Home » Software » Cara Menggunakan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Cara Menggunakan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Cara Menggunakan Aplikasi Android Tanpa Emulator – Mungkin di blog lain banyak tutorial bagaimana cara menjalankan aplikasi android di windows dengan menggunakan emulator. Bisa saja kita menggunakan emulator untuk menjalankan aplikasi android. Tapi terkadang ada kendala ketika menjalankan emulator.

Bagi yang punya PC (personal computer) atau Laptop dengan spesifikasi pas-pasan yakin mau menggunakan emulator ? 😀 Saya sendiri terkadang kalau menggunakan emulator kurang nyaman karena terasa berat di laptop dan juga agak ribet.

Baca juga : Tips Merawat CPU Yang Baik dan Benar

Atau bahkan yang lebih para laptop atau PC yang sobat tidak bisa menggunakan emulator. Memang banyak jenis emulator, misalnya saja bluestack atau genymotion. Tapi keduanya lumayan berat kalau digunakan di laptop. Ataukah sobat punya emulator android andalan selain bluestack dan genymotion ?

Berbicara masalah emulator Google sebagai perusahaan teknolgoi terbesar di dunia tidak tinggal diam. Google telah meliris ARC WELDER. Apa itu Arc Welder ? Arc Welder merupakan runtime pengembangan yang pada mulanya digunakan untuk Chrome Operating System.

Tetapi sekarang Arc Welder ini sekarang bisa dinikmati diberbagai sistem opeasi. Arc Welder sekarang merupakan Extension App yang ada di Browser Google Chrome. Yaps, benar sekali, artinya bagi siapa saja yang menggunakan Browser Chrome bisa menikmatinya.

Cara Menggunakan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Daripada penasaran ayo kita pasang Extension App ini. Syaratnya cukup simpel saja, gunakan browser Chrome versi terbaru dan juga ketika menginstal extensi ini harus terhubung dengan internet. Saya anggap Sobat Santri Drajat sudah menginstal versi Browser Chrome terbaru dan juga sedang terhubung ke internet.

1. Buka Browser Chrome dan Instal Appnya di LINK INI

2. Disana akan muncul Chrome Web Store, silakan klik Add To Chrome

Cara Menggunakan Aplikasi Android Tanpa Emulator

3. Tunggu saja, bisa sambil minum kopi 😀 biarkan proses instal sampai selesai. Waktu proses kemungkinan sedikit lama, tergantung koneksi sobat. Karena dengan memasang ini sobat akan mendownload file kurang lebih 120Mb. Jadi siapkan kuota yang lumayan ya.

4. Tampilan akan muncul seperti di bawah ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Android Tanpa Emulator

5. Sobat bisa langsung klik Lauch App di sebelah pojok atas kanan

6. Sebelum menjalankan aplikasi, Arc Welder ini akan meminta pengaturan dimanakah tempat instalasi aplikasi androidnya. Silakan sesuaikan dengan laptop atau PC sobat.

7. Untuk instal aplikasi android silakan pilih menu Add Your APK

8. Cari dan pilih APK sobat

9. Klik Test  untuk menjalankan aplikasinya

Cara Menggunakan Aplikasi Android Tanpa Emulator

9. Selesai, silakan nikmati aplikasi android di berbagai sistem operasi. Apabila telah menutup browser chrome dan tidak menemukan shortcut atau tombol untuk masuk ke Arc Welder klik saja chrome://apps/ di browser chrome sobat.

Dengan cara di atas kita tidak perlu lagi menginstal emulator yang memberatkan komputer atau laptop. Bagi yang penasaran silakan saja tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Android Tanpa Emulator.

Baca juga : Cara Ampuh Menambah Follower Instagram Agar Semakin Banyak

Arc Welder ini sifatnya hanya mencoba aplikasi. Artinya tidak bisa menginstal 2 aplikasi sekaligus. Misalnya saja ketika kita menginstal Facebook Android dan juga menginstal Instagram maka hal itu tidak bisa dilakukan. Saya telah mencobanya dan yang terjadi adalah demikian. Entah ke depan kalau bisa menginstal aplikasi lebih dari satu.

Semoga artikel Cara Menggunakan Aplikasi Android Tanpa Emulator ini bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Bagikan Artikel Kami

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *