Home » Blog » Cara Mengetes SEO dan Kecepatan Situs

Cara Mengetes SEO dan Kecepatan Situs

Cara Mengetes SEO dan Kecepatan Situs – Suatu situs website atau blog yang cepat loadingnya cepat akan lebih disukai daripada situs atau blog yang loadingnya lambat atau lemot. Saya sendiri pun ketika mengunjungi suatu situs jika lambat maka tidak akan betah lama-lama di blog tersebut.

Dalam dunia blogging kita mengenal istilah SEO. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang atau Optimasi Mesin Pencari. Mesin pencari merupakan situs dimana kita bisa mencari informasi dari situs lain menggunakan kata kunci tertentu. Mesin pencari yang saat ini banyak digunakan adalah Google Search Engine.

Mesin pencari Google memiliki standart penilaian. Ada kriterian tertentu mengapa suatu blog atau situs muncul di halaman pertama Google. Banyak kriteria mengapa situs bisa muncul di halaman pertama. Setiap tahun biasanya google merubah algoritmanya. Namun secara umum blog atau situs dimunculkan di halaman pertama adalah banyak disukai pengunjunganya.

Baca juga : Hambatan Yang Dialami Seorang Blogger

Agat kita tidak pusing memikirkan mengapa situs website atau blog kita disukai pengunjung atau tidak gunakan saja website yang bisa mengetes hal-hal tertentu. Apa saja situs yang bisa digunakan untuk mengetes SEO ? Simak di bawah ini.

Cara Mengetes SEO dan Kecepatan Situs

Cara Mengetes SEO dan Kecepatan Situs

GTMetrix | https://gtmetrix.com

GTMetrix merupakan salah satu situs favorit saya. Di situs ini kita bisa mengetes kecepatan situs blog kita dengan cara mudah dan cepat. Kita tinggal memasukkan URL blog website kita disana dan beberapa detik kemudian akan muncul disana.

Pengujian atau test kecepatan situs akan memunculkan 2 hasil yakni Pagespeed Score dan YSlow Score
Di GTMetrix ini kita juga akan ditunjukkan hasil secara detail. Salah satu yang detail adalah apabila terdapat script yang membuat berat suatu situs. Dengan cara ini kita bisa memperbaiki blog atau situs kita.

Baca juga : Biaya Untuk Membuat Website atau Blog

CEKSEO.COM | https://www.cekseo.com/

Baru mengenal situs beberapa waktu yang lalu. Tidak sengaja browsing dan menemukan situs yang mampu mengetes secara keselurahan.

Situs ini ternyata milik orang Indonesia. Saya kira ini merupakan situs milik orang luar negeri ternyata orang Indonesia. Mengapa saya kira orang luar ? Karena hasil dari test di situs ini sangat lengkap dan detail. Ternyata orang Indonesia mampu membuat situs website yang keren seperti ini.

Di CekSeo.Com ini kita akan bisa mengetahui pengunjungan harian, page authority (PA), domain authority(DA), bounce rate dan lainnya. By The Way, sobat sudah paham kan tentang page authority (PA), domain authority(DA), bounce rate ? 😀 Jika belum kita akan bahas di lain kesempatan.

Antara GTMetrix dan CEKSEO bagusan mana ? Keduanya sama-sama bagus menurut saya. Karena tidak ada gading yang tak retak, tentunya hal ini juga berlaku di suatu situs.

Baca juga : Desain Blog Yang Disukai Pengunjung

Bagi yang penasaran dengan kedua situs tersebut silakan dicoba. Sekian dulu artikel tentang Cara Mengetes SEO dan Kecepatan Situs. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *