. Harus menggunakan browser Google Chrome
  2. PC atau Laptop harus ada Microphone yang digunakan sebagai media penyalur suara atau perintah.

Mengaktifkan Voice Typing ini caranya mudah. Dan kami anggap kalian sudah memenuhi persyaratan di atas.

  1. Buka browser Chrome dan Colokan microphone ke laptop atau PC kalian
  2. Buka https://docs.google.com
  3. Dan klik menu ALAT dan Sub Menu Dikte (menu ini muncul apabila microphone sudah terpasang) atau menggunakan shortcut tombol ctrl+shift+s
  4. Maka muncul logo microphone dilayar.
  5. Ada menu di logo ini yakni menu bahasa. Silakan pilih bahasa yang ingin kalian gunakan. Support berbagai bahasa yang ada di dunia.
  6. Jika sudah maka klik logo microphone untuk mulai berbicara dan akan ditampilkan dilayar hasil dari ucapan yang dibuat.

Cara Menggunakan Google Docs

Begitulah cara menggunakan Google Docs ini. Semoga dengan adanya Google Docs ini membuat aktivitas yang membutuhkan software pengolah dokumen menjadi lebih mudah.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.