Cara Menggunakan Google Docs Offline

Cara Menggunakan Google Docs Offline – Google Docs dapat digunakan secara offline. Google Docs Offline ini dapat digunakan di dekstop ataupun smartphone. Penggunaan Google Docs secara offline cocok digunakan ketika berada di lokasi yang tidak ada koneksi internet.

Google Docs merupakan salah produk Google yang laris dipasaran. Hal ini karena penggunaan google docs sifatnya gratis. Asalkan memiliki akun Google maka dia dapat menggunakan Google Docs.

Dengan user interface yang sederhana membuat orang berlama-lama menggunakan Google Docs ini. Menu dan tampilan juga mudah dipahami. Sehingga orang awampun dapat menggunakannya.

Pada kesempatan yang lalu kami sudah menjelaskan dasar-dasar penggunakan Google Docs ini. Mungkin yang belum membacanya dapat membaca Cara Menggunakan Google Docs Disana sudah kami jelaskan tentang Google Docs ini.

Apabila sudah membaca artikel kami tersebut maka dapat dikatakan software Google Docs ini basisnya online. Walaupun begitu Google Docs ini dapat digunakan secara offline.

Untuk dapat menggunakan Google Docs secara Offline maka ada beberapa cara. Di kesempatan kali ini kami akan berbagi trik bagaimana menggunakan Google Docs secara offline.

Cara Menggunakan Google Docs Offline

Cara Menggunakan Google Docs Offline

1. Menggunakan Chrome Browser

Chrome Browser memungkinkan kita untuk membuka dan mengedit Google Docs secara offline. Caranya mudah :
1. Buka Google Docs di Chrome
2. Klik menu File – Sediakan saat Offline dan muncul peringatan kemudian klik OK
3. Dengan ini file yang kamu gunakan dapat di akses secara offline tetapi hanya ada di browser Chrome ini. Tidak di browser lain ataupun komputer lain. File akan di simpan di penyimpanan lokal kemudian akan di simpan online ketika terhubung kembali ke internet.

2. Google Docs Offline Menggunakan Chrome OS

Apakah sudah pernah mendengar tentang Chrome OS ? Chrome OS merupakan sebuah sistem operasi besutan Google yang sifatnya open source. Dan merupakan turunan dari Gentoo Linux.

Dengan menggunakan Chrome OS ini kita bisa menggunakan Google Docs Offline dengan mudah. Karena apabila menginstal Chrome OS maka akan terinstal berbagai aplikasi dari Google itu sendiri.

Walaupun sifatnya Open Source namun hanya perangkat tertentu yang dapat menjalankan Chrome OS ini. Perangkat yang dapat menjalankan Chrome OS ini biasanya disebut Chromebook. Harga dipasaran Chromebook ini relatif murah. Seharga ponsel Android, sekitar 2 jutaan.

Di Chromebook ini kamu dapat leluasa menggunakan Google Docs baik secara online ataupun offline. Fitur secara offline dan Online tetap sama, namun untuk berbagi file maka harus menunggu terhubung ke internet terlebih dahulu.

3. Google Docs Offline Menggunakan Perangkat Android

Android juga produk Google dan mendukung untuk menggunakan Google Docs secara offline. Untuk menggunakannya cukup download dan instal saja Google Docs dari playstore. Dan siap untuk digunakan.

Agar dapat digunakan secara maksimal maka gunakan perangkat yang memiliki layar yang lebar, misalnya tablet. Dan juga dapat menambahkan perangkat tambahan misalnya keyboard eksternal agar mengetik semakin cepat.

4. Google Docs Offline Menggunakan Windows 11

Microsoft sudah meluncurkan Windows 11 mereka. Artinya ini dapat kita manfaatkan untuk menjalankan Google Docs. Salah satu yang menarik dari Windows 11 ini adalah sistem operasi ini dapat menjalankan aplikasi android. Artinya kamu dapat menginstal Google Docs dan menjalannya.

Itulah beberapa trik dan tips bagaimana cara menjalankan Google Docs secara offline. Jika ada trik lainnya bisa isikan kolom komentar. Atau mungkin jika ke depan ada software yang offline berupa installer dapat digunakan secara offline.

Cara Menggunakan Google Docs Offline
Next Post

No more post

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.